Trending News

Blog Post

Album of the Day: Jack Johnson – From Here to Now to You
Album of The Day

Album of the Day: Jack Johnson – From Here to Now to You 

Released by: Universal Music Indonesia

Semenjak debutnya melalui album Brushfire Fairytales di tahun 2001 kemarin hingga album terbarunya, album keenam, From Here to Now to You, Jack Johnson tampaknya masih setia dengan musik yang dipilihnya, pop-folk dengan sentuhan pop di mana gitar, ukulele, perkusi dan alunan musik yang breezy lagi-lagi menjadi andalan Jack untuk memikat kita.

Akan tetapi memang sudah menjadi trademark Jack Johnson, yaitu lagu-lagu akustik lembut yang easy listening, sehingga rasanya akan agak naif jika mengharapkan From Here to Now to You akan menjadi sebuah album ektravaganza misalnya. Lantas apa yang kini ditawarkan oleh Johnson?

Satu yang pasti, From Here to Now to You banyak menghadirkan lagu sentimentil yang terdengar sedikit mellow dari biasanya. Ini mungkin belum teridentifikasi dengan track pertama yang sekaligus bertugas sebagai single pertama, I Got You. Meski bertempo tidak terlalu cepat, setidaknya ia tidak bergerak secara mendayu karena mengandalkan pop-folk berbalut Hawaiian folk yang biasa kita kenal dari dirinya. Yang pasti, lagu ini akan menghanyutkan perasaan.

Akan tetapi, lagu-lagu yang dihadirkan Johnson dalam From Here to Now to You hadir dengan lebih menghanyutkan ketimbang I Got You. Maka dengarkanlah lagu-lagu seperti Never Fade yang mengandalkan gitar sebagai instrumen utama. Denting dawainya yang lembut terasa efektif dalam mengantarkan vokal Johnson yang lirih.

Sementara itu, Don’t Believe a Thing I Say mengambil pola yang serupa, hanya saja ia tidak mengadopsi sentimentalia dalam lagunya, meski tidak bisa dibilang ceria juga. Begitu juga dengan track berikutnya, As I Was Saying yang mengambil konsep serupa. Dalam You Remind Me of You Johnson bernyanyi hanya dengan ditemani gitar akustik, meski sebenarnya lagu ini bisa saja dihadirkan dalam konsep band penuh karena memiliki beat yang cukup cepat.

Pilihan Johnson untuk menghadirknya secara “telanjang” tentu dapat menjadi penekanan akan pilihan dirinya untuk menghadirkan album yang kental dengan lagu-lagu yang cenderung ultra-minimalis. Akan tetapi, jangan kuatir, karena From Here to Now to You masih memiliki beberapa track yang cukup meriah.

Radiate bisa menjadi contoh di mana Johnson menghadirkan sisi rock-nya, meski tentu saja dibalut dalam elemen folk yang breezy. Agak mengingatkan akan Jason Mraz memang akan tetapi Radiate lebih condong kepada pendekatan ala indie-pop.

Washing Dishes, Shot Reverse Shot, Tape Deck adalah pilihan-pilihan lain semangat rock-indie-pop yang diusung Johnson untuk dibalut dalam sound akustiknya. Yang menarik, Johnson juga tak terlupa untuk memberi variasi dengan menyuntikkan sedikit sentuhan country dalam track Change, meski secara umum masih terdengar sangat Jack Johnson sekali.

Memang, From Here to Now to You akan terdengar sedikit monoton bagi yang terbiasa mendengarkan musik yang mengandalkan dentuman melodi yang hingar-bingar. Akan tetapi, jangan lupa, ini memang pilihan Jack Johnson saat mempersembahkan musiknya. Bisalah kita bilang jika album ini cukup segmented.

Meski kental dengan ciri khasnya, namun From Here to Now to You masih sangat menyenangkan untuk disimak. Bagi penggemar Jack Johnson, atau musik akustik manis, rasa-rasanya lagu-lagu yang terdapat dalam album ini akan sangat memuaskan.

Official website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

TRACKLIST
1. “I Got You” 2:59
2. “Washing Dishes” 3:26
3. “Shot Reverse Shot” 3:10
4. “Never Fade” 4:02
5. “Tape Deck” 3:21
6. “Don’t Believe a Thing I Say” 3:14
7. “As I Was Saying” 3:45
8. “You Remind Me of You” 2:24
9. “Radiate” 4:15
10. “Ones and Zeros” 4:27
11. “Change” 3:14
12. “Home” 3:01

Related posts

Leave a Reply