Trending News

Blog Post

Album of the Day: 911 – Illuminate… (The Hits and More)
Album of The Day

Album of the Day: 911 – Illuminate… (The Hits and More) 

Di tahun 2000, 911 sepenuhnya tutup buku. Mereka merilis album “The Greatest Hits and A Little Bit More” sebagai penanda berakhirnya kebersamaan trio ini yang nyaris satu dekade lamanya. Dan ketika anniversary itu menginjak angka 20, tawaran dari produser ITV di UK untuk reuni bersama pop act besar lainnya seperti Atomic Kitten dan Honeyz, Lee, Spike, dan Jimmy menjalani kesempatan kedua mereka untuk menjadi bintang. Susah payah kembali bergabung dan mendapat atensi, ketiganya pun sepakat untuk tidak menyia-nyiakannya. Tahun ini, sebuah album kompilasi dengan format separuh hits mereka di masa lalu dan separuh lagi lagu baru dirilis. “Illuminate… (The Hits And More)” merupakan koleksi digital yang mulai beredar awal September lalu.

Sedih memang karena album ini baru hadir dalam format digital, belum ada fisik yang dicetak. Namun masih tetap bisa kita dengarkan. Soalnya, ini adalah rekaman yang istimewa. Tujuh lagu yang berasal dari era keemasan mereka dulu adalah rekaman ulang untuk album ini. Sejak awal tahun mereka melakukan rekaman lagi ketujuh lagu terpilih, berikut tujuh materi baru sehingga lengkaplah “Illuminate…” ini. ‘Bodyshakin” terdengar seperti versi originalnya dulu. Vokal Lee masih bubbly dan bersemangat. Sulit untuk menemukan perbedaannya, membuat kecurigaan timbul apakah benar adanya rekaman ulang tersebut terjadi. Yang begitu terasa beda adalah ‘More Than A Woman’, lagu ini hadir dengan vokal yang lebih matang, tidak seperti di tahun 1998 saat mereka merekam lagu ini pertama kali. Aransemennya pun sedikit banyak diubah sehingga lebih terdengar lain. Tapi sebenarnya juga, bukanlah perbedaan yang menjadi incaran utama saat mendengarkan lagu-lagu lawas mereka, melainkan kenangan yang bisa tampil bersamanya. Track ballad seperti ‘The Journey’, ‘The Day We Find Love’, dan ‘A Little Bit More’ bisa membawa banyak cerita. Gaya barunya adalah sentuhan yang menyenangkan, namun bukan yang utama.

Jadi jika ingin mendengarkan yang beda, ‘2 Hearts 1 Love’ yang dijadikan single andalan dari album ini adalah sasaran yang tepat. Modern tercetak di sekelilingnya. Lagu ini memiliki dinamika yang menarik. Perbedaan tempo antara verse dan chorus menjadikannya unik, kematangan vokal membuatnya asli berasal dari saat ini. Toh meskipun dulu mereka juga banyak menghasilkan lagu-lagu dancepop yang dibawakan dengan koreo tersendiri, gaya dance dalam lagu-lagu baru ini merupakan level lain dari sebelumnya. ‘Diamonds’ adalah track eurodancepop yang begitu menghentak dan gemerlap, begitu pula ‘Light Me Up’, beat yang lebih sederhana namun pasti membimbing pendengar untuk bergerak. Sementara ‘Alive’ adalah club ready yang usah disangsikan lagi pengaruhnya. You can’t defeat the beat, you will be driven by it.

Tiga lainnya adalah balada dengan corak yang berbeda. ‘I Do’ dibentuk dari iring-iringan piano dan drum yang slow membangun tempo dari rendah ke pertengahan. Lirik romantisnya membuat 911 menambahi koleksi lagu cinta mereka. ‘In Another Life’ besar bergantung pada permainan gitar, sementara beat-nya condong pada gaya urban. Dan ‘Illuminate’ dramatis dari setiap hentakan drum yang terdengar. Dub yang sesekali terasa menghidupkan suasana magis dalam lagu. Saya berharap album ini dirilis dalam format CD fisik saat mereka melakukan tur di tahun 2014 mendatang. Karena mengoleksinya dalam bentuk digital belumlah cukup.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

TRACKLIST
1. “Bodyshakin'” 3:33
2. “Don’t Make Me Wait” 4:08
3. “The Journey” 4:30
4. “More Than a Woman” 3:21
5. “The Day We Find Love” 3:15
6. “Love Sensation” 3:45
7. “A Little Bit More” 911 2:42
8. “2 Hearts 1 Love” 3:33
9. “Diamonds” 4:01
10. “I Do” 3:27
11. “In Another Life” 2:37
12. “Light Me Up” 3:49
13. “Alive” 3:42
14. “Illuminate” 3:54

Related posts

Leave a Reply