Trending News

Blog Post

Valentine Special: Girlband’s 10 Love Songs
Single of The Day

Valentine Special: Girlband’s 10 Love Songs 

Apa yang cinta ajarkan untuk kita? Bertahan hidup, pengertian, kesediaan, kepercayaan diri, dan masih banyak lagi. Ada 10 yang teristimewa di Valentine tahun ini, yang CreativeDisc ramu dalam Girlband’s 10 Love Songs untuk menghias hari penuh cinta dengan beragam warna.

10. Little Mix – DNA
Dari album: “DNA”
2012

Diskografi single dari Little Mix agak minim untuk kata cinta. Kebanyakan, mereka mengeluarkan lagu-lagu dengan kekuatan lirik dalam urusan pemberdayaan, empowerment. Keberadaan mereka layaknya panduan hidup bagi para remaja putri. Entah itu untuk pencarian jati diri, maupun interaksi dengan kehidupan sosial, LM banyak berjasa bagi generasi muda saat ini. Nah, dari angka yang minim tersebut, ada ‘DNA’, single kedua yang LM rilis dari debut album mereka dengan judul serupa. Kejeniusan single ini adalah penggunaan kosakata ilmiah dalam pencetusan ide terkait cinta dan obsesi. Gaya cinta khas remaja banget kan?

9. Destiny’s Child – Cater 2 U
Dari album: “Destiny Fulfilled”
2005

Dari yang remaja, kita beranjak ke yang dewasa. Trio Destiny’s Child yang tahun lalu merilis album kompilasi cinta, “Love” memasukkan single ini sebagai salah satu koleksinya. ‘Cater 2 U’ memang luar biasa. Ia kontras dengan single-single DC lain, seperti ‘Independent Women pt.2’ atau ‘Survivor’. Seolah mencari celah, single ini memiliki arti kuat dalam komitmen, menunjukkan ketulusan dan kesediaan sebagai tindak lanjut dari konsekuensi sebuah pilihan. Melodi yang indah berhiaskan vocal runs milik Beyonce juga menjadi warna tebal romansa yang ‘Cater 2 U’ punya.

8. Solid Harmonie – I’ll Be There For You
Dari album: “Solid Harmonie”
1997

Sebagai versi ceweknya Backstreet Boys dan ‘NSync, Solid Harmonie tergolong kurang sukses. Mereka digawangi oleh tim manajemen yang sama, Lou Pearlman, juga produser dan penulis lagu yang serupa, Max Martin dkk, tapi tak mendapat kesempatan untuk meledakkan sukses sepadan. Tapi dalam kritik negatif tersebut, SHE justru sempat menelurkan lagu-lagu yang timeless yang difavoritkan oleh penikmat musik di zamannya, dari sejak dirilis hingga saat ini. ‘I Want You To Want Me’, ‘To Love Once Again’, dan yang paling memorable, ‘I’ll Be There For You’ ini. Musik yang renyah, lirik yang catchy, dan dance move yang sedehana merupakan kekuatan single ini yang membuatnya punya umur keabadian, sama dengan cita-cita dalam membangun sebuah hubungan.

7. Honeyz – Finally Found
Dari album: “Wonder No.8”
1998

Banyak yang sukar membuat frase cinta yang tidak biasa, tapi tetap saja berusaha, supaya tidak dibilang klise ataupun gombal dalam ungkapan cinta mereka. Tapi Honeyz tak memedulikan hal tersebut, dan tetap menggunakan “I finally found what I’ve been looking for” sebagai plakat cinta mereka. Lagu R&B, soul yang lembut dan intim ini menambah gairah cinta untuk mengalir deras dalam melodinya. Mode blazer yang diperkenalkan sebagai signature style girlband ini dalam ‘End of the Line’ kalah klasik dalam tatanan cinta yang dibangun oleh ‘Finally Found’.

6. B*Witched – To You I Belong
Dari album: “B*Witched”
1998

Menjelang Natal 1998, B*Witched mengeluarkan single penuh cinta, ‘To You I Belong’ dengan penampakan suasana yang dingin membeku dalam video musiknya. Ini merupakan single yang paling memorable dari group vokal asal Irlandia ini. Kekuatannya tak hanya terletak di lirik yang gamblang mengeksploitasi cinta sebagai bahan dasarnya, tapi juga musik yang terpengaruh dengan gaya tradisional menjadikannya unik. Masih dengan dominasi Edele di vokal utama, single ini pun berhasil menempatkan B*Witched di puncak tangga lagu UK untuk ketiga kalinya.

