Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – EDM Anthems 2014
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – EDM Anthems 2014 

Released by: Warner Music Entertainment

EDM atau Electronic Dance Music, saat ini memang tengah mewabah. Well, sebenarnya skena musik dansa memang sudah menjadi bagian sejarah musik itu sendiri. Akan tetapi musik dansa dalam konteks elektronika mungkin baru beberapa dekade terakhir ini menjadi signifikan dalam membentuk kultur EDM itu sendiri. Setelah berkembang dengan cukup pesat, dan dengan variasi sub-genre yang cukup luas, mulai dari house, techno, UK-garage, trance, dub-step, drum & bass dan lainnya, saat ini EDM pun menjadi bagian dari musik pop itu sendiri dan tidak hanya bisa dinikmati oleh kalangan terbatas.

Dengan banyaknya single-single hits yang mengusung EDM, jelas jika saat ini ia bisa disebut berada di tengah puncak kejayaanya. EDM juga memberi kita beberapa nama musisi/DJ yang menorehkan nama cemerlang di industri musik. Tidak heran jika kemudian hadir album kompilasi yang merangkum apa yang menjadi komoditi panas di skena EDM saat ini, termasuk album EDM Anthems 2014 ini.

Berhubung tahun 2014 juga masih cukup dini, tentunya lagu-lagu yang terdapat dalam album ini sebenarnya mencakup rilisan tahun 2013 dan juga 2012 yang lalu. Akan tetapi dengan kemasan dua keping CD, tentunya materi yang ditawarkannya sangat berlimpah dan bisalah disebutkan mencatat perjalanan musikal EDM sepanjang tahun terakhir ini.

Keping pertama diisi oleh banyak nama populer dan juga single-single yang tak kalah populer. Sebut saja Titanium dari David Guetta yang menampilkan vokal Sia. Istimewanya, track ini diremiks oleh nama populer lainnya, Alesso, yang juga menyumbangkan remiks lagu OneRepublic, If I Lose Myself. Ada juga Tiesto yang mengerjakan remiks dari hits Icona Pop dan Charli XCX, I Love It. Sedang Zedd mengerjakan remiks dari hits Swedish House Mafia, Save the World.

Jangan kuatir, remiks-meremiks ini hadir hanya di beberapa track awal, karena berikutnya album banyak diisi oleh lagu-lagu orisinil, seperti We’ll Be Coming Back-nya Calvin Harris, Take Me Home dari Cash Cash, Take Over Control dari Afrojack, Dance the Pain Away dari Benny Benassi, Superlove dari Avicii dan banyak lagi.

Begitu banyaknya hits single dan nama populer yang mengisi keping pertama dari album EDM Anthems 2014 ini sehingga terkadang lebih mirip album kompilasi top 40 ketimbang EDM itu sendiri. Barulah memasuki keping kedua, album diisi oleh track-track yang cukup obscure dan nama-nama yang mungkin tidak terdengar awam oleh penikmat musik pop, namun pastinya cukup dikenal oleh penikmat EDM sejati.

Lagu-lagu yang mengisi keping kedua ini juga cenderung lebih setia dengan EDM yang diusungnya tanpa harus memasukkan embel-embel pop. Namun bukan berarti tidak kalah mengasyikan untuk disimak, malah mungkin untuk kalangan puritan EDM, track-track inilah yang justru terdengar lebih pas dalam mengusung semangat EDM tadi.

Memang masih ada tercatat nama-nama seperti Martin Garrix (Animal), Knife Party (Lrad), Toulouse (Nicky Romero) atau Miike Snow (Devil’s Work), namun CD II dipopulasi oleh track-track yang diusung oleh musisi seperti Showtek (Booyah), Quintino & Alvaro (World in Our Hands), Marcel Woods (Bring it Back), Ivan Gough, Walden & Jebu (Home) dan banyak lagi yang menjanjikan petualangan EDM yang memuaskan pendengaran dan juga tubuh yang bergoyang.

Mungkin masih terlewat beberapa nama penting atau single yang terlewat jika menilik konsep 2014 seperti dalam judul album, akan tetapi dengan amunisi 2 keping CD yang berisi 34 lagu, jelas EDM Anthems merupakan album yang cukup kaya serta cukup komprehensif dalam merangkum perkembangan EDM selama beberapa tahun terakhir ini.

EDM Anthems 2014 jelas merupakan sebuah album yang sayang untuk dilewatkan, baik untuk penikmat EDM itu sendiri ataupun pendengar musik secara umum yang ingin melongok trend EDM yang saat ini sedang berada dalam masa keemasaannya.

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
CD 1
1. Titanium (Alesso Remix) David Guetta & Sia 6:43
2. I Love It (feat. Charli XCX) [Tiesto Remix] Icona Pop 5:10
3. If I Lose Myself Alesso & OneRepublic 3:31
4. This Is What It Feels Like (feat. Trevor Guthrie) [Radio Edit] Armin van Buuren 3:23
5. Save the World (Zedd Remix) Swedish House Mafia 6:12
6. We’ll Be Coming Back (feat. Example) Calvin Harris 3:56
7. Apollo (feat. Amba Shepherd) [Radio Edit] Hardwell 3:29
8. Take Me Home (feat. Bebe Rexha) Cash Cash 3:25
9. Take Over Control (feat. Eva Simons) [Radio Edit] Afrojack 3:28
10. In My Mind (feat. Georgi Kay) [Axwell Radio Edit] Ivan Gough & Feenixpawl 3:05
11. Dance the Pain Away (feat. John Legend) [Dyro Remix] Benny Benassi 3:37
12. Call Me a Spaceman (feat. Mitch Crown) [Radio Edit] Hardwell 3:09
13. Get Up (Rattle) [feat. Far East Movement] [Vocal Edit] Bingo Players 2:46
14. Skydive (feat. Maiday) Chuckie 3:37
15. First Day Walden 3:16
16. Superlove (Radio Edit) Avicii & Lenny Kravitz 2:59
17. Smile Galantis 4:04

CD 2
1. Animals (Radio Edit) Martin Garrix 2:56
2. Booyah (feat. We Are Loud & Sonny Wilson) [Radio Edit] Showtek 3:35
3. Kick Out the Epic Motherf**ker (Extended Vocal Mix) Dada Life 5:50
4. Tsunami (Radio Edit) DVBBS & Borgeous 3:06
5. How We Do Hardwell & Showtek 5:26
6. Home (feat. Penelope Austin) Ivan Gough, Walden & Jebu 6:28
7. Mammoth (Radio Edit) Dimitri Vegas, MOGUAI & Like Mike 2:40
8. Lrad Knife Party 5:15
9. World In Our Hands (Radio Edit) Quintino & Alvaro 3:09
10. The Code (Radio Edit) W&W & Ummet Ozcan 2:45
11. Wizard Martin Garrix & Jay Hardway 3:22
12. Project T (Edit) Dimitri Vegas & Like Mike & Sander van Doorn 3:21
13. Bring It Back (feat. Vanbot) Marcel Woods 4:55
14. Toulouse (Radio Mix) Nicky Romero 3:05
15. Collapsar (Radio Edit) Dirty Shade & Hard Rock Sofa 2:55
16. Devil’s Work (Dirty South Remix Edit) Miike Snow 4:07
17. Harlem Shake Baauer 3:17

Related posts

Leave a Reply