Trending News

Blog Post

Album of the Day: The Veronicas – The Veronicas
Album of The Day

Album of the Day: The Veronicas – The Veronicas 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Di pertengahan dekade 2000-an, kakak beradik kembar asal Australia, Lisa Origliasso dan Jessica Origliasso, yang tergabung dalam The Veronicas, memiliki karir yang cukup menjulang. Dua album, “The Secret Life of…” (2005) dan “Hook Me Up” (2007) menjadi bukti kejayaan mereka. Tapi kisruh dengan label lama membuat mereka harus cuti sedemikian panjang, sampai tujuh tahun kemudian, di bawah label baru, mereka kembali hadir dengan album self-titled, “The Veronicas“.

Tujuh tahun itu masa yang cukup panjang. Sudah banyak yang terjadi di skena musik dunia. Artis fenomenal muncul dan kemudian redup atau pun tetap bertahan hingga kini. Trend pun silih berganti datang menghampiri. Lantas, apa yang ditawarkan oleh The Veronicas di comeback mereka ini?

Sebagai cicipan pertama, mereka mengantarkan ‘You Ruin Me’, sebuah balada yang dihadirkan dengan iringan piano dan string sections saja. Tidak heran jika lagunya terdengar begitu menyentuh. Agak mengejutkan juga mendengar The Veronicas yang dulu dikenal cukup garang dengan rock punknya hadir dengan pop yang menyeluruh seperti ini.

Tentunya pop bukan barang aneh bagi The Veronicas, karena juga menghiasi album mereka sebelumnya, terutama “Hook Me Up”. Dengan pendekatan yang ditawarkan oleh ‘You Ruin Me’, rasa-rasanya The Veronicas menjanjikan jika album ini memang akan meneruskan geliat musikal yang sudah mereka mulai semenjak album sophomore tersebut, rock yang berbalut pop hingga electropop.

Sebagai single kedua untuk album The Veronicas yang menandakan pertama kalinya berada di bawah label Sony Music, duo kakak beradik ini merilis If You Love Someone. Ada yang berbeda di single ini. Tidak seperti biasanya, The Verinicas merilis lagu yang sangat nge-pop, mengedepankan power-pop dengan hook yang catchy dan sangat easy listening.

Dan memang benar adanya. Mungkin track pembuka album, ‘Sanctified’, adalah sebuah rock moody yang tetap terasa gahar, tapi saat disusul oleh lagu seperti ‘Did You Miss Me (I’m a Veronica)’, sebuah lagu yang bergaya ala EDM K-pop jika dinyanyikan oleh Ke$ha, rasa-rasanya kita sudah bisa menebak kemana arah album bergerak.

Imitasi terhadap trend yang tengah berkembang ini bukan hanya di satu lagu, melainkan juga banyak ditemui di lagu lain. Sebutlah ‘Cruel’ dan ‘Teenage Millionaire’ yang mengingatkan akan Katy Perry. Atau ‘Born Bob Dylan’ dan ‘Mad Love’ yang mencerminkan Taylor Swift di berbagai eksplorasi musikalnya. Juga ada ‘Always’ dan ‘More Like Me’ yang berada di koridor yang sama dengan Kelly Clarkson dan Pink.

Inilah yang mungkin bisa menjadi pengganjal untuk dapat menyimak album ini dengan sentimen yang lebih positif, karena sulit meraba orisinalitas The Veronicas secara mutlak di dalamnya. Lagu-lagu yang justru mengingatkan akan banyak musisi yang saat ini tengah berkibar namanya.

Untunglah The Veronicas masih menyediakan semacam oase dengan menghadirkan lagu-lagu yang kuat dengan ciri The Veronicas yang kita kenal. Highlight mungkin terdapat di dua lagu terakhir, balada minimalistik yang tetap mengusung rock meski dinyanyikan dengan lirih, ‘Let Me Out’ dan lagu berbalut folk yang jenial, ‘You and Me’. Khusus di lagu terakhir ini kita bisa mendengar subtilitas The veronicas sebagai musisi, dimana estetika bermusik lebih diandalkan ketimbang menjual hook belaka.

Sayang memang, lagu-lagu sejenis jumlahnya sangat sedikit di album ini, sehingga sulit untuk menghindarkan “The Veronicas” untuk tidak terjatuh ke lembah jenerik. Bisa dimaklumi jika lamanya waktu absen membuat mereka harus mengejar ketertinggalan. Dan formula paling cepat dan terbukti ampuh adalah mengikuti apa yang tengah happening saat ini.

Tampaknya formula ini berhasil dalam revivalitas karir The Veronicas. Setidaknya kini mereka kembali dibicarakan oleh orang. Meski begitu, tentunya tetap muncul harapan jika materi yang lebih orisinal di album berikutnya.

Music video: You Ruin Me

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes: The Veronicas – The Veronicas

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Sanctified” 3:19
2. “Did You Miss Me (I’m a Veronica)” 2:45
3. “Cruel” 3:43
4. “Line of Fire” 3:06
5. “Teenage Millionaire” 3:25
6. “Born Bob Dylan” 3:38
7. “Always” 3:10
8. “Mad Love” 3:30
9. “You Ruin Me” 3:51
10. “More Like Me” 3:40
11. “If You Love Someone” 3:00
12. “Cold” 3:54
13. “Let Me Out” 4:45
14. “You and Me” 3:35

Related posts

Leave a Reply