Trending News

Blog Post

Album of the Day: Ellie Goulding – Halcyon Days
Album of The Day

Album of the Day: Ellie Goulding – Halcyon Days 

Potensi diri tidak hanya dimiliki dari lahir, tapi juga harus dipupuk untuk mendapatkan kualitas unggul sehingga bisa diperhitungkan. Ellie Goulding bisa jadi tidak mendapatkan bakat turunan seni dari orang tuanya, namun ia mengajari diri sendiri sejak dini untuk menguasai alat musik. Saat menimba ilmu di SMA, ia melibatkan diri dalam produksi drama untuk merambah ke seni peran dan suara. Tapi yang ia tonjolkan untuk menembus ke industri musik adalah kemampuannya menulis lagu.

Ellie membuat orang meliriknya saat berkontribusi untuk artis lain, seperti finalis The X Factor Diana Vickers dan juga Gabriella Cilmi. Kepercayaan yang Polydor Records miliki padanya melahirkan sebuah kerjasama kontrak untuk membuat sebuah album. Di tahun 2010, “Lights” dirilis, dan dunia pun mengenal Ellie. Kesempatannya untuk dikenal lebih luas termasuk skenario memasukkan single ‘Starry Eyed’ untuk dipakai dalam film “Kick-ass”. Keunggulan yang Ellie miliki adalah cita rasa elektronika yang ia hadirkan dengan vokal yang unik dan magis. Karakter langka tersebut membuatnya gampang menembus masuk dan menemukan tempat di blantika musik internasional. Saat debut albumnya itu dirilis ulang menjadi “Bright Lights”, Ellie membuat dunia menemukan cover version terbaik dari lagu klasik Elton John, ‘Your Song’. Dan dunia mulai tergila-gila pada sosok Ellie Goulding.

Puas menguasai pasar di negara asalnya, United Kingdom, Ellie pun ingin menjamah daratan Amerika. Siapa sangka, single ‘Lights’ yang ia rilis disana mendapat respon positif dan membuat ambisinya untuk menguasai pasar musik semakin menggebu. Album kedua pun dirilis, “Halcyon”, menampilkan hits lain yang tak kalah powerful dalam mencitrakan kualitas yang Ellie punya. ‘Anything Could Happen’ salah satunya. Lagu ini sudah bisa dianggap icon. Keindahan musik dan kekuatan lirik membuatnya menjadi favorit sejak dirilis hingga kini.

Seperti album pertamanya dulu, kini album kedua itupun dirilis ulang menjadi “Halcyon Days”. Single andalan dari album ini, ‘Burn’ sudah berkuasa. Ellie mencetak lagu no.1 pertamanya di UK dengan lagu ini, dan mempertahankan eksistensi di Amerika dan juga Asia. Tahun ini ia juga kembali merambat ke layar lebar dengan pemasangan single ‘How Long Will I Love You’ untuk film “About Time”. Ga usah ditebak, karena sudah ketahuan sebenarnya kalau Ellie akan semakin populer saja. Maka dari itu, Universal Music Indonesia menempatkannya sebagai Artist Highlight CreativeDisc di bulan November ini, supaya Indonesia mendapat kesempatan untuk mendengar dan memuji kualitas Ellie dalam “Halcyon Days”.

Released by: Universal Music Indonesia

Entah murah hati atau ingin mencurahkan semangat berkaryanya, Ellie Goulding tampaknya sangat rajin dalam mempermak album-albumnya. Setelah album debutnya, Lights (2010) pun hadir dalam berbagai bentuk repackaged, maka kini giliran album sophomore-nya, Halcyon (2012), mendapat treatment serupa. Halcyon Days namanya. Album ini benar-benar melimpah dengan, tentu saja, Ellie Goulding.

Kesuksesan Halcyon memang cukup fenomenal. Tidak hanya albumnya, single-single yang dirilis pun diapresiasi oleh penikmat musik dengan cukup baik. Tidak mengherankankan jika kemudian Goulding merasa perlu untuk merilis ulang album tersebut dalam sebuah repackaged. Secara umum Halcyon Days adalah Halcyon, serta Days yang berisi 8 lagu baru. Untuk review Halcyon, dapat dibaca di sini, karena kali ini kita akan membahas khusus pada segmen Days.

