Quantcast

Top 5 TV Series with Music

By - 4 years ago in Behind The Music

Saat Glee mulai ditayangkan pada 19 Mei 2009 lalu, ia memulai trend baru dalam budaya pop. Menyatukan musik dan tayangan televisi dengan imej remaja, Glee merupakan sebuah femomena. Memuncak di season 2 saat mereka mampu meraih 12 juta penonton untuk satu episode saja, serial ini bertahan hidup hingga usia 6 season. Glee pula yang bisa disebut pelopor tayangan TV yang juga memproduksi lagu-lagu sebagai bagian penting dari drama itu sendiri.

Berkat Glee, muncul drama-drama lain yang juga menghadirkan lagu-lagu sebagai produk utamanya. To pay tribute to the pioneer, kami membuat daftar berisikan drama televisi terbaik yang merilis lagu-lagu khusus, bertuliskan “cast” di credit penyanyinya. Kita yang di Asia pun bisa menikmati tayangan-tayangan berikut dari jaringan TV kabel berbayar.

1. Glee, StarWorld

https://www.youtube.com/watch?v=SSfJW90YaG4

Bulan ini, tepatnya 20 Maret nanti, Glee akan menuntaskan perjalanan mereka. We are ready to say goodbye kepada Rachel Berry dan kawan-kawan yang telah menghibur kurang lebih 6 tahun lamanya. Wabah Glee ini bukan cuma tercetak pada rating tinggi, tapi mereka juga mencetak sejarah di chart Billboard. Hingga saat ini, Glee Cast duduk di angka 1 pemegang Most Hot 100 Entries dengan 207 lagu. Lagu-lagu yang hadir dalam serial ini didominasi oleh lagu-lagu cover. Mereka mulai menyanyikan lagu sendiri di penghujung season 2. Di tahun 2011 mereka juga memproduksi sebuah film konser “Glee: The 3D Concert Movie” yang masuk dalam daftar 10 besar box office. Mereka pun membuat “The Glee Project” selama 2 season sebagai casting para pemain baru untuk serialnya. Demam Glee ini juga menginspirasi kehadiran talent show “Don’t Stop Believing” di Inggris.

2. Smash, Diva Universal

https://www.youtube.com/watch?v=8vBLoXnedGo

Kisah Marilyn Monroe adalah kisah sepanjang masa. Kejayaaan sang bintang membuat Theresa Rebeck memutar otak untuk menyajikan sebuah drama televisi yang membias dari kehidupan sang legenda. Menampilkan Katharine McPhee dan Megan Hilty, Smash bertahan hingga season kedua. Drama dan konflik yang terjadi dalam tayangan berdurasi kurang lebih satu jam per episode ini tak cuma hadir dari kisah Marilyn, tapi juga dari kisah hidup Theresa. Dengan waktu yang singkat tersebut, Smash berhasil merepresentasikan diri di berbagai ajang penghargaan bergengsi, mulai dari Primetime Emmy Award, Golden Globe Awards, dan juga Grammy Award. Lagu yang dibawakan oleh Smash Cast kebanyakan yang original, yang berasal dari pementasan “Bobshell” dan “Hit List” yang terkandung di dalam kisah drama tersebut.

3. Nashville, Sony

https://www.youtube.com/watch?v=zez288nd054

Jika Glee dan Smash hadir dengan konsep musikal Broadway, maka Nashville datang dengan cita rasa country. Mengisahkan tentang kehidupan dua bintang musik country; yang mulai memudar (diperankan oleh Connie Britton) dan yang mulai bersinar (diperankan oleh Hayden Panettierre). Tayang sejak Oktober 2012, Nashville kini sedang menjalani season ketiganya. Lagu-lagu yang dibawakan oleh Nashville Cast merupakan lagu original yang melibatkan puluhan penulis lagu kawakan, seperti Shane McAnally, Kacey Musgraves, Hillary Lindsey, Chris DeStefano, Busbee, Ashley Monroe, Vince Gil, Zac Brown, Bob dan Clint Moffatt, dan masih banyak lagi. Big Machine Records sudah merilis setidaknya dua volume album soundtrack per season, dan sebuah album natal “Christmas with Nashville” tahun lalu.

4. Empire, StarWorld

Maret ini Glee akan berakhir, dan Empire pun dimulai. Drama ini berfokus pada musik R&B dan kulturnya. Timbaland dan Jim Beanz terlibat dalam pengerjaan musik untuk drama baru ini. Cerita berada di seputar kehidupan CEO perusahaan rekaman Empire Entertainment yang dulunya adalah bekas pengedar narkoba. Sejak tayang perdana pada 7 Januari lalu, Empire terus mengalami peningkatan jumlah penonton per episodenya. Line-up dalam guest stars serial ini sangat mengesankan. Mulai dari Cuba Gooding Jr., Gladys Knight, Anthony Hamilton, Raven-Symone, Estelle, Mary J. Blige, dan Jennifer Hudson. Columbia Records merilis album soundtrack pertama dari serial ini, menampilkan 18 lagu oleh Empire Cast dalam edisi deluxe pada tanggal 10 Maret 2015.

5. American Horror Story: Freak Show, FX

https://www.youtube.com/watch?v=F5D1-VlrWcA

Okay, American Horror Story bukanlah serial yang dikhususkan untuk bermusikal ria. Tapi dalam installment keempatnya, Freak Show yang tayang dari akhir 2014 hingga awal 2015 ini, mereka memproduksi beberapa lagu yang dianggap masih relevan dengan kisah karakter utama di dalamnya, Elsa Mars. Lagu-lagu yang beraura haunting milik David Bowie, Fiona Apple, Lana del Rey, Kurt Weill, dan Nirvana merupakan lima lagu yang dirilis oleh khusus mengikuti perkembangan penayangan episode serial ini.

Ai Hasibuan
CreativeDisc Contributor
@hasibuanai11

Love Film. Love Books. Love Music. And Everything in Between.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | November 22, 2018 By

Iggy Azalea Resmi Bergabung dengan Label Hip-Hop Empire

Top 10 Lists | September 20, 2017 By

17 Sweet 17 Albums in 2017

Single of The Day | September 15, 2017 By

Single of the Day: Rendy Pandugo – I Don’t Care & Silver Rain