Trending News

Blog Post

Album of the Day: Sebadoh – Defend Yourself
Album of The Day

Album of the Day: Sebadoh – Defend Yourself 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Sebadoh band lo-fi/indie rock yang membawa musik yang dibuat di garasi rumah dengan tape analog menjadi cetak biru untuk band rock setelahnya seperti Nirvana, Pavement, Yuck mengeluarkan album kesepuluhnya sekaligus menjadi album comeback mereka pada tahun lalu. “Defend Yourself” adalah judul album kedelapan dari band yang sekarang digawangi oleh Lou Barlow, Jason Loewenstein dan Bob D’Amico ini setelah sebelumnya sempat vakum selama 14 tahun setelah album “The Sebadoh” pada tahun 1999. Lou Barlow juga merupakan salah satu frontman dari band indie rock bernama Dinosaur Jr, yang sama populernya seperti Sebadoh.

“I Will” seolah mengembalikan nuansa indie rock ala 90an. “Love You Here”menyisipkan unsur blues dan Dinosaur Jr. “Beat” dan “Defend Yr Self” mengandalkan musik grunge yang sudah sedikit usang. “Oxygen” mempunyai suasana lo-fi terbukti dari vokal reverb di lagu ini. Mereka masih menyimpan energi raw seperti dulu pada track “Once” dan “Final Days”. Mereka mengulang nostalgia dengan memainkan track berdurasi pendek seperti “Inquiries” dan “Seperate” yang bernuansa alternative rock dengan riff gitar ala noise rock 90an. “State of Mine” mencoba mendifusikan antara garage rock era sekarang dengan efek lo-fi. “Can’t Depend” memainkan musik yang jangly. Mereka pun melunak dengan track folk di “Let It Out”. “Listen” adalah sebuah track alternative rock yang cukup ringan.

Pada album ini Sebadoh seolah ingin menghidupkan kejayaan masa lalu mereka dengan memasukkan banyak unsur 90’s alternative rock dan terkesan bernostalgia namun ada beberapa track yang berhasil mengadaptasikan dirinya menjadi terkesan baru dan fresh namun ada beberapa yang terkesan out of date sekalipun di genre indie rock. Album comeback dari Sebadoh ini seolah mengulang formula awal mereka dengan sedikit sound baru sehingga album ini seolah standar jika dibandingkan dengan album indie rock saat ini yang cenderung variatif. Sepertinya Sebadoh sedikit tidak bisa mengikuti perkembangan zaman dan masih tertahan di musik lama mereka.

Music Video: I Will

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy single on iTunes

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “I Will” 3:57
2. “Love You Here” 3:33
3. “Beat” 4:12
4. “Defend yr Self” 3:12
5. “Oxygen” 3:21
6. “Once” 2:55
7. “Inquiries” 2:01
8. “State of Mine” 3:44
9. “Final Days” 4:22
10. “Can’t Depend” 4:23
11. “Let It Out” 4:29
12. “Listen” 3:37
13. “Separate” 1:59

Related posts

Leave a Reply