Trending News

Blog Post

Top 10 Music Videos: Katy Perry
Top 10 Lists

Top 10 Music Videos: Katy Perry 

Dari empat album studio, satu album live, satu EP, tujuhbelas single sebagai artis solo dan tiga sebagai artis featurinng dan tiga single promosi dan rentang karir selama 12 tahun, Katy Perry pun ternyata cukup aktif dalam mengerjakan duapuluh empat musik video untuk mendukung promosi album dan single yang dirilisnya.

Sebagai Artist of the Month bulan ini, maka diadakan polling kepada pembaca Creative Disc untuk mengetahui video Katy Perry mana saja yang dianggap terbaik. Maka, tanpa berpanjang lebar lagi, berikut 10 Video Musik Terbaik pilihan pembaca Creative Disc:

10. Teenage Dream (Alb. Teenage Dream, 2010)

Teenage Dream adalah single kedua untuk album ketiga Perry berjudul sama, Teenage Dream. Videonya dikerjakan oleh Yoann Lemoine. Dengan model pria yang seksi, kesan sensual memang mendominasi video ini. Digambarkan kemesraan Perry dengan sang pria yang digambarkan sebagai kekasihnya. Kemesraan yang diumbar mungkin untuk memvisualkan mimpi remaja yang ada di cerita dalam lagunya. Akan tetapi hubungan mereka tidak hanya berputar di soal romantisme juga namun juga kerikil-kerikil dalam hubungan mereka. Perry tampil dengan lebih natural dan terlihat cantik tanpa polesan make-up yang tebal.

09. California Gurls (Alb. Teenage Dream, 2010)

Menampilkan Snoop Dogg, konsep ekstravaganza menjadi panggung dari video musik Teenage Dream. Dengan pemilihan warna-warna permen yang meriah, video California Gurls memang terasa sangat cerah dan juga cantik. Ini tak terlepas dari plot yang berkisah tentang Perry sebagai karakter di sebuah game yang berjudul Candyfornia, yang dipengaruhi oleh konsep dari film Adventures in Wonderland, Charlie and the Chocolate Factory, karya Tim Burton dan game Candy Land. Mathew Cullen sebagai sutradara cukup berhasil dalam mengadaptasi film maupun game tersebut dalam video California Gurls ini.

08. Thinking of You (Alb. One of the Boys, 2008)

Video musik Thinking of You mungkin merupakan salah satu video paling dramatis dan filmis yang dikerjakan oleh Katy Perry. Dengan mengambil konsep klasik, video berseting di masa Perang Dunia ke 2. Dikisahkan Perry yang tampak bersedih memikirkan seprang pria tampan yang pergi berperang saat ia justru tengah bersama kekasihnya. Perry tampak sedang bersiap-siap menuju pemakaman sang pria yang ternyata tewas di medan perang. Sepanjang durasi,video akan memperlihatkan flashback kemesraannya dengan sang pria sementara ia juga harus berurusan dengan perasaanya kepada kekasih (atau suaminya?) sendiri. Sutradara Melina rasanya cukup berhasil dalam membangun konsep klasik tadi.

07. Part of Me (Alb. Teenage Dream: The Complete Confection, 2010)

Part of Me merupakan single pertama untuk repackaged Teenage Dream, Teenage Dream: The Complete Confection. Video yang disutradarai oleh Ben Mor memperlihatkan Katy Perry sebagai seorang tentara wanita yang tengah berada di sebuah kamp pelatihan. Dengan tema girl power yang kental, diperlihatkan jika tentara wanita juga tak kalah dengan tentara lelaki, meski secara umum, mereka tetap wanita yang cantik. Patut dipuji totalitas Perry dalam memainkan perannya sebagai seorang tentara yang berdidikasi dengan melakukan sendiri berbagai aktifitas pelatihan ketentaraan.

06. ET (Alb. Teenage Dream, 2010)

Video musik ET yang menampilkan Kanye West ini cukup istimewa karena sang sutradara, Floria Sigsimondi, memperdayakan banyak efek khusus yang menawan, terutama untuk memperlihatkan transformasi Katy Perry dari seorang alien menjadi sosok wanita bumi yang cantik. Tidak hanya efek khusus menawan saja yang patut dipuji dari ET, juga tenik make-up yang cukup meyakinkan. Kesan out-of-the-world yang ingin dibangun pun cukup sukses ditampilkan sehingga video ET, meski terlihat cukup surreal, namun elemen fantasinya membuat video terlihat cukup cantik untuk ditonton.

