Trending News

Blog Post

Album of the Day: Candice Glover – Music Speaks
Album of The Day

Album of the Day: Candice Glover – Music Speaks 

Kontrak rekaman dapat berarti ajang pembuktian bagi pemenang American Idol atas identitas dirinya melalui musik. Candice Glover ingin berlaku demikian dengan debut albumnya, “Music Speaks“. Album dengan 11 track ini mengelupas diri dan kemampuannya, serta visi dalam membentuk brand di blantika musik internasional. Semua ini sudah terasa sejak ‘Cried’ muncul menjelang akhir 2013 lalu. Single R&B karya Jazmine Sullivan yang diproduseri oleh The Underdogs ini menayangkan Candice pada kondisi idealismenya.

Cetak tebal brand programming yang hendak Candice capai sepertinya diamini oleh label sebagai penyedia jalur perwujudan impiannya. Some tracks instantly felt so indulgent; ‘Same Kinda Man’, ‘Damn’, and ‘Coulda Been Me’, meskipun mereka sebenarnya tercipta oleh nama-nama top pop seperti Harvey Mason, Jr., Ester Dean, maupun Darkchild. Apa yang terjadi disini adalah mereka menyerahkan produk yang menjorok pada warna Candice, bukan yang akan mereka kondisikan untuk sang artis. Dari situ, ‘Die Without You’ dan ‘In The Middle’ dengan mudahnya stand out atas dasar kontras musik; mereka terasa lebih mencolok dibanding yang lain.

Catatan yang pernah Candice buat saat try out AI di season 9 adalah komentar Simon Cowell yang menyebut dirinya tak lebih dari seorang penyanyi lounge. Sebagai credit, ia memang memaksimalkan potensi untuk “memanjakan” pendengar dalam hiasan runs dan improvisasi; ‘Kiss Me’ dan ‘Love Song’. Hal ini membuatnya kesulitan untuk menjadi story teller yang baik, karena terlalu terpaku pada permainan vokal daripada pendekatan emosional. Efek sampingnya adalah, kisah dalam ‘Forever That Man’ menjadi sulit untuk dipercaya.

Jika ada hal baik yang dapat saya lakukan untuk album ini tak lain dan tak bukan adalah merokemendasikan track yang bisa mendapat beberapa putaran di player kalian. Untuk itu, pilihan jatuh pada ‘Thank You’ dan ‘In The Middle’. Perbedaan gaya dari kedua track ini merupakan cara pandang lain kepada Candice. Supaya ada kesimpulan berbeda selain kenyataan pahit bahwa album ini gagal dalam pencapaian komersil, yaitu Cancide bicara musik secara multidimensional.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Cried” 3:20
2. “Die Without You” 4:04
3. “Same Kinda Man” 3:58
4. “Damn” 3:43
5. “Passenger” 4:36
6. “Forever That Man” 4:12
7. “Kiss Me” 4:36
8. “In the Middle” 3:51
9. “Coulda Been Me” 3:32
10. “Thank You” 3:57
11. “Love Song” 4:43

Related posts

Leave a Reply