Trending News

Blog Post

Album of the Day: Carrie Underwood – Greatest Hits: Decade #1
Album of The Day

Album of the Day: Carrie Underwood – Greatest Hits: Decade #1 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Setelah lepas landas dari American Idol di tahun 2005 lalu, Carrie Underwood tak pernah turun dari puncak sukses. Empat album studio yang ia hasilkan sejak saat itu hingga saat ini menjadi bukti kemilaunya karir Carrie. Dari cewek kampung ke global superstar, image santun yang ditampilkannya sebagai satu pribadi berubah menjadi fierce saat ia melakoni pekerjaan sebagai performer. Rangkumannya secara apik dikemas dalam “Greatest Hits: Decade #1“.

Siapa yang dapat melupakan masa dimana Carrie menantang Bo Bice untuk mengeklaim titel juara sekaligus pemilik winner song ‘Inside Your Heaven’? Berkat lagu ini, Carrie berkesempatan untuk menduduki takhta no.1 di Billboard Hot 100 sekaligus memberi alasan yang kuat atas kemenangannya di ajang Grammy sebagai Best New Artist. Tak begitu banyak country tersimpan di dalamnya, tapi ‘Jesus, Take the Wheel’ yang rilis tak lama setelah itu meyakinkan publik akan jati dirinya, sehingga tak ada lagi asumsi kalau gadis country ini hanya berselimut pop.

Lagu demi lagu dari album “Some Hearts” untuk dirilis sebagai single semakin menambah prestasi juara; ‘Don’t Forget to Remember Me’, ‘Wasted’, dan yang paling perkasa ‘Before He Cheats’. Era ini ditandai dengan ‘Before He Cheats’ sebagai pemenang lagu paling laris dari alumni Idol, dan memegang rekor tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan bicara soal rekor, album ini tercatat sebagai best-selling solo female country debut di Amerika Serikat.

Dengan level sukses seperti ini, akan sangat sulit untuk menjaga friendly competition antara sesama penyanyi country wanita. Faith Hill sempat menciptakan sebentuk amarah saat Carrie berhasil mengalahkannya, dan para senior lain; Martina McBride, Sara Evans, dan Gretchen Wilson di ajang CMAs. But life goes on, and so does success. “Carnival Ride”, album kedua yang rilis pada tahun 2007 nyaris mengalahkan angka penjualan yang pernah dicetak oleh Shania Twain. Bisa dibilang ini adalah galian potensi terdalam bagi Carrie sebagai seniman. Keterlibatannya dalam penulisan lagu meluas guna menghadirkan segala aspek emosi yang real. ‘So Small’, ‘All-American Girl’, ‘Last Name’, ‘Just a Dream’, hingga remake ‘I Told You So’ yang kembali bangkit hit dengan nyawa keduanya.

Sebagai artis country, kesempatan bagi Carrie untuk “disajikan” di luar US sebenarnya lebih sempit dibanding alumni idol lain seperti Kelly Clarkson atau Clay Aiken. Tapi di album “Play On”, sensasi breakout terjadi. Album ini menjajah ke benua Australia, dan lagu-lagunya pun semakin membahana di dunia. Bukan cuma itu, album ini juga menampilkan beragam corak country yang ternyata semakin dikuasai dan dipertanggungjawabi oleh sang artis. Sangat impresif bagaimana ia men-tackle ‘Cowboy Casanova’ yang berapi-api di satu saat, dan memberi sesuatu yang inspiratif seperti ‘Temporary Home’ sesaat kemudian. The fierce Carrie dan the emotional Carrie juga bisa dirasakan lewat ‘Undo It’ dan ‘Mama’s Song’ yang bertolak belakang dalam kisah dan melodi, tapi sama-sama sampai ke tujuan story telling-nya.

Jatah sukses yang didapatkan oleh Carrie bukan dalam embel-embel country saja, ataupun American Idol saja. Karena sebenarnya, ia sudah membongkar batasan untuk bisa melintas dalam daftar umum. Ditambah dengan pencapaian yang ia bisa ambil lewat album “Blown Away”, yang tak hanya berarti penambahan koleksi hit; ‘Good Girl’, ‘Blown Away’, ‘Two Black Cadillacs’, dan ‘See You Again’, tapi juga penambahan Grammy. Hingga saat ini, Carrie sudah mengantongi 6 trofi untuk namanya, dan 3 trofi lain untuk lagu yang ia nyanyikan. Teritori rilisannya merambah ke UK, momentum yang pantas untuk menamai Carrie sebagai popstar global.

Dalam tata urut kronologis tersebut “Greatest Hits: Decade #1” disajikan, dengan track pembuka hits teranyarnya, ‘Something in the Water’ dan lagu baru lain, ‘Little Toy Guns’. Sajian beda dalam album ini yang pasti akan sangat menyenangkan para penggemar adalah ‘Inside Your Heaven’ versi dengan closing, tak seperti biasa dengan outro fade out, ‘I Told You So’ versi single, duet dengan Randy Travis, juga ‘Remind Me’ sekuel duet dengan Brad Paisley yang sebelumnya membawakan ‘Oh Love’ dan berhasil diunggulkan di ajang Grammy. Jika beda masih kurang, maka bonus akan menyempurnakannya. ‘How Great Thou Art’ yang dibawakan secara live dari ajang ACM Presents: Girls Night Out menampilkan Vince Gill, dengan tiga rekaman sesi penulisan lagu untuk ‘So Small’, ‘Last Name’, dan ‘Mama’s Song’ adalah fakta penyempurnaan terhadap dekade hebat yang Carrie ciptakan. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa Carrie Underwood sebagai salah satu penemuan terbaik di dekade ini.

Music Video: Something in the Water

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
Disc One
1. “Something in the Water”3:58
2. “Little Toy Guns”3:31
3. “Inside Your Heaven”4:04
4. “Jesus, Take the Wheel”3:46
5. “Don’t Forget to Remember Me”4:00
6. “Before He Cheats”3:20
7. “Wasted”4:34
8. “So Small”3:46
9. “All-American Girl”3:33
10. “Last Name”4:02
11. “Just a Dream”4:45
12. “I Told You So” (featuring Randy Travis)47:29

Disc Two
1. “Cowboy Casanova” 3:56
2. “Temporary Home” 4:28
3. “Undo It” 2:57
4. “Mama’s Song” 4:01
5. “Remind Me” (duet with Brad Paisley) 4:14
6. “Good Girl” 3:25
7. “Blown Away” 4:00
8. “Two Black Cadillacs” 4:58
9. “See You Again” 4:07
10. “How Great Thou Art” (with Vince Gill) (Live from ACM Presents: Girl’s Night Out) 4:47
11. “So Small” (Songwriting Sessions Worktape 1/24/07) 4:07
12. “Last Name” (Songwriting Sessions Worktape 1/22/07) 4:00
13. “Mama’s Song” (Songwriting Sessions Worktape 2/5/09) 3:51

Related posts

Leave a Reply