Trending News

Blog Post

Album of the Day: Ne-Yo – Non-Fiction
Album of The Day

Album of the Day: Ne-Yo – Non-Fiction 

Released by: Universal Music Indonesia

Di sepanjang karirnya, Ne-Yo selalu dikenal sebagai seorang penyanyi RnB yang menghadirkan pendekatan yang lebih berkelas. Tidak hanya lagu-lagu yang hadir dengan kecendrungan untuk tampil lebih suave dan sophisticated secara musikalitas, termasuk dengan pemilihan tema dan lirik yang cenderung “sopan”, dibandingkan kerabatnya. Didukung pula oleh penampilan Ne-Yo yang parlente ketimbang street look yang awam. Tapi rupanya Ne-Yo menginginkan sesuatu yang berbeda di album ke-enamnya, “Non-Fiction“. Sesuatu yang lebih vulgar, mungkin.

Hal ini mungkin berangkat dari konsep album ini yang diangkat dari cerita-cerita atau pengalaman pribadi penggemar Ne-Yo yang dibagi melalui media sosial. No wonder there’s a lot of hot and steamy theme all over “Non-Fiction”. Mulai dari threesome, bondage, sampai pemilihan kata yang cenderung lebih vulgar. Tapi sudahlah. Skena RnB dan hip-hop sepertinya memang tidak bisa lepas dari hal-hal seperti ini, dan mengapa Ne-Yo tidak pula menjamahnya.

Yang mungkin lebih baik untuk kita bahas adalah bagaimana kualitas album ini dari segu musikalitas? Well, setelah mencermati, tampaknya Ne-Yo juga ingin bermain aman dengan menampilkan lagu-lagu yang jelas akan diterima baik di pasaran. Lagu-lagu catchy yang mengedepankan balutan musik yang easy listening, dimana RnB bersinergi bersama pop dan juga EDM.

Dalam “Non-Fiction” kita akan menemukan track seperti ‘Money Can’t Buy’, sebuah anthem pop/RnB yang ringan. Hadir rap dari Jeesy sebagai penyemarak, meski rasanya tanpa kehadiran sang rapper, lagu ini masih terdengar kuat. Tapi bagi para penikmat vokal Ne-Yo serta lagu-lagunya yang romantis, maka rasa rindu akan terpuaskan dengan ‘Money Can’t Buy’. Senang saat skena RnB atau Hiphop terdengar sangat riuh dan gegap gempita, Ne-Yo memilih untuk menghadirkan materi yang lebih tenang dan menghanyutkan.

Masih menginginkan track yang serupa? Tenang. Album masih menyediakan ruang untuk mereka. Maka simak saja track-track seperti ‘Integrity’ yang menampilkan Charisse Mills sebagai bintang tamu. Meski latar yang berdegup, falsetto Ne-Yo menjadi indikasi utama jika lagu ini sebenarnya sebuah lagu intim yang personal. Sedangkan dalam ‘One More’ ada rapper T.I. yang membuat lagunya terdengar meriah, tapi ini adalah sebuah RnB mid-tempo yang mengizinkan vokal khas Ne-Yo untuk tampil lebih emosional.

Terlepas dari itu “Non-Fiction” mengandalkan banyak lagu bercorak EDM yang membuat albumnya terdengar gempita. Sebut saja ‘Who’s Taking You Home’ yang merupakan olahan tangan dingin DJ terkemuka masa kini, David Guetta. Langsung disusul dengan olahan Dr. Luke dan Cirkut, ‘Time Of Your Life” yang tentunya tidak melewatkan untuk menghadirkan Pitbull agar suasana pesta menjadi semakin semarak.

Stargate menghadirkan Ne-Yo sebagai raja lantai dansa dalam ‘Coming With You’, yang jelas terpengaruh oleh trend baliitan folk bertemu EDM. Trend lain yang tak ingin dilewatkan oleh Ne-Yo adalah trap, maka hadirlah track seperti ‘She Knows’ yang menghadirkan Juicy J yang mengklaim jika dirinya tengah merasa horny. Tidak ada yang salah dengan pendengaran jika lagu ini terdengar seperti sekuel ‘Dark Horse’-nya Katy Perry.

Dari segi teknis “Non-Fiction” dikerjakan dengan baik. Vokal Ne-Yo juga masih tangguh seperti biasanya. Tapi album tidak menyediakan ruang bagi Ne-Yo untuk mengeksplorasi dirinya secara lebih luas. Ia terdengar terjebak dalam trend ataupun formula yang dulu membuatnya sukses. Sayangnya, tidak ada sentuhan tertentu atau sisi inventif yang membuat lagu-lagu di album ini terdengar kuat.

“Non-Fictin” terdengar seperti album yang terlalu banyak mengandalkan bumbu penyedap dalam materi yang jenerik. Akhirnya, jika stand-out adalah yang ingin dicari di album ini, jelas mencari di tempat yang salah. Terlepas dari album-album awalnya yang bernas, “Non-Fiction” menyusul “Libra Scale” dan “R.E.D.”, mengukuhkan posisi Ne-Yo sebagai musisi dengan bakat kuat yang sayangnya berhenti berkembang dan tak begerak kemana-mana lagi.

Music Video: Money Can’t Buy

 

Official Website

Buy album on iTunes

TRACKLIST
1. “Run” (featuring Schoolboy Q) 3:07
2. “Integrity” (featuring Charisse Mills) 3:54
3. “One More” (featuring T.I.) 4:18
4. “Who’s Taking You Home” 3:49
5. “Time of Our Lives” (with Pitbull) 3:49
6. “Coming with You” 4:20
7. “Good Morning” 3:19
8. “Money Can’t Buy” (featuring Jeezy) 4:22
9. “Religious” 3:49
10. “She Knows” (featuring Juicy J) 3:34
11. “Story Time” 3:15
12. “Ballerina” 4:14


OldeuboiHaris
CreativeDisc Contributor
@oldeuboi


Related posts

Leave a Reply