Trending News

Blog Post

This is the Remix!
Single of The Day

This is the Remix! 

Kehadiran karya remix acap kali sebagai bentuk promo terhadap sebuah single. Tapi tak jarang remix hadir sebagai bentuk refresh dari sebuah track untuk terdengar lebih relevan saat hendak dirilis menjadi single. Format yang paling sering digunakan adalah rombakan ulang dari para DJ, berkembang menjadi ajang untuk melibatkan para rapper ataupun membagi porsi bagi penampil lain.

Grammy mulai mengapresiasi para pelaku remix di penghargaan tahun 1998 saat kategori masih bernama Remixer of the Year, Non-Classical. Mulai tahun 2002, mereka menyebut secara spesifik karya untuk dimenangkan dan menamai kategori ini dengan Best Remixed Recording di bawah kelompok Production/Engineering.

Ragam tujuan, ragam format, tapi keberhasilan dari remix ini adalah saat mereka berhasil mengungguli sound, pesona, bahkan pencapaian dari versi original. Berikut 10 remix terbaik dibanding versi originalnya.

10. Missy Elliott – Get Ur Freak On (Remix) [feat. Nelly Furtado] – Year: 2001 – Album: Lara Croft: Tomb Raider – Original Motion Picture Soundtrack
Trend sekarang mencatat remix banyak datang dari kolaborasi artis penyanyi dengan rapper. Seolah memutarbalikkan keadaan tersebut, Nelly Furtado hadir dalam single rapper Missy Elliott, ‘Get Ur Freak On’ yang dipakai sebagai soundtrack film “Lara Croft: Tomb Raider”. Dengan adanya Nelly Furtado, lagu ini terdengar lebih hidup, lebih ramai, lebih meriah. Nuansa yang sangat berbeda untuk lagu yang rercatat sebagai lagu no.14 dalam daftar terbaik di dekade 00-09 ini.

9. One Republic – Apologize (Timbaland Remix) – Year: 2007 – Album: Shock Value
Jika Timbaland tidak turun tangan untuk ‘Apologize’, tampaknya dunia akan sedikit kesusahan untuk mengenal keberadaan band One Republic ini. Awalnya dirilis dari album “Dreaming Out Loud”, versi remix-nya tersedia untuk album atas nama sang produser, “Shock Value”. Sangat beda, sangat relevan, dan tentunya sangat berterima sampai-sampai single ini menjadi lagu terbaik dari Ryan Tedder dkk dalam jangka waktu yang lama.

8. Lady Gaga – Do What U Want (Remix) [feat. Christina Aguilera – Year: 2013 – Album: Do What U Want (Remix) – Single
On and off dengan ide awal ‘Do What U Want’, Lady Gaga akhirnya berhasil menampilkan pikiran pertamanya untuk lagu ini setelah bernyanyi duet dengan Christina Aguilera di panggung The Voice. Christina pun ke studio untuk memberi magic touch-nya yang kemudian dipakai sebagai pengganti porsi R. Kelly dalam single dari album “ARTPOP”. Hiasan vocal runs sebagai wujud improvisasi Christina adalah kekuatan yang remix ini punya.

7. Lana del Rey – Summertime Sadness (Cedric Gervais Remix) – Year: 2013 – Album: Summertime Sadness (Cedric Gervais Remix) – Single
Memenangkan Grammy untuk kategori Best Remixed Recording tahun ini, Cedric Gervais adalah dewa di balik sukses besar Lana del Rey untuk ‘Summertime Sadness’. Taka da sedikit pun sadness yang terpancar dari karya ini. Yang lebih besar dari Grammy itu sendiri adalah ‘Summertime Sadness’ membuka lebih pintu untuk trend yang dibuat oleh Spinnin’ Records dan Spinnin’ Remix berjaya di ranah produksi remix. Cedric pun ketagihan untuk merekstrukturisasi lagu Lana yang lain, karena ‘Young and Beautiful’ pun menjadi proyeknya setelah ini.

6. will.i.am. & Nicki Minaj – Check It Out (Special Mix) (with Cheryl Cole) – Year: 2010 – Album: Check It Out – Single
Sebutlah porsi Cheryl Cole sangat minim dalam single ini, sehingga sangat sulit untuk menemukan apa yang beda dari ‘Check It Out’ special mix dengan versi originalnya. Tapi yang menarik adalah warna-warni video musik yang menampilkan will.i.am. dan Nicki Minaj tersebut semakin berwarna dengan kehadiran Cheryl. Mantan personel Girls Aloud ini bak nira setitik dalam susu sebelanga, in a good way.

