Trending News

Blog Post

Album of the Day: Sean Kingston – Back 2 Life
Album of The Day

Album of the Day: Sean Kingston – Back 2 Life 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Butuh waktu yang lama dan perjalanan yang panjang bagi Sean Kingston untuk menelurkan album studio terbarunya ini. Dalam rentang waktu tersebut beberapa perjalanan termahsyur yang dihadapinya termasuk kecelakaan yang nyaris merenggut nyawa dan sejumlah pemunduran jadwal plus pergantian judul album. Hingga akhirnya September 2013 ditetapkan sebagai waktu yang paling tepat untuk meniupkan nyawa bagi “Back 2 Life” ini. Album studio dengan 12 track terbaik untuk menyalurkan pengalaman hidup paling berharga yang ia lewati dengan usia yang masih tergolong muda.

‘Back 2 Life (Live It Up)’ adalah rangkuman yang apik, baik sebagai perwakilan ide cerita album, maupun kehidupan nyata Sean. “Back to life, back to reality” menjadi slogan yang pas, mantra yang tokcer, dan hook yang mudah diingat bagi pendengar. Meskipun melibatkan T.I. di dalamnya, harus diakui bahwa kehadiran sang rapper tak lebih dari sekedar pemanis. Selain durasinya yang cukup singkat, rap dari T.I. ditempatkan di posisi sebagaimana mestinya (bagian bridge), sehingga memberi seluruh keistimewaan lagu untuk Sean.

Sean akan selalu diingat sebagai sosok yang bubbly dengan gaya vokal yang me-reggae, Jamaica-ish style. Tapi mendengarkan ia membawakan bagian verse di beberapa lagu membuat kita terpana akan kemampuan vokal bernyanyinya yang sekarang (juga warna vokalnya yang menyerempet ke smooth R&B). Dengarkan ‘Beat It’. Untuk beberapa saat, ia seperti kerasukan Chris Brown (yang adalah salah satu guest vocal di lagu tersebut) untuk memproduksi vokal dengan tone yang mirip. Begitu juga dalam ‘Bomba’. Lagu yang bersemangat ini meskipun begitu kental pengaruh reggae-nya dalam vokal, tetap memberi kesan beda untuk Sean. Sayang saja, lawan vokal Sean di lagu ini tidak diberi kredit, sehingga enggak ada kesempatan bagi vokalis cewek tersebut untuk dikenal.

J.R. Rotem yang banyak terlibat dalam album ini memang memberikan satu warna yang konsisten. Ini baik untuk konsep keseluruhan album, belum lagi sangat menyatu dengan corak yang Sean punya dan ingin ia tampilkan. The finest tune which J.R. delivered to Sean has got to be ‘Ordinary Girl’. Bukan perkara reggae dengan R&B yang nge-blend sempurna saja, tapi juga memasang sample ‘Ordinary World’ ke dalamnya adalah sebuah ide jenius yang memberi rasa komersil, catchy, dan excitement sekaligus. ‘How We Survive’ (menampilkan Busta Rhymes) merupakan lagu lain yang ditanggungjawabi J.R. dengan lirik yang tangguh.

Kontribusi yang hadir dari Nic Nac adalah perisa Hip-Hop dalam R&B yang kental. ‘Seasonal Love’ (menampilkan Wale) adalah yang paling matang sound-nya, dan lagi, vokal Sean membuat penampilan yang lebih berkilau ketimbang musiknya, which is a good thing. Final thing, RedOne memberikan beat yang gila dan dahsyat dalam ‘Smoke Signals’, menjadikan lagu tersebut stand out dalam paket selusin lagu album ini. Tiga track terakhir, ‘Ayo (16 Floor)’, ‘Save One For Me’, dan ‘Love Ecstasy’ memberi tiga nuansa yang berbeda dalam mengakhiri sebuah album. Tempo yang tidak terlalu cepat yang dianut ketiganya adalah pendinginan yang pas dan diperlukan setelah di awal-awal pendengar dibantai dengan beat dan tempo yang menggairahkan.

Catatan:
Sebelum album ini terbentuk sempurna, Sean banyak merilis single. Hal itu menunjukkan bahwa dirinya tak sekedar gemar membuat musik, tapi juga produktif. Beberapa track stand out namun gagal masuk ke dalam album ini adalah ‘Letting Go(Dutty Love)’ (menampilkan Nicki Minaj) dan ‘Rum & Raybans’ (menampilkan Cher Lloyd).

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

[ratings]

Beli CD Sean Kingston “Back 2 Life” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

TRACKLIST
1. Back 2 Life (Live It Up) (feat. T.I.) 3:23
2. Beat It (feat. Chris Brown & Wiz Khalifa) 4:14
3. Hold That (feat. Yo Gotti) 2:42
4. Bomba 3:39
5. Smoke Signals 3:12
6. Ordinary Girl 3:26
7. Seasonal Love (feat. Wale) 4:26
8. How We Survive (feat. Busta Rhymes) 3:28
9. Shotta Luv (feat. 2 Chainz) 2:56
10. Ayo (16th Floor) 3:39
11. Save One For Me 2:25
12. Love Ecstasy 3:49

Related posts

Leave a Reply