Trending News

Blog Post

Album of the Day: Shane Filan – You And Me
Album of The Day

Album of the Day: Shane Filan – You And Me 

Shane Filan memang bukan pemain baru. Tapi paling tidak ia belum memiliki kekuatan sebesar boyband-nya, Westlife. Kita ingin tetap respect dengan sajian musik yang ia punya dengan nama solo dalam album “You And Me” sebagai salah satu Artist Highlight di awal 2014 ini.

Irlandia penuh pesona. Salah satunya adalah boyband Westlife. Lahir dari sana, kelima pria muda yang tergabung di dalamnya kemudian tumbuh, berkembang, dan menjadi besar di blantika musik pop dunia. Mereka menjadi salah satu boyband terlaris, menyusul kesuksesan yang pernah dibuat oleh senior mereka, Boyzone. Kemudian, nama Westlife pun menjadi sejarah Irlandia, sejajar dengan The Cranberries maupun U2. Ia semua mereka capai meski dalam formasi lima maupun empat, pasca hengkangnya salah seorang anggota untuk bersolo karir. Cerita Westlife tetap tutup buku, tapi tidak untuk salah seorang pemiliki suara terkuat dalam grup tersebut, Shane Filan.

Sebagai vokalis utama dalam grup, Shane memiliki tantangan yang dahsyat untuk menjadikan namanya happening. Standar yang telah dibuat untuk karir di luar grup oleh nama-nama pendahulunya cukup tinggi. Lihat Beyonce, mantan Destiny’s Child. Kemudian ada juga Nicole Scherzinger dan Justin Timberlake yang masing-masing mantan personel The Pussycat Dolls dan ‘NSync. Kesuksesan mereka di luar grup merupakan prestasi yang luar biasa untuk dijadikan standar bagi siapapun yang hendak memulai langkah di luar harmoni grup. Apakah Shane siap menjawab tantangan tersebut?

Yes. Yes, he is ready! Lebih dari siap. Lihat saja bagaimana penggemar begitu responsif terhadap karya pertamanya, ‘Everything To Me’. Single ini bisa dibilang memegang major success dengan masuk ke Top 10 di chart UK dan juga iTunes Irlandia. Indonesia pun sempat tertular kehebohannya saat Shane menggelar aksi showcase-nya di Jakarta pertengah tahun lalu. Maka dari itu, untuk album beraroma pop folk yang ia rilis dengan judul “You And Me” kemudian pun mengembalikan die-hard fans Westlife dalam satu kesatuan untuk mendukung karir Shane saat ini.

Saya salah satunya, pendukung musik yang bersahabat dari Shane Filan. ‘About You’ dan ‘Knee Deep In My Heart’ yang selanjutnya diperkenalkan dari album ini juga terpilih sebagai yang terfavorit, dan pantas untuk didengarkan menghiasi pembukaan tahun 2014 ini. Semangat yang serupa ingin Universal Music Indonesia dan CreativeDisc antarkan untuk kalian miliki. Shane Filan seutuhnya milik kita, di Artist Highlight Januari ini!

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Released by: Universal Music Indonesia

Impian tak langsung padam saat Westlife memutuskan untuk bubar jalan. Shane Filan langsung mengemas koper dan bersiap untuk meluncurkan album solonya. 4 November dipakai untuk jadwal meluncurkan “You And Me” ke pasaran. Dengan bekal tempaan di masa yang ia lewati bersama Mark, Kian, Nicky, dan juga Brian menjadikannya kuat sebagai vokalis solo yang bukan harus bergantung pada teman-temannya lagi.

Pujian untuk ‘Everything To Me’, single pertama dari album ini. Ia masih memiliki daya charm dalam diri dan vokal untuk membujuk orang mendengarkan karyanya. Terdengar beda dari kebiasaan Westlife yang paling pantas mendapat acungan jempol. Nyaris 15 tahun tergabung dalam Westlife jelas memberikan gaya pakem. Maka keluar dari sangkar itu berarti melepas diri dari zona nyaman. ‘About You’ mengarah kesana. Kalau dulu grupnya membawakan ulang lagu rock dan merombaknya sedemikian rupa untuk hadir sebagai sebuah track pop, disini Shane membiarkan rock itu hadir dalam setiap gebukan drum, petikan gitar, dan juga piano.

