Trending News

Blog Post

Album of the Day: Cheryl – Only Human
Album of The Day

Album of the Day: Cheryl – Only Human 

Dari awal, kita sudah terkecoh dengan gaya solo Cheryl di luar grupnya, Girls Aloud. Maksudnya adalah setiap album solo itu adalah curhatannya, diary-nya yang ia bukakan untuk kita. Makna mendalam itu sempat tertutupi oleh musik pop, dancepop yang menjadi kulitnya. Dimulai dari perjuangan mempertahankan pernikahan, hidup pasca perpisahan, hingga pemberdayaan diri. Kini masuk pada babak baru yang semakin menguatkan makna pemberdayaan diri pada kesempatan untuk membuat hidup lebih hidup. Inilah “Only Human“.

Dari ‘Intro’ sudah ketahuan kalau album ini adalah ajakan untuk mengambil kesempatan. Itu semakin menjadi saat ‘Live Life Now’ dan ‘It’s About Time’ terdengar. Lirik yang gamblang mengenai pengambilan keputusan (secara spesifik menyebut cinta dalam ‘It’s About Time’) ini memang sebenarnya cerminan diri dan langkah yang Cheryl ambil dalam hidupnya. Tapi sebenarnya bisa juga mengilhami jiwa yang dalam keadaan bimbang dalam menentukan keputusan, karena intinya Cheryl menyerukan untuk tidak menunda-nunda waktu untuk bahagia.

Simpel? Secara harfiah. Karena secara aksi memang pasti tidak gampang. Oleh karena itu, ia ingin memperlihatkan contoh dalam ‘Crazy Stupid Love’. Lagu yang menampilkan rap dari Tinie Tempah ini, sekaligus single pertama dari album, bertujuan untuk membuktikan bahwa sesuatu yang bersifat crazy atau stupid bukan berarti salah. Dan jika masih perlu mantra untuk memperteguh diri, ada ‘I Don’t Care’ yang disajikan sebagai single kedua. Rangkaian single ini cukup membuktikan betapa keras keinginan Cheryl untuk kembali bahagia. Sure, she’s not that “omdo” type of person.

Tapi jangan lantas berpandangan miring terhadapnya sebagai orang yang bisanya cuma provokasi. Karena sebenarnya Cheryl mampu menyajikan drama dalam porsinya. Dengar ‘Waiting for Lighting’ dan ‘Only Human’, di dalamnya kita akan mendengar pergolakan jiwa yang menggetarkan dalam skala yang lumayan keras. Sayang saja dalam ‘Only Human’ campur tangan teknologi terlalu jauh dalam merombak vokal Cheryl sehingga tak lagi terdengar sincere.

I love this album. Ada pergerakan yang terjadi dari satu album ke album berikutnya, membentuk garis menanjak dalam grafik karir solo Cheryl. Untuk itu, terima kasih layak diberikan kepada orang-orang di balik layar yang membentuk “Only Human” sebagai album yang mengelupas diri Cheryl untuk tampil polos apa adanya tanpa banyak pencitraan. Kisahnya, asanya, Cheryl banyak bercerita di album ini. ‘Throwback’ dan ‘Fight On’ laksana dua track yang saling berlawanan dalam masa, namun sejalur dalam memberikan hiburan kelas atas pada pendengar. Penikmat musik mungkin akan berpencar dalam menentukan album terfavorit mereka, tapi yang pasti banyak alasan yang album ini berikan untuk ditempatkan sebagai yang teratas. Faktor personal dan dinamika musik bisa ditemukan di setiap album Cheryl, dengan kontinuitas terjaga. Satu nilai yang album ini menangkan adalah pemberdayaan yang ia hadirkan berada di level berbeda dari yang lain. ‘Stars’ adalah sebuah anthem baru yang bisa dipakai.

Music Video: Crazy Stupid Love

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes: Only Human – Cheryl

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Intro” 1:51
2. “Live Life Now” 2:54
3. “It’s About Time” 3:49
4. “Crazy Stupid Love” (featuring Tinie Tempah) 3:45
5. “Waiting for Lightning” 3:56
6. “I Don’t Care” 4:00
7. “Only Human” 3:34
8. “Stars” 2:57
9. “Throwback” 3:04
10. “All in One Night” 3:09
11. “Goodbye Means Hello” 3:46
12. “Coming Up for Air” (featuring Joel Compass) 4:21
13. “Fight On” 3:33
14. “Yellow Love” 3:51
15. “Beats N Bass” 2:59

Related posts

Leave a Reply