Trending News

Blog Post

Album of the Day: Fifth Harmony – Reflection
Album of The Day

Album of the Day: Fifth Harmony – Reflection 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Fifth Harmony yang datang dan besar dari ajang The X Factor USA kini menjadi komoditi unggulan dari ajang pencarian bakat yang tak berumur panjang tersebut. Nama mereka bahkan yang terbesar di antara seluruh jajaran alumni acara kreasi Simon Cowell itu. Dengan kehadiran album perdana mereka di awal 2015 ini, “Reflection” akan membantu seluruh penikmat musik untuk mengerti mengapa mereka begitu berharga bagi Epic Records.

Kualitas vokal adalah yang pertama. Ally, Camila, Normani, Dinah, dan Lauren mungkin bukan yang terkuat jika didirikan satu per satu, tapi mereka menampilkan keindahan dari harmonisasi yang terjadi dalam lagu-lagu mereka. ‘We Know’ terdengar sebagai yang paling harmonis di antara 14 track yang tersedia dalam album ini. Pemujaan mereka terhadap sosok Mariah Carey dalam lantunan ‘Like Mariah’ pun menimbulkan gejolak. Pengambilan sample terhadap salah satu hit terbaik Mimi, ‘Always Be My Baby’ menjadikan lagu ini berpotensi kuat untuk tampil sebagai single.

Which is why I have a question mark in my mind, mengapa ‘Worth It’ yang lebih dahulu ditampilkan sebagai single lepas dari album ini. Lagu yang menampilkan Kid Ink ini terlalu kuat disetir oleh terompetnya. Dan dengan padu padan pop terhadap aroma urban, ia seolah menjiplak corak kini Jason DeRulo. Langkah ini dapat dinilai sebagai degradasi atas kekuatan yang sudah mereka bangun dengan apik dalam ‘BO$$’ dan ‘Sledgehammer’. Tapi langkah mundur ini tidak menggoyahkan posisi mereka sebagai lead girlband in the world right now.

Kualitas berikutnya adalah adaptasi yang luar biasa sempurna. Dalam “Better Together” dulu, 5H banyak terpengaruh oleh Demi Lovato atau Taylor Swift, tapi kini mereka melakukan manuver untuk memastikan bahwa R&B adalah elemen terbesar dalam bentukan pop kreatif di album ini. Semua terasa catchy, sassy, dan juga smooth sesuai dengan beat dan tempo masing-masing. ‘Top Down’, ‘Everlasting Love’, dan ‘Reflection’. Bahkan saat dance ikut campur, R&B tetaplah adonan utamanya, dengan dance sebagai unsur sparkle saja; ‘Body Rock’ dan ‘This is How We Roll’.

Top 3 quality yang 5H coba tampilkan dalam kesempatan ini adalah vokal, adaptasi, dan menginspirasi. Ya mereka sudah mencoba deklarasi baru dalam tema girl power di ‘BO$$’, dan itu berlanjut pada selfesteem anthem ‘Brave Honest Beautiful’ yang mereka tampilkan bersama Meghan Trainor. Apa yang lebih baik dari girl power? Double girl power tentunya. Itu, dan segala kebaikan yang album ini punya bukan hanya merupakan daya jual yang tinggi, tapi daya saing yang kuat dan pantas untuk membuat Fifth Harmony diperhatikan.

Music Video: Sledgehammer

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes: Reflection (Deluxe) – Fifth Harmony

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Top Down” 3:40
2. “Boss” 2:51
3. “Sledgehammer” 3:50
4. “Worth It” (featuring Kid Ink) 3:44
5. “This Is How We Roll” 4:32
6. “Everlasting Love” 3:04
7. “Like Mariah” (featuring Tyga) 3:28
8. “Them Girls Be Like” 2:42
9. “Reflection” 3:08
10. “Suga Mama” 3:39
11. “We Know” 2:57
12. “Going Nowhere” 3:34
13. “Body Rock” 4:03
14. “Brave Honest Beautiful” (featuring Meghan Trainor) 3:28

Related posts

Leave a Reply