Trending News

Blog Post

Album of the Day: Flight Facilities – Down To Earth
Album of The Day

Album of the Day: Flight Facilities – Down To Earth 

Released by: Universal Music Indonesia

Flight Facilities merupakan duo electronic/indie pop yang berasal dari Sydney, Australia. Duo yang terdiri dari Hugo Gruzman dan James Lyell ini telah malang melintang di dunia electro dan sering me-remix lagu dari sesama band Australia lainnya seperti Bag Raiders dan Cut Copy. Duo yang sempat main di Indonesia ini akhirnya mengeluarkan debut albumnya yang berjudul “Down To Earth” yang telah dirilis Oktober kemarin setelah mereka melempar banyak single yang telah menjadi hits di lantai dansa seperti “Crave You” dan “Clair De Lune”.

Pada “Two Bodies” mereka menyisipkan sebuah narasi tentang menggabungkan sound yang komersil dengan idealisme bermusik. Hal ini ternyata menyambung juga ke unsur di dalam lagu ini dimana vokal dream pop misterius dari Emma Louise yang menunjukkan sisi idealisme berpadu dengan musik deep house yang menunjukkan sisi komersialisme. Seolah seperti dua tubuh yang berbeda menyatu dalam satu hati dan nafas. Mereka bermain dengan neo soul pada “Sunshine”. Mereka melakukan tribute kepada Primal Scream terutama di album Screamadelica dan Vanishing Points pada “ Waking Bliss”. “Stand Still” adalah hasil sintesis dari indie pop ala Little Dragons dengan musik electro yang minimalis. Musik french house juga dibawakan di “Apollo”.

Ambient dan trip hop menjadi sajian utama pada “Clair de Lune” yang menampilkan vokal trippy dari Christina Hoberg. Mereka juga tidak mau ketinggalan tren funk/disco yang akhir-akhir ini sedang marak dengan track “Hold Me Down”. Vokal Owl Eye yang house-ready membuat track “Heart Attack” menjadi track yang asyik dan mempunyai estetika deep house yang cukup mencolok. “Merrimbula” merupakan perpaduan antara sisi ekletik dari electropop dan house dengan bubuhan psychedelic yang mengawang. Kolaborasi dengan rapper Bishop Nehru dalam “Why Do You Feel” mengembalikan kembali nuansa hip hop tahun 90an yang hanya mengandalkan kepiawaian rapper dengan smooth hip hop beat sehingga terdengar classy. House murni mereka bawakan di “Down To Earth”. Track yang pernah menjadi radio hits di Indonesia “Crave You” berhasil mengeksplor keunikan dari house, lounge dan funk. Hook di lagu ini benar-benar maut dan sangat groovy. Vokal Giselle makin memperkuat unsur keseksian yang terus terpancar selama lagu berjalan.

Album ini mempunyai konten yang melebihi apa yang mereka berikan di “Crave You”. Duo DJ ini seperti pilot dan co-pilot yang siap membawa penumpangnya merasakan perjalanan dance yang penuh dengan kegembiraan dari mulai lepas landas sampai kembali ke daratan. Mereka juga memasukkan bunyi-bunyian petir dan keadaan alam lainnya seolah kita juga ikut terbang bersama mereka.

Flight Facilities bukanlah tipe artis electro yang mendadak merubah haluan musiknya demi mengikuti tren, hal ini terbukti di album ini yang menampilkan sound yang beragam. Judul album yang berjudul Down To Earth juga sangat pas dengan suasana di album ini dimana album ini menggali semua unsur yang menjadi dasar dari electro music. Duo DJ ini juga mengembalikan musik dance seperti jaman dulu dimana mereka bereksplorasi dengan sound yang obscure, sampling yang asyik dan memasukkan instrumen analog ke dalam musik mereka sehingga album ini terdengar vintage, savvy dan experimental.

Music video: Sunshine feat. Reggie Watts

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Intro 1:50
2. Two Bodies (feat. Emma Louise) 6:08
3. Sunshine (feat. Reggie Watts) 4:25
4. Waking Bliss 4:00
5. Stand Still (feat. Micky Green) 4:19
6. Apollo 3:51 $1.29
7. Clair de Lune (feat. Christine Hoberg) 7:39
8. Hold Me Down (feat. Stee Downes) 4:43
9. Heart Attack (feat. Owl Eyes) 6:28
10. Merimbula 6:27
11. Why Do You Feel (feat. Bishop Nehru) 4:06
12. Down To Earth 4:30
13. Crave You (Reprise) [feat. Kylie Minogue] 1:12
14. Crave You (feat. Giselle) 3:54

Related posts

Leave a Reply