Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – VIP DJ 2014
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – VIP DJ 2014 

Released by: Universal Music Indonesia

Album kompilasi lagu-lagu EDM banyak ditemui di pasaran, tapi mungkin seri VIP DJ adalah album kompilasi single EDM yang cukup komprehensif dalam merangkum trend dan geliat skena musik dansa tersebut. Dan untuk tahun 2014, tentu saja kini hadir VIP DJ 2014, yang seperti biasa dipersembahkan dalam 3 keping cd yang istimewa.

Dengan amunisi 3 CD, jelas jika album ini memiliki materi yang cukup berlimpah dan kaya. Namun, bagaimana dengan pemilihan materinya? Ternyata cukup variatif. Mari kita telaah satu persatu untuk melihat kekuatan, dan juga kekurangan, dari album VIP DJ 2014 ini.

Keping pertama berisi 17 lagu. Dengan durasi lagu EDM yang biasanya berkisar antara 3 hingga 6 menitan, jelas jika volume isi CD nyaris terisi penuh oleh lagu-lagu yang dipadatkan ke dalamnya, dengan waktu putar sekitar satu jam-an lebih. Di keping ini kita akan menemukan beberapa musisi EDM ternama yang hadir dengan single hits mereka, seperti Afrojack dengan Ten Feet Tall, Tiesto dengan Wasted, Zedd dengan Push Play atau Avicii dengan Lay Me Down. Keempatnya merupakan nama panas di skena EDM saat ini, sehingga tidak mengherankan jika berada di posisi awal keping pertama ini.

Tapi keping pertama juga menghadirkan banyak nama paten lain, seperti Showtek, John Martin, Nero, hingga duo yang tengah naik daun, Gorgon City, dengan single hits mereka, Here For You. Dan Gorgon City hadir kembali melalui versi remix Hideaway, single milik penyanyi yang juga tengah berkibar namanya, Kiesza. Yep, selain materi asli, dihadirkan juga beberapa lagu remix dari beberapa lagu pop, seperti Best Day of My Life milik American Authors yang mendapat treatment EDM dari Gazzo atau salah satu lagu paling populer tahun ini milik Iggy Azalea, Fancy, yang kini menjadi sebuah club-banger gubahan Dabin & Apashe.

Menarik bagaimana sub-genre EDM yang dihadirkan oleh lagu-lagu yang berada di dalam keping pertama ini cukup beragam, mulai dari progressive house, electro hingga deep house. Jika tujuannya sebagai perangkum ataupun kaleidoskop skena EDM sepanjang setahun terakhir ini, maka tentu saja track-list seperti ini berhasil sebagai sarananya. Tapi, secara tone dan intensitas, terdengar turun naik atau belang-belang, karena bagaimanapun progressive dan deep house jelas memiliki ritme yang berbeda.

Bagaimana dengan keping kedua? Ada 16 lagu di dalamnya. Secara formula, keping kedua masih mengikuti pakem keping pertama. Hanya saja barisan musisi EDM yang hadir di keping kedua ini mayoritas datang dari artis yang cenderung obscure bagi pendengar awam, meski sebenarnya nama-nama mereka cukup populer bagi yang terbiasa mengikuti skena EDM. Maka hadirlah seperti Subfocus, Klangkarussel, Cazette atau 3Lau.

Mungkin yang paling populer adalah The Chainsmokers yang tentunya mempersempahkan hits terbesar mereka, #SELFIE. The Chaismokers juga hadir dalam sebuah versi remiks single milik Ellie Goulding, Goodness Gracious. Hebatnya, Gorgon City dan Zedd hadir kembali dengan membawakan single mereka yang lain, yaitu Ready for Your Love dan Find You. Untuk lagu-lagu remix, keping kedua ini justru menghadirkan lagu yang lebih populer, seperti Birthday milik Katy Perry, Money on My Mind milik Sam Smith atau Habits milik Tove Lo.

Masuk ke keping ketiga alias keping terakhir. Susunan materi masih seperti dua keping sebelumnya. Beberapa nama kembali hadir, seperti Tiesto, Avicii dan Klangkarussel, yang memberikan single mereka yang lain, yaitu Redlights, You Make Me, Sonnentanz. Ada juga Zedd yang menghadirkan remiks hits milik Swedish House Mafia, Save the World. Selain itu terdapat nama-nama musisi EDM lain yang menyumbangkan hits mereka, seperti Kidnap Kid, Redlight atau duo yang tengah naik, Rebecca & Fiona.

Track-track remix datang dari beberapa lagu pop seperti G.U.Y. milik Lady Gaga atau salah soundtrack animasi Frozen yang berkibar di mana-mana, Let It Go, yang dinyanyikan oleh Idina Menzel. Sebagaimana dua keping sebelumnya, persebaran sub-genre yang diusung juga cukup beragam dan variatif, nyaris merangkul semua sub EDM yang ada dan tengah nge-trend.

Menilik materi yang dipaparkan oleh VIP DJ 2014, sebenarnya album ini tidak bisa dibilang komprehensif sebagai catatan perkembangan musik EDM dari akhir 2013 hingga pertengahan 2014. Masih banyak lagu EDM ataupun musisi EDM yang tak terangkum di dalamnya. Sebenarnya cukup disayangkan, mengingat album ini berisi 3 keping yang jelas merupakan modal untuk dapat “memamerkan” berbagai track dan musisi yang lebih variatif.

