Trending News

Blog Post

Album of the Day: Nickelback – No Fixed Address
Album of The Day

Album of the Day: Nickelback – No Fixed Address 

Released by: Universal Music Indonesia

Setelah merilis sebuah album kompilasi hits di tahun 2013 dengan “The Best of Nickelback Volume 1” yang mengakumulasi sejumlah lagu dari 7 album sepanjang karir mereka, kini band rock asal Kanada, Nickelback, kembali dengan album yang memiliki materi yang baru. Berjudul “No Fixed Address” apakah kini yang ditawarkan oleh bad gawangan Chad Kroeger ini?

Sebenarnya tidak ada yang baru juga. Beramunisi 11 lagu, “No Fixed Address” adalah kumpulan dari rock alternatif yang siap mengguncang dengan deru distorsi gitar dan gebukan drum bertenaga serta tentunya lengkingan vokal.

Track pembuka, ‘Million Miles an Hour’ mungkin bisa menjadi indikasi akan bagaimana album ini keseluruhan. Rock yang melaju dengan speed yang cepat, serta variasi rock yang tersebut di atas. Agak bernuansa metal ketimbang rock alternatif, tapi kita paham kalau Nickelback tidak akan berlama-lama di ranah ini.

Dan terbukti saat track berikut menyusul. ‘Edge of Revolution’ adalah Nickelback yang selama ini kita kenal. Memadukan antara post-grunge dengan hard rock, menciptakan sebuah lagu rock anthemik yang meriah dan bergelora. Dipastikan akan memanaskan ruang konser saat Kroeger dan teman-teman tampil di panggung.

Agak ironis juga saat Kroeger bernyanyi “Same shit, different day / Can’t keep fed if I can’t get paid / We’ll all be dead if the shit don’t change / Standing on the edge of a revolution,” mengingat ternyata mereka melakukan different day, same shit di album ini. Tidak ada revolusi atau setidaknya evolusi yang berarti dalam “No Fixed Address”.

Kalaupun ada perubahan, mungkin pergerseran genre ke arah pop yang lebih tebal dari sebelumnya. Track seperti ‘What Are You Waiting For’ mungkin terdengar sedikit berbau emo, tapi sebenarnya merupakan sebuah pop-rock catchy dan sangat pas menjadi salah satu bagian playlist di radio Top 40.

Bisa juga menemani track tadi adalah lagu-lagu seperti ‘She Keeps Me Up’ yang tampaknya dibuat karena trend discko-funk yang mewabah atau ‘The Hammer’s Coming Down’ yang bisa saja menjadi sebuah electro-pop asal vokal rock Kroeger digantikan dengan penyanyi dengan nafas vokal yang lebih pop. Puncaknya mungkin berada di track ‘Got Me Runnin’ Round”‘, yang awalnya terdengar seperti seperti sebuah rock-blues berbau soul, sampai hip-hop turut disematkan dengan hadirnya rap dari Flo Rida.

sebenarnya Nickelback cukup jeli menghadirkan nomor-nomor “tak biasa” ini dengan tetap melandaskan mereka dengan semangat rock yang persisten. Akan tetapi, jumlahnya tidak begitu banyak. Dan Nickelback memutuskan untuk melakukann siaran ulang dengan menampilkan lagu-lagu rock yang sebenarnya sudah khatam kita dengar dari mereka sepanjang hampir 20 tahun ini.

Lagu-lagu seperti ‘Believe’, ‘Get Em Up’ atau balada ‘Miss You’ bukannnya jelek. Tetap menyenangkan untuk disimak. Hanya saja terasa terlalu mengikuti formula dan tertebak, sehingga nyaris tidak ada gregetnya lagi. It’s been done to death before oleh Nickelback sendiri. Akhirnya malah membuat album menjadi terdengar monoton. Mungkin tidak ada salahnya jika mereka nantinya lebih banyak bereksperimen dengan genre atau gaya bermusik.

Bagaimanapun, dengan rentang karir yang cukup panjang, Nickelback tentunya memiliki pesona tersendiri yang membuat mereka bisa bertahan seplama ini. Hanya saja, jika hendak memeluk pendengar baru dari generasi sekarang, mereka setidaknya harus mencoba lebih berani lagi untuk keluar dari zona aman.

Music Video: Edge of Revolution

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes: No Fixed Address – Nickelback

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Million Miles an Hour” 4:10
2. “Edge of a Revolution” 4:03
3. “What Are You Waiting For?” 3:38
4. “She Keeps Me Up” 3:57
5. “Make Me Believe Again” 3:33
6. “Satellite” 3:57
7. “Get ‘Em Up” 3:53
8. “The Hammer’s Coming Down” 4:24
9. “Miss You” 4:02
10. “Got Me Runnin’ Round” (featuring Flo Rida) 4:05
11. “Sister Sin” 3:25

Notes

Related posts

Leave a Reply