Anda akan merasakan breakout moment dari segi vokal saat mendengarkan ‘All You Need To Know’. Ia seolah berbicara dengan pendengar sembari menyanyikan lirik. Ini terdengar lirih dan nyata, menyatu sempurna untuk sejenak membungkan mulut dan hanya menggunakan indera pendengaran, memproses setiap kata-kata yang mengalir. Ah, semakin cinta dengan Shane saat track berberak ke angka 4, 5, dan 6. ‘Knee Deep In My Heart’, ‘One of These Days’, dan ‘Everytime’ diatur dalam arahan musik petik. Setiapnya punya kualitas antemik yang melibatkan pendengar untuk ber-sing along.

There’s so much to offer. Membuat album ini stand out dan pantas untuk dikoleksi. Akustikan ‘Always Tomorrow’, soul inspired ‘Baby Let’s Dance’, balada ‘Coming Home’, peradukan emosi yang jitu dan mantap. Maka hadirlah credit kepada para produser yang membantu menciptakan visi Shane menjadi kenyataan. Steve Mac, Paul Barry, Martin Terefe, Nexus, dan juga Patrick Mascall. Mereka melakukan arahan yang sesuai demi pencapaian kata layak sebagai produk suguhan Shane sendiri.

Pengambilan judul ‘You And Me’ adalah penegasan bahwa lagu ini mengandung kilasan dari setiap lagu. Layaknya kesimpulan, ia mengandung folk, pop, ballad dan masih sanggup hadir dengan gayanya sendiri. It’s highlighting all the good stuffs about the album as well as standing in its own feet for itself.

Saya bisa melihat Shane sebagai Gary Barlow, Kelly Rowland, ataupun Kimberly Wyatt. Mereka hadir sebagai peraih sukses no.2 di luar grup masing-masing. Brian McFadden, duh?! Ia meluncurkan karir solo sangat jauh berselang dari langkah Shane ini, sehingga mau tak mau posisi Robbie Williams, Beyonce, ataupun Nicole Scherzinger itu tersemat padanya. Tapi bukan tak mungkin Shane melakukan pengejaran. “You And Me” bisa memangkas jarak yang sudah tercipta. Even better, Shane bisa mengukir namanya sendiri di blantika musik pop dunia.

Speak for yourself. Kalau kamu merasa enggak puas dengan “You And Me”, coba dapatkan edisi deluxe yang menambahkan enam track lainnya yang enggak kalah seru. ‘Just The Way You Love Me’, ‘Once’, ‘Today’s Not Yesterday’ dan lima akustik untuk ‘About You’ ‘All You Need To Know’, ‘Everytime’, ‘Everything To Me’, dan ‘Amazed’. Yang saya suka dari tiga track pertamanya adalah ketiganya menulari pendengar dengan pikiran positif yang tertera secara gamblang dalam liriknya.

Official website

Rate the album: [ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Everything To Me 3:23
2. About You 3:47
3. All You Need To Know 3:34
4. Knee Deep In My Heart 3:06
5. One of These Days 3:35
6. Everytime 3:31
7. Always Tomorrow 3:39
8. When I Met You 3:27
9. Everything’s Gonna Be Alright 3:50
10. Coming Home 3:11
11. Baby Let’s Dance 3:15
12. In The End 3:59
13. You And Me 3:41
14. Just The Way You Love Me 3:37
15. Once 3:32
16. Today’s Not Yesterday 3:20
17. About You (Acoustic) 3:49
18. All You Need To Know (Acoustic) 3:36
19. Everytime (Acoustic) 3:17
20. Everything To Me (Acoustic) 3:19
21. Amazed (Acoustic) 3:44

Related posts

Leave a Reply