Trending News

Blog Post

Album of the Day: Robbie Williams – Swings Both Ways
Album of The Day

Album of the Day: Robbie Williams – Swings Both Ways 

Released by: Universal Music Indonesia

Robbie Williams kembali ber-swing-ria. Bukan kali pertama ia berlaku begini, di tahun 2001 lalu, ia menciptakan gaya swing yang current untuk dirinya lewat “Swing When You’re Winning”. Di kesempatan kali ini, ia mengambil tajuk “Swing Both Ways” dan tak sepenuhnya menyanyikan lagu lawas, tapi juga menciptakan beberapa lagu yang kemudian diaransemen sesuai dengan tema.

Saya suka ‘Shine My Shoes’ yang membuka album. Lagu ini menceriakan. Ia bercermin pada musik tempo tertentu dengan tidak sedikit terkesan udik maupun maksa menjadi jadul. Permainan piano dan drum yang harmonis dalam membentuk beat terjadi sempurna dalam ‘Go Gentle’. Bantuan alat musik tiup yang terdengar konsisten di bagian berikutnya membuat nyanyian santai Robbie terdengar komplit. Sulapan di keseluruhan arena adalah ‘Swing Supreme’ yang merupakan versi baru untuk hit ‘Supreme’ yang Robbie miliki dari era lalu. Penekanan gaya musik James Bond dalam versi orisinilnya hilang dan malah mendekatkan versi baru ini ke dalam corak Great Gatsby.

Saya beberapa kali mengerjakan ulasan untuk album Robbie Williams, dan saya tak akan pernah melewatkan puji-pujian untuk kecakapan vokal yang ia miliki. Ia bisa sedemikian luwes dengan permainan nada dalam ‘Puttin’ On The Ritz’, bermain karakter dengan ‘Minnie The Moocher’, dan kemudian menahan diri untuk menekan vokalnya dalam ‘Snowblind’. Penerapan vokal tanpa batas itu yang bisa membuat Robbie tak hanya bertahan dengan karir solo yang sedemikian lama, tapi juga meraih sukses jauh di atas rekannya yang lain dalam Take That.

Kolaborasi adalah bagian penting dari album ini. Entah itu adalah niat yang pake banget untuk membuat sekuel pada ide jenius duet ‘Something Stupid’ Robbie Williams-Nicole Kidman atau memang Robbie cinta akan konsep duet. Olly Murs, Rufus Wainwright, Lily Allen, Michael Buble, dan Kelly Clarkson diajak untuk memberi dampak masing-masing dalam album. Sensasi yang Olly berikan dalam ‘I Wanna Be Like You’ persis dengan yang ia hasilkan di setiap albumnya. Gaya natural itu hadir dan menyatu mesra dengan vokal Robbie. Mereka memang sudah memupuk chemistry sejak Olly ada di The X Factor dulu. Rufus muncul dalam tittle track ‘Swing Both Ways’. Tatkala kita terpacu untuk mengkritik musik menenggelamkan vokal mereka, keistimewaan Rufus menusuk iring-iringan musik dan mengoyak untuk membuat jalur dengar sendiri.

Robbie dan Lily adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Harapan bahwa keduanya akan tampil dalam lagu yang super duper nyeleneh dan nyindir maksimal terpaksa sirna, karena ternyata lagu super emosional ‘Dream A Little Dream’ yang mereka rekam. But then again, takjub adalah hasil dari mendengarkan duet ini. Buble yang justru punya kesempatan untuk bermain dengan Robbie lewat lagu playful ‘Soda Pop’. Untuk lagu yang seringan ini dilatari musik sedemikian riweuh adalah contoh ironi yang positif. Jika memberikan keleluwasaan bagi Kelly untuk menjangkau nada tinggi dan mempertahannya, ia akan mencuri perhatian sepenuhnya, tanpa menyisakan sama sekali. “Korban” Kelly sudah banyak. Jason Aldean, Blake Shelton, hingga Jewel. Maka Kelly dijinakkan dalam ‘Little Green Apples’, sehingga ia bisa menyalurkan nyanyian sendu dan menampilkan dimensi lain dari kolaborasi yang ia punya.

Lagu yang paling matching dengan sosok Robbie adalah dua lagu terakhir dengan judul ‘If I Only Had A Brain’ dan ‘No One Like A Fat Pop Star’. Both are so him, dari judulnya. Tapi ketika mendengarkannya, bersiaplah untuk jatuh cinta pada nyanyia loungey yang teduh dan menghanyutkan yang siapa sangka kalau Robbie ternyata punya! Ya, dia punya!

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy single on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Shine My Shoes” 3:23
2. “Go Gentle” 4:31
3. “I Wan’na Be Like You” (featuring Olly Murs) 3:31
4. “Swing Supreme” 3:17
5. “Swings Both Ways” (featuring Rufus Wainwright) 3:58
6. “Dream a Little Dream” (featuring Lily Allen) 3:33
7. “Soda Pop” (featuring Michael Bublé) 3:19
8. “Snowblind” 3:19
9. “Puttin’ on the Ritz” 2:32
10. “Little Green Apples” (featuring Kelly Clarkson)3:16
11. “Minnie the Moocher” 3:41
12. “If I Only Had a Brain” 3:52
13. “No One Likes a Fat Pop Star” 2:52

Related posts

Leave a Reply