KIG Live, Promotor Musik Baru yang Siap Datangkan Lineup Spesial dan Beda

Oleh: luthfi - 12 Jul 2023

Promotor baru bernama KIG Live yang merupakan bagian dari One Hundred Percent (OHP) mempunyai caranya sendiri ketika mereka ingin membawakan musisi atau artis yang mereka suka untuk tampil di Indonesia. Mereka membawakan artis yang mempunyai niche penontonnya sendiri dan mempunyai komunitas penggemar artis yang kuat juga. Hal ini dibuktikan dengan dua artis yang akan diboyong ke Jakarta yaitu CRUSH solois R&B asal Korea Selatan yang mempunyai basis penggemar yang solid berkat mencampurkan sound R&B dan hip hop dengan unsur jazz serta legenda indie rock Jepang Asian Kung-Fu Generation (Ajikan) yang terkenal di pecinta anime dan musik Jepang berkat banyak menyanyikan lagu tema untuk anime super populer seperti Naruto, Bleach, Fullmetal Alchemist, Boku no Hero Academia, Boku Dake ga Inai Machi dan menjadi inspirasi besar untuk anime populer saat ini di internet yaitu Bocchi The Rock. Crush rencananya akan tampil di tanggal 8 Agustus 2023 di The Kasablanka Hall Jakarta dan Asian Kung-Fu Generation akan tampil di tanggal 18 Agustus 2023 di Tenis Indoor Senayan.

Pemilihan kedua artis tersebut sebagai artis pembuka yang akan mengawali KIG Live sebagai promotor dikarenakan basis penggemar keduanya sangat solid di komunitasnya dan sudah sangat menunggu penampilan solo mereka di Jakarta terutama Ajikan yang akan main untuk pertama kalinya di Jakarta dan akan menjadi penampilan Ajikan satu-satunya di Asia Tenggara dan tidak akan berhenti di manapun selain di Jakarta. KIG Live percaya akan komunitas musik dan fanbase ketimbang menyuguhkan apa yang sedang ramai di pasar saat ini ketika mereka berbicara tentang hal itu di acara peluncuran KIG Live. “Merupakan suatu kehormatan untuk memulai kehadiran KIG Live dengan dua konser yang ikonik seperti CRUSH dan Asian Kung-Fu Generation. Kami berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman live show terbaik kepada penggemar dari semua genre." ungkap Rendra R. Saputra selaku CEO KIG Live. Mereka benar-benar menyeriusi hal itu di tengah sentiment promotor atau EO “bodong” yang akhir-akhir ini banyak bermunculan, tidak tanggung-tanggung mereka sudah siap memboyong tiga artis yang mempunyai basis penggemar yang kuat sampai akhir tahun ke Jakarta dan mereka mempunyai roadmap konser yang sangat seru di tahun berikutnya. Menurut mereka akan ada konser dari artis Jepang dan juga artis rock luar negeri yang sudah mereka siapkan pasca Mei 2023 yang masih dalam tahap negosiasi. 

Dalam acara peluncuran KIG Live mereka juga langsung menghadirkan Asian Kung-Fu Generation secara langsung melalui Zoom dan berbicara banyak hal dengan teman-teman media mulai dari persiapan konser sampai ke seluk beluk tentang Ajikan itu sendiri sebagai tanda bahwa KIG Live menjamu dengan suguhan artis yang memang sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. Masafumi Gotoh yang merupakan vokalis dan motor utama dari Ajikan sendiri mengaku sangat senang untuk bermain pertama kalinya di Indonesia bahkan sampai melayangkan permohonan maaf karena harus menunggu lebih dari 20 tahun semenjak debut mereka untuk bisa tampil di Indonesia. 

“Pokoknya pakai pakaian apapun sesuka hati kalian sewaktu nonton kami tampi asal jangan ditangkap polisi aja”, ungkap Gotoh sambil tertawa ketika ditemui secara virtual. Di dalam acara yang sama Ajikan sendiri juga mengungkapkan bahwa mereka sangat bersyukur bisa mendapat kepopuleran di luar Jepang berkat lagu tema anime yang mereka bawakan dan memang Ajikan sendiri menjadi legenda di kalangan pecinta anime berkat membawakan lagu-lagu anime dengan gaya indie rock mereka yang cepat, keras dan melodius (buat saya “Haruka Kanata” masih menjadi lagu tema anime terbaik sepanjang masa karena kapan lagi mendengar melodi Pixies era album Doolittle, pemberontakan Weezer dalam album Pinkerton dan unsur post punk yang cepat dan penuh amarah ala Manic Street Preachers di era album The Holy Bible di dalam sebuah anime shonen yang target utama pasarnya adalah anak umur 10 – 18 tahun). “Kalau ada tim produksi anime nawarin kita untuk bikin lagu pasti mereka maunya minta dibikinin lagu yang sound¬-nya bener bener Ajikan banget dan selalu begitu di setiap lagu tema anime yang kita kerjakan.”, kata Gotoh. 

Pernyataan itu menjadi sebuah statement bahwa Ajikan memang sudah legenda di dunia mereka sendiri, mereka menjadi band indie rock Jepang pertama yang membuka jalur band indie rock Jepang lainnya di luar negeri untuk mendapatkan penggemarnya melalui lagu tema anime yang mereka bawakan dan KIG Live siap menampung Ajikan dan memberikan kemampuan mereka semaksimal mungkin untuk membawakan berbagai macam legenda (termasuk Ajikan dan artis Jepang lainnya) untuk mengisi kekosongan hati penggemar mereka yang sudah rindu melihat artis mereka manggung secara langsung di depan mata mereka sendiri.


luthfi
More from Creative Disc