Trending News

Blog Post

Top 10 Music Videos: Jessie J
Top 10 Lists

Top 10 Music Videos: Jessie J 

Jessica Ellen Cornish atau yang lebih dikenal dengan Jessie J merupakan salah satu artis pop yang cukup menanjak namanya. Semenjak meluncurkan album debutnya di tahun 2011, diskografinya terdiri atas dua album studio, satu buah EP yang sekaligus merupakan album live, duabelas single, termasuk dua sebagai featuring artist serta dua single promosional.

Berbekal materi tersebut, Jessie J telah mengerjakan sebanyak duabelas musik video. Berdasarkan polling yang dilakukan kepada pembaca Creative Disc, berikut merupakan sepuluh video terbaik Jessie J:

10. Domino (Alb. Who You Are, 2011)

Ada dua buah video untuk Domino, yaitu versi live montage dan versi music video. Jika dalam versi live montage menampilkan adegan-aegan yang menampilkan penampilan Jessie saat melakukan konser, maka versi video yang dikerjakan oleh Ray Kay. Ray juga mengerjakan video Fight For This Love untuk Cheryl Cole sehingga secara tema dan konsep Domino memiliki kemiripan dengan video tersebut. Video hanya menampilkan Jessie J menyanyikan lagunya tanpa ada ekstra atau figuran dan gimmick lainnya.

09. Who’s Laughing Now (Alb. Who You Are, 2011)

Video Who’s Laughing Now masih dikerjakan oleh Mario Bava. Berseting di sebuah sekolah (dasar atau menengah?) yang memperlihatkan tentang seorang siswi yang kerap dibully oleh teman-temannya. Sementara itu Jessie J diperlihatkan menyanyikan lagunya dengan penuh bersemangat dan terkadang tampil dalam berbagai karakter yang berbeda-beda. Video pada akhirnya memperlihatkan jika siswa yang dibully memperoleh kesuksesan. Semangat anti-bullying memang kental terasa di video ini, meski rasanya terlalu berapi-api.

08. Do It Like Dude (Alb. Who You Are, 2011)

Do It Like Dude merupakan single yang pertama kali Jessie luncurkan, jauh sebelum akhirnya ia merilis album debut. Videonya dikerjakan oleh Emil Nava, video memiliki dua versi, eksplisit dan clean. Dengan dibuka wajah Jessie secara close-up, seolah memberi penekanan pada siapa dirinya sebenarnya, adegan ini cukup efektif dalam menyampaikan tujuannya. Tujuan video ini adalah untuk memperkenalkan karakter Jessie J yang sedikit urakan, sehingga kesan messy dan mentah memang kental terasa.

07. Silver Lining (Crazy ‘Bout You) (Alb. Silver Linings Playbook: Original Motion Picture Soundtrack, 2012)

Silver Lining (Crazy ‘Bout You) merupakan lagu soundtrack untuk film Silver Linings Playbook yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence dan Bradley Cooper. Ditulis oleh Dianne Warren yang spesialis lagu pop yang romantis, maka Silver Lining (Crazy ‘Bout You) pun tak berbeda. Videonya dikerjakan oleh Andrew Logan dan memiliki konsep yang sederhana saja. Secara umum video memperlihatkan Jessie J yang terlihat seperi telanjang dan ditubuhnya diproyeksikan ke tubuhnya.

06. LaserLight (Alb. Who You Are, 2011)

Dengan hadirnya David Guetta tentu saja LaserLight merupakan sebuah anthem EDM yang panas. Jessie J kembali mengajak sutradara langgannya, Emil Nava, untuk mengerjakan videonya. Sesuai dengan judulnya, maka permainan laser yang saling sorot menyorot menjadi andalan utama, sementara Jessie J menyanyikan lagnya dengan atraktif. Sayangnya video ini minus penampilan dari David Guetta itu sendiri.

05. Wild (Alb. Alive, 2013)

Wild merupakan single pertama Jessie J untuk album keduanya, Alive. Videonya masih dikerjakan oleh Emil Nava. Secara konsep tidak ada yang terlalu istimewa, hanya menampilkan Jessie J yang kali ini memotong pendek serta membleaching rambutnya. Yang menarik tubuhnya disemprot dengan motif Leopard, sehingga seolah-olah ia memakai baju ber-print Leopard. Selain adegan menyanyi dan menari, video juga memperlihatkan Big Sean dan Dizzee Rascal yang tampil sebagai featuring artist yang melakukan rapping. Kemudian mereka bergabung bersama Jessie hingga videonya berakhir.

04. Nobody’s Perfect (Alb. Alive, 2013)

Dengan memakai format technicolor, video Nobody’s Perfect dikerjakan di Nu Boyana, sebuah studio film yang berlokasi di Sofia, Bulgaria dan lagi-lagi dikerjakan oleh Emil Nava. Dengan mengambil inspirasi dari kisah Alice in Wonderland, video tampaknya bermain-main dengan konsep fantasi yang surreal. Kekacauan dan kegilaan merupakan poin yang ingin disampaikan oleh videonya dan pas dengan tema tentang ketidaksempurnaan seseorang. Menurut Jessie J, video Nobody’s Perfect merupakan salah satu video favoritnya.

03. Who You Are (Alb. Who You Are, 2011)

Dikerjakan oleh Emil Nava, video Who You Are bisa dikatakan merupakan salah satu video paling emosional yang dirilis oleh Jessie J. Terinspirasi dari video Nothing Compares 2 U milik Sinead O’Connor, video memperlihatkan Jessie J yang berada di sebuah kamar dan seolah-olah tangah menatap sebuah webcam. Ia menyanyikan lagunya dengan posisi yang sama. Ia terlihat sangat emnjiwai lagunya dan menguras emosinya sementara itu secara perlahan barisan air menetesi dirinya dan pada akhirnya deras seperti hujan memenuhi kamar dan membuat dirinya basah. Namun Jessie tetap persisten untuk menyanyikan lagunya.

02. It’s My Party (Alb. Alive, 2013)

It’s My Party merupakan video paling baru dari Jessie J dan merupakan video untuk single keduanya dari album Alive. Emil Nava masih bertugas sebagai produser. Menurut Jessie J, secara umum videonya adalah tentang Jessie yang tengah berpesta. Karena tujuannya untuk memberikan kesan pesta yang meriah dan “sesukanya”, tidak heran jika video memperlihatkan Jessie J dalam situasi-situasi konyol yang menggelitik. Dan jika Jessie J berkeinginan untuk memperlihatkan party yang fun, rasanya ia cukup berhasil.

01. Price Tag (Alb. Who You Are, 2011)

Diset sebagai single kedua, Price Tag bisa disebut sebagai lagu yang membuat nama Jessie J semakin dikenal luas. Pemakaian warna cerah menyala cukup efektif dalam menyampaikan maksud lagunya yang berbicara dalam konteks materialistik. Emil Nava lagi-lagi bertugas untuk mengerjakan video ini dan spertinya diniatkan sebagai sekuel dari Do It Like Dude. Jenaka dan komikal adalah konsep utama dari video yang lengkap dengan menghadirkan pohon berdaun uang. Video juga semakin mempertegas sosok Jessie J sebagai karakter yang memiliki rasa percaya diri yang besar karena berani mencoba berbagai kostum dan make-up yang aneh-aneh.

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply