Trending News

Blog Post

Album of the Day: Aretha Franklin – Aretha Franklin Sings the Great Diva Classics
Album of The Day

Album of the Day: Aretha Franklin – Aretha Franklin Sings the Great Diva Classics 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Perkembangan musik cover sangat mempengaruhi industri ini, sehingga para eksekutif pun banyak ingin bermain dalam konsep tersebut. Tak terkecuali Clive Davis yang dengan berani menuntut Aretha Franklin untuk membawakan ulang lagu-lagu klasik dan populer yang tak kalah klasik dengan dirinya. “Aretha Franklin Sings the Great Diva Classics” pun tercipta dengan 10 lagu di dalamnya. Menyanyikan yang terbaik dari beragam era, karakter Aretha tersadur sempurna dalam karya yang hadir dari lintas waktu tersebut.

Mulai dari yang sepuh seperti Barbra Streisand hingga yang masih segar seperti Adele, this queen of soul is up to any challenge. Karakter yang ia punya mampu melibas setiap track dan mengikat mereka pada satu genre yang menjadi spesialisasinya: soul. Kehidupan setiap lagu terasa setiap kali erangan yang ia punya ditunjukkan sebagai komposisi utama dari penyaduran ini. ‘At Last’ dan ‘Midnight Train to Georgia’ menembus batas yang mungkin terbentuk dari versi-versi sebelumnya.

Yang bisa membuat pendengar tergila-gila terhadap album ini adalah track-track yang diproduksi secara istimewa dan diklaim dengan embel-embel “The Aretha Version”. Yang pertama adalah ‘Rolling in the Deep’. Hit besar Adele ini secara magis berasimilasi dengan ‘Ain’t No Mountain High Enough’ dan lahir menjadi sosok baru dengan level passion yang berbeda. Kedua, ‘I Will Survive’. Melodi yang dibawakan Aretha dengan vokalnya terdengar kurang nyaman pada kali pertama, tapi seiring berjalannya durasi, lagu disko ini menjadi liar. Infus ‘Survivor’ (Destiny’s Child) juga faktor penting yang mendukung kesuksesan lagu ini. Baik ‘Mountain’ maupun ‘Survivor’ tak diambil sebagai judul tambahan lagu, tapi untuk track 7, ‘I’m Every Woman’ bersanding sempurna dengan ‘Respect’, meskip tak dibagi porsi secara adil merata.

Merasa Aretha selalu oversing? Well, that’s her thing. Jika emosional berbentuk personal memuncak dalam ‘People’ versi Barbra, maka yang terjadi dengan Aretha adalah lengkingan supersonik yang dijamin membalik lagu 180 derajat. So, ‘People’ will never be the same again. Begitu juga dengan lagu-lagu lain. ‘No One’ dijiplak dengan memanfaatkan sound reggae yang sangat kental, berikut disko funk yang semakin funky dalam ‘You Keep Me Hangin’ On’. Dan walaupun tidak mudah untuk terkoneksi dengan beraneka ragam vibe di album, tapi tetap ada potensi untuk hal tersebut terjadi, setelah setidaknya tiga kali memutar album ini.

Thumbs up kepada para pelaku kreatif di balik album ini. André “3000” Benjamin, Clive Davis, Antonio Dixon, Kenny “Babyface” Edmonds, Terry Hunter, Eric Kupper, Harvey Mason, Jr., Dapo Torimiro, dan Wayne Williams. Tak melupakan kerja keras Aretha tentunya, yang mau dan mampu menciptakan nuansa baru terhadap lagu-lagu lama ini, dan menghidupkannya.

Music Video: Rolling in the Deep/Ain’t No Mountain
https://www.youtube.com/watch?v=Bl8iBkjnRdA

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “At Last” (originally performed by Etta James) 3:53
2. “Rolling in the Deep (The Aretha Version)” (originally performed by Adele) 4:00
3. “Midnight Train to Georgia” (originally performed by Gladys Knight and the Pips) 4:21
4. “I Will Survive (The Aretha Version)” (originally performed by Gloria Gaynor) 4:31
5. “People” (originally performed by Barbra Streisand) 4:04
6. “No One” (originally performed by Alicia Keys) 4:01
7. “I’m Every Woman” / “Respect” (“I’m Every Woman” originally performed by Chaka Khan) 4:56
8. “Teach Me Tonight” (originally performed by Dinah Washington) 2:41
9. “You Keep Me Hangin’ On” (originally performed by The Supremes) 4:41
10. “Nothing Compares 2 U” (originally performed by The Family) 4:17

Related posts

Leave a Reply