Trending News

Blog Post

Album of the Day: Cassadee Pope – Frame By Frame
Album of The Day

Album of the Day: Cassadee Pope – Frame By Frame 

Gonta ganti aliran musik bukan perkara utama bagi Cassadee Pope. Yang dulunya belum bisa ia kuasai adalah bagaimana menjual musiknya. Terima kasih kepada The Voice, terutama Blake Shelton, coach yang memberikan arahan padanya untuk berkarir di jalur country. Dan bam! Dengan mudah Cass menemukan her new forte. Kepercayaan diri yang ia miliki meningkat saat ia merasa di terima di ranah country, saat yang tepat pula untuk mengantarkan album “Frame By Frame” sebagai wujud terima kasih atas penerimaan tersebut.

Satu hal yang pasti, Cass tidak memiliki vokal country yang otentik. Yang bisa ia andalkan adalah menerapkan vokalnya untuk serba bisa, khususnya menjadi story teller yang baik untuk genre yang sekarang ia ingin kuasai. ‘Wasting All These Tears’, single perdana dari album ini kuat memiliki dorongan country yang kuat atas kehadiran instrumen banjo. Selebihnya, lagu ini layak terdefinisi pada kategori poprock. But it wasn’t that bad. People don’t master one specific genre in a day.

Kekurangan itu justru bisa dimanfaatkan sebagai kekuatan. Jika ia merilis sebuah album dalam arahan poprock, Cass akan menemukan kendala besar; dibanding-bandingkan dengan Avril Lavigne ataupun Kelly Clarkson. Good for her, album ini menempatkannya di sepatunya sendiri. ‘Everybody Sings’ nyaris menyerempet ke arah sana, tapi biola yang terdengar sayup berperan besar dalam pemberian kualitas country ke dalam lagu ini. And again, she saved by the sound.

Mau yang secara nyata membuktikan kerja keras Cass terbayar dalam upaya menyajikan corak musik country dengan alami dan murni? Ada ‘You Hear A Song’ dan ’11’. Tak ada lagi kritik padanya, dia menguasai lapangan dengan sempurna. Tentang bagaimana ini bisa terjadi, ternyata adalah keterlibatan Cass dalam penulisan lagunya. Ia bersama Nathan Chapman bahu membahu menciptakan sesuatu yang original, tanpa cap wannabe. It worked, big time! The more I wanna criticize this album, the more I find it genuine. Rasa-rasanya masih ada bagian Cass yang tak ingin sepenuhnya menghapus corak musik saat ia berada dalam Hey Monday dulu (‘This Car’, ‘Proved You Wrong’) di dalam eksplorasi ini. Baik untuk membangun dinamika tanpa harus secara ekstrem membangun jembatan antara poprock dan country.

Bukan cuma musik yang Cass ingin kawinkan, tapi juga penggemar dari dua genre tersebut. Bagi mereka yang cinta country, silahkan putar ‘One Song Away’ dan ‘Easier To Lie’ berulang-ulang, sementara yang gemar akan pop, selamat menikmati ‘Good Times’ dan ‘I Wish I Could Break Your Heart’. Kompromi untuk konsolidasi. It’s about finding herself and unity that sells. It doesn’t work everytime, but it does this time!

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Good Times” 3:42
2. “Champagne” 3:52
3. “Wasting All These Tears” 3:38
4. “I Wish I Could Break Your Heart” 3:41
5. “Everybody Sings” 3:40
6. “You Hear a Song” 3:29
7. “This Car” 4:13
8. “One Song Away” 3:43
9. “Easier To Lie” 4:01
10. “11” 3:50
11. “Proved You Wrong” 3:28

Related posts

Leave a Reply