5. Celine Dion – A New Day Has Come (Radio Remix) – Year: 2002 – Album: A New Day Has Come
Comeback Celine Dion pasca melahirkan anak pertamanya adalah masa penantian yang cukup panjang bagi para fans. Tapi setelah itu, Celine tak pernah absen dari panggung hiburan. Mengisi acaranya sendiri di Vegas, menggelar tur konser keliling dunia, merilis album studio dalam Bahasa Inggris, Perancis, album kompilasi, dan album live dalam rentang waktu yang cukup panjang. Titik restart itu bernama ‘A New Day Has Come’ yang dirilis sebagai single dalam format redio remix. Versi originalnya adalah balada yang juga tersedia dalam album tersebut. “A New Day” kemudian menajadi brand bagi Celine yang bisa ia dan fans banggakan selama-lamanya.

4. A.R. Rahman & The Pussycat Dolls – Jai Ho! (You Are My Destiny) [feat. Nicole Scherzinger] – Year: 2009 – Album: Doll Domination
Demam Bollywood yang diciptakan oleh “Slumdog Millionaire” adalah parade warna dan tradisi yang infectious. Sadurannya ke ranah pop adalah saat A.R. Rahman melibatkan The Pussycat Dolls untuk menggebrak ‘Jai Ho!’. Meskipun dikritik karena pengucapan yang salah menjadi “jey ho”, kenikmatan lagu ini tetap tak tertahankan. Yang anehnya, PCD mampu membangun peak lain dalam karir mereka di ambang keretakan grup, tercatat dengan pemisahan nama Nicole Scherzinger di luar PCD.

3. Pitbull – Hotel Room Service (Remix) [feat. Nicole Scherzinger] – Year: 2009 – Album: Rebelution
Pesta belum berakhir bagi Nicole Scherzinger, karena ia masih ada untuk membakar daftar dengan semangat yang berapi-api dalam ‘Hotel Room Service’. Hanya sebagai track dalam edisi deluxe, salah satu hit terpenting dalam awal karir Pitbull ini ter-set dalam sudut pandang baru dengan verse yang dihadirkan Nicole. Selain itu, beberapa lirik yang diubah untuk menyesuaikan dengan gender memaksimalkan nilai untuk lagu ini.

2. Miley Cyrus – See You Again (Rock Mafia Remix) – Year: 2008 – Album: Breakout
Momen pengenalan Miley Cyrus ke khalayak ramai adalah lewat pemisahan karya musiknya dengan Hannah Montana di album soundtrack kedua, “Hannah Montana: Meet Miley Cyrus”. Dalam album tersebut ada sebuah track berjudul ‘See You Again’ yang kemudian diformat ulang oleh Rock Mafia untuk album Miley selanjutnya, “Breakout”. Mustahil bagi lagu ini untuk berkumandang kembali dari vokal Miley setelah kampanye “RIP Hannah Montana” yang ia lakukan. Tapi tetap ada momen dari kehidupan sang superstar yang diwakilkan oleh lagu ini.

1. Natasha Bedingfield – The One That Got Away (Valentin Radio Mix) – Year: 2006 – Album: Pocketful of Sunshine (Deluxe Edition)
Kita sampai pada penghujung daftar, yang menampilkan artis asal Selandia Baru, Natasha Bedingfield. Kehadirannya yang lebih dulu diawali dengan kesuksesan sang kakak, Daniel Bedingfield, membuat Natasha sedikit banyak mendapat kritik untuk nebeng sukses. Tapi kesuksesannya yang menyebar hingga US membuat pandangan miring tersebut sirna dan keadilan pun ditegakkan. Natasha kemudian merilis album “Pocketful of Sunshine” yang berdomain untuk pasar US, dengan ‘The One That Got Away’ sebagai single promo di kawasan Eropa. Enerji dalam Valentin Radio Mix berkembang indah dan meyakinkan publik akan fakta lain, bahwa Natasha juga punya pasar di arena house/dance.

Ini adalah Top 10 Remix yang terbaik dibanding originalnya versi saya, gimana dengan versi kamu?

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply