Trending News

Blog Post

Album of the Day: Raef – The Path
Album of The Day

Album of the Day: Raef – The Path 

Released by: Warner Music Indonesia

Kini penikmat musik religi bernuansa Islam kedatangan penyanyi baru sebagai alternatif pilihan. Raef, namanya. Pemuda Amerika berdarah Mesir kelahiran Washington DC, Amerika, 32 tahun lalu ini, menghadirkan sebuah album yang merupakan debutnya. Berjudul The Path, dalam album ini Raef mengajak para pendengarnya untuk memuja-muji Tuhan dengan segala RahmatNya.

Sebelum merilis album ini, Raef sebelumnya sudah cukup populer berkar cover versionnya terhadap berbagai lagu populer, seperti Friday-nya Rebecca Black, With You milik Chris Brown atau I’m Yours dari Jason Mraz. Tapi berbeda dengan biasanya, lirik lagu-lagu tersebut dirubah menjadi bernuansa Islam. Dan kini Raef beruntung karena berkesempatan untuk merilis sebuah album yang berisi materi orisinil.

Bermuatan 12 lagu, The Path memiliki kandungan musik pop yang tebal. Banyak lagu dalam album ini disusun berdasarkan materi pop yang kekinian. Sebut saja balada menyentuh berjudul No One Knows But Me. Iringan piano, drum dan string section yang menjadi latarnya bisa saja menjadi iringan dari lagu romansa biasa, tapi Raef justru memanfaatkannya untuk menjadi kesaksian dirinya akan kecintaanya kepada Tuhan.

Lantas ada nomor reggae ceria, So Real, yang dinyanyikan secara berduet dengan Maher Zain. Melodi manis dan lirik yang ceria menjadi kekuatan utama lagu ini untuk mengajak para pendengarnya tidak hanya merasa terhibur, tapi juga menangkap kandungan isinya. Sementara itu dalam The Path, yang juga menjadi judul album, Raef menghadirkan pop-rock yang tak kalah bersemangat dan ceria dalam menyampaikan maksud lagunya, yaitu perjuangan manusia menjalani hidup dan berpindahnya satu generasi ke generasi lainnya.

Tapi nuansa religi tidak melulu menjadi topik utama Raef dalam The Path. Coba simak track Dream, dimana Raef mengundang kita untuk membayangkan dunia yang bebas dari kelaparan, kesakitan, dan dimana semua orang memberikan waktu dan kekayaan mereka untuk membuat mimpi ini menjadi kenyataan.

Salah satu lagu yang paling mudah didengar dan bersemangat di album The Path adalah Home, sebuah lagu dimana Raef berbicara tentang identitas para Muslim yang tinggal di barat dan perasaannya yang kuat terhadap negaranya dan rasa memiliki negara yang memegang janji dan harapan untuk masa depan. Dengan cerdas mereferensi sejarah, simbol-simbol, dan nilai-nilai yang mencintai Allah dan negara, Home mencoba menjembatani pengertian antara orang Amerika dan umat Muslim dari negara-negara lain.

Meski begitu, The Path juga menyimpan beberapa nomor Nasyid dan Shallawat klasik yang diaransemen ulang untuk menjadi lebih kekinian. Maka ada The Bright Moon (Tala’al Badru), sebuah lagu Shallawat yang pastinya akan sangat familiar di telinga para Muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Uniknya, Raef mengimbuhi lagunya dengan lirik berbahasa Inggris agar terdengar lebih universal. Begitu juga dengan lagu klasik lain, Mawlaya, yang digubah Raef menjadi sebuah pop kreatif yang membuat lagunya menjadi segar.

Perpaduan antara klasik dan kontemporer yang mewarna The Path ini sebenarnya sudah bisa diduga semenjak track pembuka Peace & Blessings. Beat pop yang ceria menjadi landasan lagu, akan tetapi dalam chorusnya Raef justru menghadirkan Shallawat sebagai bangunan utama. Menyenangkan untuk didengar, sekaligus menggugah.

You’re There mengingatkan kita semua akan ketergantungan kita pada Allah di saat suka maupun duka. Sementara itu, Freedom Ain’t Free merupakan penghormatan pada mereka yang bertahan menghadapi kejahatan dan bahaya untuk kebebasan dan keadilan. Lagu ini juga dilengkapi oleh penyanyi rap berbakat Nano Omar, memberikan nuansa segar di lagu yang bersemangat ini.

Album The Path merefleksikan kebanggaan Raef sebagai seorang Muslim dari Amerika dan membawa lagu Islam yang modern untuk memasukkan pesan mengenai cinta, nostalgia, dan harapan. The Path membawa musik yang jauh di depan dan membuka pintu baru untuk inspirasi dan keajaiban. Kombinasi unik music dan lirik yang segar membawa kita ke dalam perjalanan spiritual yang dalam dan memberikan kita lagu dalam “Path” (jalan) kita menuju Allah.

Dengan segala kelebihannya, jelas Raef dengan The Path-nya memberi sesuatu yang segar dalam musik religi Islam dan layak untuk disimak.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Peace & Blessings” 3:40
2. “The Bright Moon (Tala’al Badru)” 4:37
3. “So Real” (feat. Maher Zain) 4:02
4. “You Are the One” 3:38
5. “Home” 3:07
6. “No One Knows but Me” 4:00
7. “The Path” 3:43
8. “Mawlaya” 4:01
9. “Call on Him” 3:51
10. “Freedom Ain’t Free” (feat. Nano Omar) 3:27
11. “Dream” 4:49
12. “You’re There” 3:20

Related posts

Leave a Reply