Single andalannya adalah Burn, yang semakin memantakan nama Goulding di tangga lagu dunia. Dikerjakan Goulding ramai-ramai bersama Ryan Tedder Brent Kutzle Noel Zancanella dan Greg Kurstin, yang juga bertugas sebagai produser, Goulding menghadirkan electro-pop medium cathcy yang mencuri perhatian. Kekuatan utama terletak di chorus yang bersemangat.

Secara umum, lagu-lagu baru dalam Halcyon Days ini masih setipe dengan Halcyon. Dalam arti, mereka cenderung lebih ngepop dan dubstep-friendly. Meski begitu, patut dipuji kemampuan Goulding dalam memberikan kita lagu-lagu yang sedap di dengar.

Dalam Goodness Gracious, Goulding menghadirkan sentuhan melodi anthemik ala Afrika sementara lagu ceria ini mengajak kita untuk turut bersuka dengannya. Beat-beat yang berderap cepat dan rapat memang andalan Goulding. Maka simak saja You My Everything yang sangat kental dengan dubstep yang sedikit dipadu-padan bersama house.

Nomor-nomor dubstep bergemuruh lainnya bisa ditemui dalam Stay Awake yang juga menghadirkan produser/musisi yang tengah naik daun, Madeon. Sebenarnya lagu ini adalah lagu sejenis pop-rock biasa yang dibalur dubstep, akan tetapi kekuatan memang terletak pada vokal Goulding yang khas.

Halcyon Days masih menyediakan kerja sama antara Goulding dengan DJ, yang kali ini giliran DJ Fresh yang membantunya dalam Flashlight.Secara umum, dubstep masih menjadi landasan dasar lagu ini ketimbang progressive house dalam I Need Your Love, misalnya.

Sementara itu, dalam Heart Without Chains atau How Long Will I Love You, Goulding meminggirkan keriuhan dubstep dan hadir dengan lebih lembut dan penuh perasaan, terutama pada balada minimalis How Long Will I Love You. Entah mengapa Goulding memang lebih pas dalam menyanyikan lagu-lagu yang organis seperti ini.

Meski begitu, ia bukannya tidak mengadopsi dusbtep untuk lagu yang memiliki tempo lebih sedang, seperti Under Control yang dinyanyikan Goulding dengan penuh penghayatan, sementara atmosfir yang kelam dan dubstep yang berderap sambung-menyambung menyelubunginya.

Dan ya, Halcyon Days memang kaya materi, meski secara musikal terdengar agak seragam. Tidak mengherankan jika alih-alih merilis album baru, Goulding memutuskan untuk menyisipkan materi-materi barunya sebagai bagian repackaged dari Halcyon karena tidak hanya masih memiliki benang merah, juga tidak terlalu istimewa sebagai sebuah materi untuk album baru yang mandiri.

Namun, siapa yang bisa menolak limpahan 21 lagu yang terkandung di dalamnya. Maka, Halcyon Days tidak hanya tepat bagi para penggemarnya akan tetapi juga cocok bagi yang ingin memulai untuk mengenal Ellie Goulding.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

TRACKLIST
1. “Don’t Say a Word” 4:07
2. “My Blood” 3:54
3. “Anything Could Happen” 4:47
4. “Only You” 3:51
5. “Halcyon” 3:25
6. “Figure 8” 4:08
7. “JOY” 3:14
8. “Hanging On” 3:22
9. “Explosions” 4:03
10. “I Know You Care” 3:26
11. “Atlantis” 3:53
12. “Dead in the Water” 4:44
13. “I Need Your Love” (Calvin Harris featuring Ellie Goulding) 3:58
14. “Burn” 3:51
15. “Goodness Gracious” 3:46
16. “You My Everything” 3:29
17. “Hearts Without Chains” 3:45
18. “Stay Awake” (featuring Madeon) 3:26
19. “Under Control” 4:06
20. “Flashlight” (featuring DJ Fresh) 3:33
21. “How Long Will I Love You” 2:34

Related posts

Leave a Reply