05. The One That Got Away (Alb. Teenage Dream, 2010)

Dalam video The One That Got Away, lagi-lagi Katy Perry mengeksplorasi kekuatan aktingnya. Kali ini hadir aktor Meksiki terkenal, Diego Luna, yang berperan sebagai kekasihnya. Dibuka dengan adegan yang memperlihatkan Katy Perry sebagai sosok perempuan sepuh yang tinggal bersama suaminya. Lantas kenangannya kembali ke masa mudanya saat ia bersama kekasihnya saat itu, yang diperankan oleh Diego Luna. Sebagai sepasang remaja, kehidupan mereka digambarkan penuh dengan gairah, sampai sebuah peristiwa menguji kekuatan cinta mereka. Video yang cukup kental dengan nuansa film ini dikerjakan oleh Floria Sigsimondi yang sebelumnya mengerjakan ET untuk Perry.

04. Last Friday Night (T.G.I.F.) (Alb. Teenage Dream, 2010)

Video Last Friday Night (T.G.I.F) merupakaan bentuk homage Katy Perry kepada dekade 80-an, karena video yang diarahkan oleh duo Marc Klasfeld dan Danny Lockwood ini memang memiliki konsep back to 80’s lengkap dengan atribut busana dan gaya rambut yang digunakan oleh Perry dan berbagai bintang terkenal yang menjadi cameo di dalamnya. Dikisahkan Perry sebagai remaja nerd yang berkacamata dan berkawat gigi yang merasa terganggu oleh pesta tetangga sebelahnya, Rebbecca Black! Akan tetapi Rebecca malah mengajak Perry untuk bergabung dan melakukan make-over hingga Perry terlihat cantik dan seksi. Dua bintang Glee, Kevin McHale dan Darren Criss, Kenny G, Hanson, hingga dua idola 80-an, Corey Feldman dan Debbie Gibson, yang berperan sebagai orang tua Katy Perry, memeriahkan video ini.

03. Firework (Alb. Teenage Dream, 2010)

Firework mungkin bisa memberi pengaruh yang cukup besar kepada pendengarnya, karena mengandung semangat self-empowerment yang cukup besar. Dan video yang dikerjakan oleh Dave Meyers menanngkap semangat tersebut yang menampilkan sekelompok orang yang tengah mengalami keminderan sampai mereka berniat untuk mengambil inisiatif langkah yang menyebabkan kembang api terpancar dari tubuh mereka. Katy Perry sendiri terntunya juga memancarkan percikan kembang api saat menyanyikan bagian chorus. Yang istimewa, video juga memperlihatkan adegan sesama pria berciuman, sesuatu yang jarang terjadi video musik mainstream.

02. Wide Awake (Alb. Teenage Dream: Teenage Dream: The Complete Confection, 2010)

Wide Awake mengambil adegan akhir video California Gurls sebagai awal. Namun, berbanding terbalik dengan California Gurls, video Wide Awake justru terkesan gelap dan kelam. Nuansa fantasi pun kembali dipakai Katy Perry untuk memvisualkan lagunya. Penggunaan berbagai efek khusus pun menjadi tak terelakkan untuk memberi penekanan pada elemen fantasi tadi. Gabungan antara horor dan fantasi ternyata cukup efektif dalam menarik perhatian orang kepada video yang dikerjakan oleh Tony T. Datis ini.

01. Roar (Alb. Prism, 2013)

Dikerjakan oleh Grady Hall dan Mark Kudsi, Roar merupakan video paling mutakhir milik Katy Perry sekaligus merupakan single pertama dari album terbarunya, Prism. Komedi parodi sentra konsep dari Roar yang berkisah tentang Katy Perry yang harus terdampar di sebuah hutan karena pesawat yang ditumpanginya terjatuh. Oleh karenanya ia harus beradaptasi dengan lingkungan hutan, termasuk para binatang, untuk bertahan hidup. Akhirnya ia pun menjelma menjadi semacam Tarzan versi wanita yang tampak nyaman tinggal di hutan liar lengkap berteman dengan sekelompok satwa.

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply