Trending News

Blog Post

Album of the Day: Pitbull – Global Warming: Meltdown
Album of The Day

Album of the Day: Pitbull – Global Warming: Meltdown 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Apa yang orang suka dari Pitbull? Kebiasaannya memeriahkan suasana? Kesuksesannya mengambil sampling lagu lawas dan menjadikannya kembali terkenal? Kolaborasinya dengan artis nomor wahid? Wah, semuanya bisa dikasih tanda check karena dalam “Global Warming: Meltdown” jawaban dari semua pertanyaan tersebut tersedia.

‘Global Warming’ adalah welcome drink yang tampil dalam takaran yang sempurna untuk nagih. Lagu yang sebentar ini kompleks dengan penampilan Sensato di dalamnya plus sampling dari lagu ‘Macarena’. Kesan kurang yang tercipta berkat durasi lagu yang super singkat adalah kesengajaan, sekaligus menarakkan percikan antusiasme album. Dari situ, pesta pun bergemuruh. TJR yang hadir dalam pesta non-stop ‘Don’t Stop The Party’ sudah menjadi sound yang awam bagi partygoers. Sudah bisa dibilang kalau tak ada manusia di planet ini yang tak mengetahui lagunya. That’s the spirit of this album.

Bahkan, lebih PD untuk menyebut ‘Feel This Moment’ sebagai “moment”-nya album ini. Pitbull menggandeng Christina Aguilera saja sudah luar biasa. Best of both worlds; Pitbull bebas nge-rap dengan melodi yang terbentuk dan berusaha untuk membuat rima yang sempurna, Christina membumbungkan chorus dengan vokalnya yang menggelegar. Ini jelas memberi hidup lain bagi hit ‘Take On Me’ bagi generasi sekarang. Nilai historis yang album ini punya juga termasuk penampilan Pitbull untuk film “Men in Black 3” dimana ia menyanyikan ‘Back in Time’ untuk lagu tersebut. Gaya western yang begitu kental mempengaruhi lagu ini, memberikannya daya tarik sebagai nilai plus terhadap pernikahan hip-hop dengan electrodance.

Kerjasama Pitbull dengan beberapa artis bisa disebut sebagai kerjasama berseri. Chris Brown, Jennifer Lopez, dan juga Havana Brown adalah beberapa nama yang tampil dengannya lebih dari sekali. Chemistry yang Pitbull dapat dengan masing-masing artis ditampilkan demi kemeriahan albumnya. Ketiganya hadir dalam pendekatan yang berbeda; ‘Hope We Meet Again’ (bersama Chris) mengandung lirik yang emosional, ‘Drinks for You (Ladies Anthem)’ (bersama J.Lo) mengandalkan beat yang sensual, dan ‘Last Night’ (bersama Havana Brown dan Afrojack) adalah pergumulan DJ dan produser dengan karakter masing-masing yang berkonsolidasi sehingga tercipta satu lagu dengan beberapa segmen di dalamnya.

Sedemikian impresifnya album ini, ekstensinya terjadi dengan sesi “Meltdown” yang menawarkan pelebaran kolaborasi Pitbull, baik dengan artis bintang tamu maupun produser yang membidangi perancangan lagu. Lawan pakem Dr. Luke dan Ke$ha hadir pertama. Mereka memberi warna tersendiri dalam ‘Timber’. Keberhasilan terseronoknya adalah mengawinkan dance, hip-hop, dengan folk. Selanjutnya, tandem lain, Kelly Rowland dan David Guetta membantu Pitbull dalam ‘That High’. Peringatan awal, kita mungkin akan mengerutkan dahi mendengarkan Kelly yang bertindak sangat beda di lagu ini. Persis ekspresi yang tercipta saat mendengarkan Enrique Iglesias dalam ‘Tchu Tchu Tcha’.

Kejutan terjadi saat nama Mayer Hawthorne hadir disini. Sebutlah, ia tak tampak sebagai seorang yang akan hadir dalam lagu dengan seorang rapper. Apalagi rapper itu bergerak di bidang dance hop. Namun yang terjadi dalam ‘Do It’ justru Pitbull yang menyerah sepenuhnya ke dalam pelukan Mayer. Tampaknya mereka menyepakati untuk tidak sepenuhnya membuat Mayer canggung dalam kesempatan kerjasama ini. Ini adalah cerminan dari Danny Mercer yang tampil dalam ‘Outta Nowhere. Tak seperti Mohombi ataupun Inna yang sudah terbiasa memanaskan suasana dalam beat dance. ‘Sun In California’ dan ‘All The Things’ yang dibawakan Pitbull dengan kedua artis tersebut secara terpisah tidak membawa Pitbull keluar dari arenanya. Persis gaya The Wanted yang ikut serta dalam jalur asli Pitbull di lagu ‘Have Some Fun’.

I love “Global Warming”, and I love “Global Warming: Meltdown” even more. Versi tambahan yang dikeluarkan berjarak dari rilisan awalnya dulu tak membuat bimbang dan banyak pertimbangan untuk mengoleksi album ini. It’s worth every drop of money. No kidding.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Global Warming” (featuring Sensato) 1:25
2. “Don’t Stop the Party” (featuring TJR) 3:26
3. “Feel This Moment” (featuring Christina Aguilera) 3:49
4. “Back in Time” 3:27
5. “Hope We Meet Again” (featuring Chris Brown) 3:41
6. “Party Ain’t Over” (featuring Usher and Afrojack) 4:03
7. “Drinks for You (Ladies Anthem)” (featuring Jennifer Lopez) 3:16
8. “Have Some Fun” (featuring The Wanted and Afrojack) 4:04
9. “Outta Nowhere” (featuring Danny Mercer) 3:26
10. “Tchu Tchu Tcha” (featuring Enrique Iglesias) 3:25
11. “Last Night” (featuring Havana Brown and Afrojack) 3:39
12. “I’m Off That” 3:17
13. “Timber” (featuring Ke$ha) 3:24
14. “That High” (featuring Kelly Rowland) 3:14
15. “Do It” (featuring Mayer Hawthorne) 3:40
16. “Sun in California” (featuring Mohombi and PLAYB4CK) 3:00
17. “All the Things” (featuring Inna) 3:25

Related posts

Leave a Reply