Trending News

Blog Post

Jazz Goes To Campus 37: Living The Inspired Jazzperience, 30 Nov 2014
Music News

Jazz Goes To Campus 37: Living The Inspired Jazzperience, 30 Nov 2014 

Sebagai festival jazz tertua di Indonesia, Jazz Goes To Campus yang di selenggarakan oleh sekumpulan mahasiswa pecinta jazz, akan kembali di adakan pada 30 November 2014. Seri Jazz Goes To Campus yang ke-37 mengangkat tema “Living The Inspired Jazzperience” akan menghadirkan musisi-musisi jazz senior Indonesia. Jazz Goes To Campus bertekad memberikan pengalaman indah bagi seluruh penikmat musik jazz. Tagline “The Ultimate Jazzperience” juga diharapkan dapat menjadi symbol Jazz Goes To Campus ke-37 untuk menjadi seri terbaik dari tahun-tahun sebelumnya.

Sebelum di gelarnya acara puncak festival Jazz Goes To Campus ke-37, rangkaian acara akan dimulai dengan JGTC Opening dan Press Conference yang digelar 31 Oktober 2014 lalu yang secara simbolis membuka rangkaian acara The 37th Jazz Goes To Campus. Dilanjutkan JGTC Clinic yang ditujukan untuk peserta JGTC Competition, acara ini akan digelar pada 2 November 2014 di The Resonanz Music Studio and Entertainment, Kebayoran Baru, yang menghadirkan Agam Hamzah, Rayendra Sunito, Boby Limijaya dan Fajar Adi Nugroho yang akan membekali peserta JGTC Competition mengenai industry jazz di Indonesia dan kemampuan memainkan instrumen musik.

Rangkaian selanjutnya adalah JGTC Competition yang tergabung dengan JGTC Exhibition dan JGTC Choice Awards, yang telah sukses melahirkan musisi-musisi jazz baru yang telah di seleksi oleh juri-juri mumpuni dalam jazz, seperti Benny Likumahuwa, Rayendra Sunito, Riandy Kurniawan dan Boy Rhunos. JGTC Competition terdiri dalam dua babak, yaitu Qualification Round yang akan diadakan di Tribeca Central Park, Jakarta pada 8-9 November 2014 dan di Area Danau Kampus C Universitas Airlangga Surabaya pada 14 November 2014, dan Finaly round yang akan digelar di Piazza Gandaria City, Jakarta pada 23 November mendatang.

Diikuti dengan JGTC Roadshow yang akan digelar di Surabaya yang bekerja sama dengan Universitas Airlangga dan beberapa komunitas seperti ITS Jazz, Korek Jazz, C.TWOSIX Jazz Club, dan Fusion Jazz Community.

Jazz Goes To Campus juga akan memberikan JGTC Scholarship untuk mahasiswa FEUI yang membutuhkan, sebagai bentuk Social Responsibility. Dana untuk beasiswa ini didapatkan dari JGTC Gathering & Charity Night yang menjadi malam apresiasi donator dan panitia JGTC terdahulu, yang akan di gelar 15 November 2014 di Qi Dine and Lounge, The Sultan Hotel, dengan menampilkan Yemima Hutapea sebagai bintang tamu. Jazz Goes To Campus juga akan memberikan wadah bagi perkembangan komunitas jazz dalam JGTC Community Night yang akan di adakan di Airman Lounge, The Sultan Hotel pada 21 November 2014. Beben Jazz dari Komunitas Jazz Kemayoran dan Benny Mustapha di daulat sebagai bintang tamu di rangkaian ini.

Sejak 2007, Jazz Goes To Campus menggelar JGTC Choice Awards dalam rangka memberikan penghargaan kepada insane jazz tanah air yang telah berkontribusi dalam perkembangan JGTC dan industri jazz di Indonesia. Proses penilaian JGTC Choice Awards melibatkan juri dari tokoh jazz terkemuka seperti Agus Basuni, Frans Sartono, David Karto, David Tarigan, dan Yance Manusama. Penganugerahan ini akan diberikan pada acara puncak The 37th Jazz Goes To Campus.

Rangkaian terakhir, acara puncak The 37th Jazz Goes To Campus adalah JGTC Festival, yang digelar di Pelataran Parkir Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 30 November 2014. Festival ini akan dimeriahkan oleh artis internasional, Sondre Lerche (Norwegia) dan Ray Harris and The Fusion Experience (Skotlandia), dan artis nasional seperti Glenn Fredly, Tulus, The Groove, Adhitia Sofyan, JGTC Project “Tribute to Salemba” , Idang Rasjidi Syndicate, Like Father Like Son (Benny Likumahuwa & Barry Likumahuwa), ESQI:EF- Syaharani and Queenfireworks, Monita Tahalea & The Nightingales, Oele Pattiselanno Quartet, Tjut Nyak Deviana & Friends, Bandanaira, Kunto Aji, HajarBleh Big Band, Yemima Hutapea, bonita & the hus BAND, dan JGTC Competition Winners, yang akan menyuguhkan penampilan di 4 panggung berbeda. Selain 4 panggung, Jazz Museum juga akan meramaikan JGTC Festival yang akan menceritakan perjalanan musik jazz di Indonesia.

Jazz Goes To Campus diharapkan dapat berkontribusi dalam perkembangan musik jazz di Indonesia, yang bukan hanya untuk menghibur, tapi juga untuk menginspirasi.

Teks by Sheyla Ashari

Related posts

Leave a Reply