Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – 2013 The Hotttest
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – 2013 The Hotttest 

Released by: Universal Music Indonesia

Lagu-lagu terbaik yang mewakili perjalanan musik setahun penuh dikompilasi oleh Universal Music. “2013 The Hottest” adalah catatan rekaman penuh warna dan cerita yang pantas kita koleksi. Padu padan musik, mulai dari pop, dance, rock, alternative, R&B,hingga hip-hop kompak memberikan kesenangan bagi para pendengar album ini.

Mulai dari Katy Perry hingga Paris Hilton, album ini tergolong sukses merangkum kondisi musikal tahun 2013. ‘Roar’ dipilih sebagai track pembuka, menjanjikan 100% fun dan fabulous. Si anak baru, Lorde yang juga memberikan kompetisi sengit dalam rentang waktu tersebut menyediakan ‘Royals’ di album ini. Estrogen masih mengalir sampai track selanjutnya, ‘Applause’ dari Lady Gaga. Visi baru yang ia punya dalam “ARTPOP” merupakan salah satu cerita paling membekas di 2013.

Dalam rentang waktu 12 bulan, jelas banyak rilisan musik dari para artis. Merangkumnya di akhir tahun sering kali melupakan karya-karya yang tampil di awal-awal. But hey, kompilator tidak lupa akan kebesaran hit ‘Scream & Shout’ dan mengikutsertakan dua superstar will.i.am. dan Britney Spears di album ini.

Yang disayangkan adalah pemilihan beberapa lagu dinilai kurang tepat, karena mereka punya hit dengan skala yang lebih dahsyat dari yang tersedia disini. Imagine Dragons ‘Demons’, Robin Thicke ‘Give It 2 U’ (feat. Kendrick Lamar), Fall Out Boy ‘The Phoenix’, Demi Lovato ‘Made In USA’, dan Selena Gomez ‘Slow Down’ berhasil terpilih, padahal ‘Radioactive’, ‘Blurred Lines’, ‘My Songs Know What You Did In The Dark (Light ‘Em Up)’, ‘Heart Attack’, dan ‘Come & Get It’ lebih memberi dampak. Jika alasan kompilator adalah untuk menampilkan track yang lebih current, atau mereka menganggap lagu-lagu tersebut sudah lelah, maka sebaiknya tidak menggunakan 2013 sebagai tajuk utama album. Lihat One Republic, ‘Counting Stars’ adalah pilihan yang tepat. Lagu ini membuat nama mereka kembali tampil di jajaran 10 besar tanggal lagu Billboard.

Saya suka usaha kompilator untuk menciptakan dinamika dalam album ini. Mereka membawa Tiesto, Paris Hilton, Placebo, dan juga RAC untuk ikut memeriahkan pagelaran musik di 2013. Penyandingan dengan Maroon 5, Thirty Seconds To Mars, Drake, Avicii dan juga Jessie J menyeimbangkan pandangan objektif dan subjektif dalam pengadaan album.

Bagi para kolektor, mendapatkan album fisik adalah hal yang krusial, mempertimbangkan peranan digital yang sudah mulai menggusur fisik. Untuk itu, menemukan ‘Heartbreaker’ dari Justin Bieber di album ini adalah sebuah keistimewaan. Single itu hanya tersedia di alam digital, bahkan album “Journals” pun hanya beredar di iTunes. Maka memegang album dengan single tersebut di dalamnya adalah kepuasan tersendiri. (Psssttt… Pemasangan track Bieber dan Selena yang bersebelahan tampak sedikit provokatif).

The mind blowing album. Inilah slogan “2013 The Hottest”. Di satu sisi memang terdengar demikian. Tapi di sisi lain, album ini masih belum sanggup dikatakan berhasil mewakili kilasan musik 2013. Dan UMI sebagai produsen album harus lebih hati-hati dalam penempatan nama, gambar, dan tulisan di album ini. Nama Ariana Grande muncul di cover album, foto Ellie Goulding tampak di tracklist, dan tulisan ‘Slow Down’ bersebelahan dengan nama Avicii. Ketiganya adalah error yang seharusnya tidak terjadi.

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Roar – Katy Perry
2. Royals – Lorde
3. Applause – Lady Gaga 3:32
4. Scream & Shout (feat. Britney Spears) will.i.am
5. Demons – Imagine Dragons
6. Love Somebody – Maroon 5
7. Do Or Die – Thirty Seconds to Mars
8. Counting Stars – OneRepublic
9. Heartbreaker – Justin Bieber
10. Slow Down – Selena Gomez
11. Slow Down – Avicii
12. Take Me – Tiesto feat Kyler England
13. Give It 2 U (feat. Kendrick Lamar) Robin Thicke
14. Hold On, We’re Going Home (feat. Majid Jordan) – Drake
15. Made in the USA – Demi Lovato
16. Let Go RAC feat Kele & MNDR
17. Loud Like Love – Placebo
18. The Phoenix – Fall Out Boy
19. It’s My Party – Jessie J
20. Good Time – Paris Hilton ft Lil Wayne

Related posts

Leave a Reply