Trending News

Blog Post

Album of the Day: Il Divo – A Musical Affair
Album of The Day

Album of the Day: Il Divo – A Musical Affair 

Released by: Sony Music Indonesia

Kesuksesan Il Divo sejauh ini bukan sekedar eksistensi, tapi juga kebesaran nama mereka dengan segudang karya yang menjadi warisan blantika musik. Pop, klasik, Natal, balada cinta, dan sekarang “A Musical Affair“, koleksi lagu-lagu dari pementasan drama musikal populer yang mereka bawakan dengan gaya khas pop operatik. 11 lagu terpilih adalah karya besar yang tersebar dari berbagai era dengan persamaan klasik, menampilkan kolaborasi yang menakjubkan, mulai dari Nicole Scherzinger hingga Barbra Streisand. “Musical” memberi penawaran menarik dalam pengalaman musik sinematik yang didramatisir. Didukung oleh Bratislava Symphony Orchestra, totalitas kemegahan musik mengalir dari awal hingga akhir.

Kehadiran Nicole Scherzinger dalam tantangan opera di lagu ‘Memory’ ternyata tak kalah dengan yang lebih berpengalaman seperti Heather Hedley di lagu ‘Can You Feel The Love Tonight’ maupun Kristin Chenoweth untuk ‘All I Ask Of You’. Mereka bukan hanya berbagi peran dengan Il Divo di bagian verse, tapi juga menghadirkan harmonisasi terbaik dalam bagian chorus.

Twist yang dilakukan adalah seperti yang biasa Il Divo hadirkan. Mereka menyadur lagu-lagu berbahasa Inggris ini ke dalam bahasa-bahasa laain dan menampilkan lagu dalam Bahasa Italia maupun Latin. Personel yang berasal dari negara-negara yang berbeda memungkinkan penguasaan multi bahasa tersebut. Perihal demikian terjadi dalam ‘Can You Feel The Love Tonight’, ‘Bring Him Home’, dan ‘Who Can I Turn To?’. Mereka dimanfaatkan sebagai breath of fresh air ataupun suntikan penyegaran dalam album.

My personal favorite adalah ‘If Ever I Would Leave You’. Saya selalu suka dengan lagu ini, dalam versi siapapun! Yang Il Divo tawarkan dalam versi mereka adalah klimaks di bagian akhir lagu. Terdengar bahwa mereka mengoptimalkan kemampuan demi mencapai titik puncak tuntutan lagu.

Sementara untuk Il Divo secara pribadi, keberhasilan album ini adalah saat mereka mampu mengajak Michael Ball dan Barbra Streisand. ‘Loves Changes Everything’ dan ‘The Music Of The Night’ menjadi plakat, bukti otentik keberhasilan tersebut. (Sayang saja, kolaborasi bersama Barbra berupa penampilan live mereka, bukan studio). Karya-karya besar dari pementasan seperti “Phantom Of The Opera”, “Les Miserables”, “West Side Story”, dan lainnya dipoles dengan kemerdekaan ekspresi. “A Musical Affair” menggabungkan para penggemar musikal dan penggemar grup vokal ini dalam satu suara.

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Memory feat. Nicole Scherzinger 4:27
2. Can You Feel the Love Tonight feat. Heather Headley 4:07
3. Bring Him Home 3:24
4. Tonight 2:49
5. All I Ask of You feat. Kristin Chenoweth 4:28
6. Some Enchanted Evening 3:14
7. Who Can I Turn To? 3:27
8. Who Wants to Live Forever 3:35
9. You’ll Never Walk Alone 3:38
10. If Ever I Would Leave You 3:02
11. Love Changes Everything Michael Ball and Il Divo 3:47
12. The Music of the Night (Live in Concert) Barbra Streisand with Il Divo 4:16

Related posts

Leave a Reply