Trending News

Blog Post

Album of the Day: Little Mix – Salute
Album of The Day

Album of the Day: Little Mix – Salute 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Kapan Little Mix bisa menyediakan waktu untuk menggodok album studio kedua mereka? Di awal November, album yang berjudul “Salute” itu sudah rilis saja. Kejutan yang mereka buat memang bukan sepenuhnya menggebrak meja dan membuat setiap orang tersentak, karena terlebih dahulu sudah ada hembusan single ‘Move’, seolah peringatan terhadap keberadaan album ini. Tapi dengan sejumlah kegiatan promo dan pengenalan diri skala worldwide, tetap saja kita terperangah dengan album ini.

Itu satu dari sekian banyak pandangan yang bisa dibuat untuk “Salute”. Pandangan lain, sekaligus yang sangat mencolok adalah sound yang mereka tawarkan lagi mengandung unsur fresh dan out of the box. ‘Move’ berlaku demikian. LM terkesan fierce saat single ini pertama kali diperdengarkan di bulan September lalu karena sound yang tergolong unik dan tidak biasa. Bukan sekedar bertahan untuk tidak terseret arus, tapi mereka hendak melawannya. Jempol untuk itu. Ide tersebut juga tertanam dalam ‘Nothing Feels Like You’, ‘Boy’, dan ‘Mr. Loverboy’. Musiknya tidak spefisik, melainkan unik, sehingga agak sulit untuk menempatkan mereka pada satu corak pasti.

Tittle track yang sekaligus pembuka album, ‘Salute’ merupakan sebuah track komando. Kalau diingat dari album terdahulu, lagu ini se-marching meski tak seceria ‘Stereo Soldiers’. Beat yang membangun sebentuk semangat, selain marching juga cheering adalah penanda pastinya. Semangat serupa bisa dinikmati dalam ‘A Different Beat’. I’m pleased to tell you that these two can easily be everyone’s favorite.

Akan sangat mudah seandainya menyajikan ulasan album ini secara kronologis dari track satu ke track lainnya, dengan harapan dinamika yang terdengar dapat tertangkap lewat tulisan. Tapi gaya bermain dengan menumpukkan keserupaan dalam satu waktu sama sekali tidak menghilangkan kesempurnaan dinamika yang ada dalam album. ‘Little Me’ adalah awal dari rangkaian balada disini. Ada humming yang memelodikan ‘Elysium’ terdengar di beberapa bagian lagu. Yang terpenting adalah lirik yang menggugah, lebih memberi arti dalam setiap pengalaman dengar LM. Jika skenario untuk merilis track ini sebagai single berikutnya dijalankan, saya percaya bahwa LM akan mencetak theme song untuk grup mereka dengan single ini. Lagu dengan pesan lainnya bisa didengar lewat ‘Nothing Feels Like You’ yang secara lantang membuat pendengar merasa istimewa.

Balada berlanjut dengan ‘Towers’. Terdengar seperti salah satu balada yang bisa dikerjakan oleh Christina Aguilera, tingkat emosional lagu ini mencapai puncaknya dalam atraksi vokal Perrie di chorus terakhir. Seandainya mereka lebih menyoroti big voice untuk big note, soaring moment pasti tersembur sempurna dari lagu ini. Sementara itu, balada-balada berikutnya melakukan pendekatan yang sedikit berbeda demi keunikan masing-masing. ‘These Four Walls’ dan ‘Good Enough’ condong pada konsep breakdown guna mengedepankan vokal. Terlebih pada yang R&B, justru membuat mereka hadir laksana wannabe. Tak sedikit yang merefensikan Destiny’s Child atas percobaan tersebut. Silahkan dengarkan ‘Competition’, dan nilai sendiri bagaimana LM melakukan icip-icip terhadap style black music.

Pada akhirnya, saya bersyukur mereka tidak membuat banyak peringatan maupun pengumuman di masa pra perilisan album. Dengan sedikitnya ekspektasi, mereka bisa melampauinya dengan sangat mudah. Empat track tersaji dalam edisi deluxe sangat pantas menjadikan alasan bagi siapapun yang berniat membeli album ini untuk mengejar edisi tersebut. ‘See Me Now’ banyak terpengaruh dengan gaya musik Timur Tengah yang seksual dan sensual sekaligus eksotis, ‘They Just Don’t Know You’ kembali membawa pendengar dalam pengalaman unik dan asyik, dan ‘Stand Down’ yang bergerak dalam tempo yang tidak bisa ditebak, dan ‘Little Me’ versi unplugged memberi rasa lain dalam edisi ini, menuntaskan kebimbangan sehingga keputusan condong pada pembelian edisi deluxe ketimbang yang standar. Ini adalah satu album pop yang membuat setiap rupiah yang kita habiskan untuk membelinya layak dibelanjakan.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Salute” 3:56
2. “Move” 3:44
3. “Little Me” 3:55
4. “Nothing Feels Like You” 3:27
5. “Towers” 3:58
6. “Competition” 3:27
7. “These Four Walls” 3:28
8. “About the Boy” 3:44
9. “Boy” 2:54
10. “Good Enough” 3:52
11. “Mr Loverboy” 3:14
12. “A Different Beat” 3:27

Related posts

Leave a Reply