Dengan kerap berulangnya nama bebetapa musisi hadir di setiap kepingnya serta banyaknya remix dari lagu populer, jelas jika album ini memang bertujuan untuk menjual populeritas lagu, ketimbang membangun referensi kepada pendengar. Dan jika ia diposisikan sebagai sebuah album yang disusun layaknya berdasarkan set-list DJ, secara tematis ia juga kurang berhasil, mengingat tumpang-tindihnya sun-genre yang ada.

Akan tetapi, jika ia bertugas sebagai “album pesta”, maka bisa dikatakan ia cukup berhasil untuk itu. Ini adalah album yang meriah dan kaya suasana. Dipastikan akan menjadi teman yang pas saat hendak melakukan keriaan bersama teman, atau teman selama melakukan perjalanan, dan aneka kegiatan sejenis.

Lagipula, sebagai album kompilasi, materinya cukup kaya dan beragam, sehingga kesan monoton bisa dieliminasi. Dan memastikan jika VIP DJ 2014 adalah album yang cukup layak untuk dikoleksi, baik bagi penikmat EDM ataupun pendengar musik secara umum.

Music Video: The Chainsmokers – #SELFIE

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
CD 1
1. TEN FEET TALL – AFROJACK
2. BEST DAY OF MY LIFE (GAZZO REMIX EXTENDED) – AMERICAN AUTHORS
3. WASTED – TIESTO FEAT. MATTHEW KOMA
4. PUSH PLAY – ZEDD FEAT. MIRIAM BRYANT
5. LAY ME DOWN – AVICII
6. PARACHUTES (RADIO EDIT) – OTTO KNOWS
7. CANNONBALL (EARTHQUAKE) – SHOWTEK & JUSTIN PRIME FEAT. MATTHEW KOMA
8. REPLAY (JUMP SMOKERS REMIX) – ZENDAYA
9. FANCY (DABIN & APASHE REMIX) – IGGY AZALEA
10. I GOT U (HIGH CONTRAST REMIX) – DUKE DUMONT FEAT. JAX JONES
11. HERE FOR YOU – GORGON CITY & LAURA WELSH
12. WAITING GAME (POSTILJONEN REMIX) – BANKS
13. OF THE NIGHT (ICARUS MIX) – BASTILLE
14. HIDEAWAY (GORGON CITY REMIX) – KIESZA
15. SATISFY – NERO
16. BORN TO RAGE (BLINDERS REMIX) – DADA LIFE FEAT. SABASTIAN BACH
17. ANYWHERE FOR YOU (TIESTO VS DZEKO & TORRES REMIX) – JOHN MARTIN

CD 2
1. #SELFIE – THE CHAINSMOKERS
2. GOODNESS GRACIOUS (CHAINSMOKERS REMIX) – ELLIE GOULDING
3. BIRTHDAY (CASH CASH REMIX) – KATY PERRY
4. MONEY ON MY MIND (MK REMIX) – SAM SMITH
5. FIND YOU – ZEDD FEAT. MATTHEW KOMA AND MIRIAM BRYANT
6. STAY HIGH (HABITS REMIX) – TOVE LO FEAT. HIPPIE SABOTAGE
7. IF I COULD CHANGE YOUR MIND (MK REMIX REGRETS DUB) – HAIM
8. TOO CLOSE – WILKINSON FEAT. DETOUR CITY
9. MY LOVE – ROUTE 94 FEAT. JESS GLYNNE
10. CLOSE – SUBFOCUS FEAT. MNEK
11. NETZWERK (FALLS LIKE RAIN) – KLANGKARUSSELL
12. OUT OF MY HEAD (EXTENDED CLUB EDIT) – JOHN NEWMAN
13. READY FOR YOUR LOVE (EXTENDED MIX) – GORGON CITY FEAT. MNEK
14. RUN FOR COVER (EXTENDED MIX) – CAZZETTE
15. HOW YOU LOVE ME – 3LAU FEAT. BRIGHT LIGHTS
16. EVERY LITTLE WORD (JOE GODDARD REMIX) – MNEK

CD 3
1. YOU MAKE ME (DIPLO & OOKAY REMIX) – AVICII
2. REDLIGHTS – TIESTO
3. SAVE THE WORLD(ZEDD REMIX) – SWEDISH HOUSE MAFIA
4. NEON LIGHTS (BETTY WHO REMIX) – DEMI LOVATO
5. 36 – REDLIGHT FEAT. LOTTI
6. STRONGER – KIDNAP KID
7. WANDERLUST (STEVE PITRON & MAX SANNA REMIX) – THE WEEKND
8. SONNENTANZ (SUN DON’T SHINE) – KLANGKARUSSELL FEAT. WILL HEARD
9. LOVE SUBLIME (DUKE DUMONT REMIX) – TENSNAKE
10. MY HEAD IS A JUNGLE (MK REMIX) – WANKELMUT & EMMA LOUISE
11. THINK ABOUT IT – NAUGHTY BOY FEAT. ELLA EYRE & WIZ KHALIFA
12. HOLLER (FRED FALKE REMIX RADIO EDIT) – REBECCA & FIONA
13. THE ADDICT (TODD EDWARDS REMIX) – BO SARIS
14. G.U.Y. (ST LUCIA REMIX) – LADY GAGA
15. LET IT GO (ARMIN VAN BUUREN RADIO REMIX) – IDINA MENZEL

Related posts

Leave a Reply