Trending News

Blog Post

3 Diva, Potret, The Overtunes, Sova Meriahkan Hari Pertama Java Jazz Festival 2015
Concerts Review

3 Diva, Potret, The Overtunes, Sova Meriahkan Hari Pertama Java Jazz Festival 2015 

Dari sekian banyaknya festival musik di Indonesia, sepertinya Java Jazz sudah mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat (Indonesia dan Mancanegara). Puluhan ribu orang datang ke satu tempat, semuanya demi musik JAZZ.

Hari Pertama Java Jazz Festival 2015

JI Expo Kemayoran sudah mulai ramai sejak jam 4 sore. Padahal kalau dilihat dari lineup yang tampil, yaaah… bukan nama-nama besar, tapi ternyata cukup menyita perhatian. Sayapun mulai ‘observasi’ ke 16 stage (dan berakhir dengan kelelahan, saking gedenya). Stage pertama yang saya tuju adalah Akiko. Perempuan Jepang yang sepertinya mengonsumsi organ sebagai makanan sehari-hari. Permainan organnya ternyata bener-bener spektakuler dan bikin kita bergoyang kecil di tempat duduk.

Main Stage Java Jazz (D1) dimulai dengan 3 Diva. Seakan lama mereka nggak kumpul, 3 Diva memberikan penampilan yang luar biasa. Dengan baju bernuansa silver dan putih, harmonisasi dari Krisdayanti, Titi DJ, dan Ruth Sahanaya emang nggak usah diragukan lagi. Eh, ternyata mereka nggak hanya membawakan lagu mereka saja, tapi juga memashup lagu-lagu HITS Indonesia, seperti lagu RAN “Dekat Di Hati” yang dimashup dengan Afgan “Panah Asmara”, bahkan mereka juga sempat ngebawain Meghan Trainor – All About That Bass. Pecah!

Potret. Apa? Potret main di Java Jazz? Nggak salah?! Mereka kan band 90an?! Tidak sama sekali, karena Potret baru ketambahan 2 personel baru (Nikita Dompas, dan Mery Kasiman) yang merupakan nama-nama yang udah nggak asing di dunia jazz. Melly Goeslaw, Anto Hoed, dan Aksan Sjuman juga membawakan lagu-lagu lama mereka dan dibawakan dengan versi ‘jazz’. Hmm.. ada juga lagu-lagu AADC. Jadi kebanyakan yang nonton Potret adalah.. yaaa.. generasi 90’an dan semuanya PUAS!

Generasi 2000an nya ternyata dipuaskan di stage lain. The Overtunes. Trio bersaudara Mikha, Reuben dan Mada memberikan warna tersendiri di Java Jazz dengan gitar sakti mereka. Membawakan “Sayap pelindungmu”, sampai lagu coveran Justin Nozuka “Carry You”, The Overtunes tidak hanya memberikan suguhan yang indah untuk Tunist (fans The Overtunes), tapi juga beberapa musisi yang hadir. Ya, The Overtunes disebut-sebut sebagai the next big thing in music industry.

Ternyata banyak juga yang ‘reunian’ di Java Jazz. Grup Sova salah satunya. Terakhir mereka main di Java Jazz tahun 2006, dan ‘menghilang’. Sekarang di #JJF15 duo Larry dan Andezzz diberi kesempatan muncul lagi dan mengobati rasa kangen penikmat musik dance/electronic/jazz di Indonesia. OMG, kalau kamu ada di stage Sova saat itu, bener-bener diajak ‘goyang’ dengan track-track luar biasa. Dibuka sama “That Nite” (yang otomatis bikin gue berdiri dan goyang), dan mereka juga membawakan lagu terbarunya “Right Here With You” yang ternyata dirilis di Amerika Serikat. Waow!

Photo by @mrbudisusanto

Danie Cung
CreativeDisc Contributor
@cung2

Related posts

Leave a Reply