Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – About Time (Original Motion Picture Soundtrack)
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – About Time (Original Motion Picture Soundtrack) 

Released by: Universal Music Indonesia

Sutradara asal Inggris, Richard Curtis, yang dulu pernah sukes dengan film komedi romantis Love Actually, kembali lagi dengan film terbarunya, About Time. Sebagaimana Love Actually, maka About Time yang dibintangi oleh Rachel McAdams dan Domhnall Gleeson ini juga memiliki album soundtrack yang banyak diisi oleh lagu-lagu pop hits yang menggugah.

Album dibuka dengan The Luckiest milik Ben Folds yang diambil dari album solonya, Rockin’ the Suburbs, di tahun 2001. Lagu pop melankolis ini memang terasa pas membuka album yang seolah-olah menggerakkan kemana album akan berjalan yaitu romantisme.

Kemudian disusul oleh How Long Will I Love You?, sebuah hits klasik milik band asal Skotlandia, The Wateroys yang diambil dari album kelima mereka, Room to Roam (1990) yang kali ini dinyanyikan oleh trio yang terdiri atas Jon Boden, Sam Sweeney dan Ben Coleman, tiga musisi folk sekaligus intrumentalis, sehingga tidak heran jika lagu romantis ini terdengar sangat folky. Namun yang mencuri perhatian pastinya versi Ellie Goulding yang hadir dengan lebih minimalis dan lirih dan diambil dari album barunya, Halcyon Days.

Dan memang. Mendengarkan About Time itu seperti mendengarkan sebuah album kompilasi pop hits, karena diisi oleh banyak lagu-lagu pop yang hits. Maka simak saja lagu-lagu keren seperti Back to Black milik Amy Winehouse, Friday I’m In Love milik The Cure, Mr. Brightside milik The Killers, Push the Buttons milik Sugababes hingga All the The Said yang dulu mempopulerkan duo asal Rusia, t.A.T.u.

Bagi penikmat pop, jelas ini merupakan pilihan yang menarik, terlepas apakah sudah menyaksikan filmnya atau belum. Sebagai sebuah album kompilasi ia cukup kaya akan pilihan lagu popnya. Namun, soundtrack About Time tidak hanya akan memuaskan penggemar pop saja. About Time juga memiliki barisan lagu milik artis yang mungkin tidak begitu populer di kalangan penikmat pop awam, akan tetapi tetap menarik untuk disimak.

We probably we know Groove Armada and Nick Cave, dan mereka menyumbangkan lagu At the River dan Into My Arms yang masing-masing diambil dari album Vertigo (1997) dan The Boatman’s Call (1997). Akan tetapi, simak juga Paul Buchanan dari band The Blue Nile yang mempersembahkan track Mid Air yang hanya menampilkan piano sebagai temannya bernanyi.

Musisi senior Ron Sexsmith hadir dalam track Gold in Them Hills yang juga menghadirkan piano sebagai instrumen utama. Sepertinya piano memang menjadi andalan utama dalam mengantarkan romantisme film About Time karena Nick Laird-Clowes yang bertugas sebagai komposer skoring About Time menunjukkan hal tersebut dengan jelas dalam The About Time Theme, salah satu lagu instrumentalia yang terdapat dalam film ini.

Speaking of intsrumentalia, tentu tidak lengkap sebuah album soundtrack tanpanya, meskipun ini bukan album skoring. Selain The About Time Theme, album juga memiliki sebuah track instrumental berdurasi panjang, 9 menit, yaitu Spiegel im Spiegel yang ditulis oleh Arvo Pärt. Kali ini Sebastien Klinger dan Jürgen Kruse yang bertugas mengkomposisikan lagu yang telah banyak dipakai dalam berbagai judul film ini. Piano dan cello saling bekerjasam dengan syahdu dalam memberikan romantisme yang menawan.

Menurut yang sudah menyaksikan filmnya, soundtrack About Time ini bekerja dengan sangat baik dalam mendukung narasi yang disampaikan dan memberi penekanan yang berarti dalam adegan-adegan yang menampilkan lagu-lagunya. Namun, tanpa harus menyaksikan filmnya pun, About Time merupakan album soundtrack yang juara.

Diamunisi oleh 17 lagu yang memiliki gaya dan genre yang cukup berbeda, About Time merupakan album kompilasi pop yang tidak hanya eklektik akan tetapi juga merupakan sebuah catatan sejarah pop yang cukup signifikan. Direkomendasikan!

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

TRACKLIST

No        Title Artist Time
1 The Luckiest (About Time version) Ben Folds 4:04
2 How Long Will I Love You Jon Boden, Sam Sweeney & Ben Coleman 2:46
3 Mid Air Paul Buchanan 2:28
4 At the River (Radio Edit) Groove Armada 3:10
5 Friday I’m In Love The Cure 3:34
6 ExplicitBack To Black Amy Winehouse 4:00
7 Gold In Them Hills Ron Sexsmith 3:31
8 The About Time Theme Nick Laird-Clowes 2:22
9 Into My Arms Nick Cave & The Bad Seeds 4:13
10 Il Mondo Jimmy Fontana 2:42
11 Golborne Road Nick Laird-Clowes 2:16
12 Push the Button Sugababes 3:37
13 All the Things She Said (Original Edited) t.A.T.u. 3:35
14 When I Fall In Love Barbar Gough, Sagat Guirey, Andy Hamill & Tim Herniman 3:02
15 Spiegel im Spiegel Arvo Pärt 9:24
16 How Long Will I Love You Ellie Goulding 2:34

Related posts

Leave a Reply