>5. All Saints – Black Coffee
Dari album: “Saints & Sinners”
2000
Lagu cinta terbaik sering hadir dari patah hati. Lihat Adele, ia berhasil membangun kekuatan baru dari porak-porandanya hidup akibat patah hati. Begitu juga dengan All Saints, mereka berhasil memproduksi cinta dari sebuah patah hati. ‘Black Coffee’ yang merefleksikan problematika sebuah hubungan justru mengungkap rasa cinta sepenuh hati yang terkubur di dalamnya. Ironis, dramatis. Single ini menawarkan cinta yang kelam, sedikit tergeser dari kilauan indahnya. Dalam kompleksitas tersebut, bukan hanya cewek-cewek All Saints yang dinilai sanggup memberi variasi musik dalam karir mereka, tapi juga William Orbit atas ke-bizarre-an yang tercipta lewat musiknya. Jenius.

4. The Bangles – Eternal Flame
Dari album: “Everything”
1989

Yang satu ini bisa jadi yang terpopuler dalam daftar. Sebelum ‘Eternal Flame’ diperkenalkan di era yang lebih modern oleh Human Nature (1999), Atomic Kitten (2001), dan “Pitch Perfect” (2012), lagu ini pada dasarnya sudah menjadi hit populer oleh The Bangles. Cinta yang mereka miliki ibarat nyala api yang tak kunjung padam. Impossible, tapi itu yang diusahakan. Cerita gila di balik penciptaan single ini adalah ternyata kunjungan yang dilakukan oleh pencipta lagunya, Susanna Hoffs dan Billy Steinberg ke Graceland dan Palm Springs dalam kesempatan berbeda.

3. Atomic Kitten – Whole Again
Dari album: “Right Now (Re-Issue)”
2001

Di debut albumnya saja, Atomic Kitten sudah mengalami pergantian personel. Tapi ternyata itu semua demi kebaikan, karena cerita Atomic selanjutnya merupakan kesuksesan dalam level yang lebih tinggi. Dalam formasi awal, lagu ini direkam dalam versi single yang sama dengan album. Tapi saat posisi Kerry digantikan oleh Jenny, baik lagu maupun video dibuat ulang untuk menampilkan Atomic dengan wajah baru. Sampai sekarang, ‘Whole Again’ tercatat sebagai single paling sukses yang grup ini punya. Hadir dengan kekuatan cinta, hubungan yang terjalin mengembalikan keutuhan. ‘Whole Again’ menjelma dari sebuah lagi transisi menjadi hit terbaik dalam karir Atomic.

2. Spice Girls – 2 Become 1
Dari album: Spice
1996

Sulit mempertahankan hubungan profesional dalam jalinan profesional. Tanyakan hal tersebut pada Geri Halliwell, satu dari lima rempah di grup ini. Jalinan asmara yang ia punya dengan pencipta lagu untuk Spice Girls, Matt Rowe menginspirasi ‘2 Become 1’. Aaah, ternyata dari sana kesan alamiah yang lagu ini punya. Kelima Spice yang immature dan rebel di single-single sebelumnya disulap menjadi supersensitif supaya ngena dengan pesan yang tersaji dalam single ini. Dan kapan lagi waktu yang tepat untuk menyajikan keintiman seperti ini selain menjelang libur akhir tahun. Spice merilis ‘2 Become 1’ just in time for Christmas. Skenario berulang yang dimanfaatkan oleh B*Witched dan juga S Club 7 ‘Never Had A Dream Come True’.

1. The Pussycat Dolls – Stickwitu
Dari album: PCD
2005

Publik tidak pernah underestimate ke grup ini. Eksistensi mereka sudah mulai sejak tampil di atas panggung dari klub kecil hingga ke venue yang lebih besar. Kesempatan untuk tampil di arena yang jauh lebih hebat dari sebelumnya, menjadi artis rekaman ternyata direspon dengan sangat baik oleh penikmat musik dunia. Single ‘Don’t Cha’ yang sassy dan flirty menjadi tonggak awal kesuksesan The Pussycat Dolls, dan itu berlanjut dengan ‘Stickwitu’ yang menempatkan mereka pada performa vokal kelas wahid. So, they’re here not only for the dance routine, but also for the sake of the vocal. Nicole Scherzinger yang memimpin kelima gadis lainnya dalam single ini memupuk keutuhan kisah asmara yang sangat tepat dijadikan lagu tema cinta setiap pasangan yang sedang berbunga-bunga.

Selamat hari kasih sayang buat semua. Cinta memang bukan buat satu hari saja, tapi tidak ada salahnya ada sesuatu yang istimewa dimana kita mengingat cinta tanpa definisi lain mengontaminasinya.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply