Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – Empire: Original Soundtrack from Season 1
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – Empire: Original Soundtrack from Season 1 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Serial “Empire” merupakan fenomena tersendiri di tahun 2015 ini. meski beragaya ala opera sabun, tapi kisah tentang seorang mogul pemilik perusahaan musik bernama Lucious Lyon (Terrence Howard) ini begitu mencuri perhatian. Begitu besarnya atensi penonton hingga menjadikan karakter Cookie yang diperankan oleh Taraji P. Henson menjadi begitu ikonik. Tapi tentunya kekuatan lain dari serial ini adalah barisan lagu yang terdapat di setiap episodenya.

Karena berseting di dunia musik hip-hop, tentunya serial banyak menyajikan banyak lagu bercorak RnB dan hip-hop yang merupakan kreasi tangan dingin Timbaland. Yep, sang produser kenamaan diberi kepercayaan untuk mengurusi lagu-lagu soundtrack untuk “Empire”. Kini season 1 sudah berakhir dan tentunya sayang sekali rasanya jika lagu-lagu tersebut tidak dikompilasi dalam sebuah album. Maka hadirlah “Empire: Original Soundtrack from Season 1“.

Sebagaimana “Glee”, yang juga serial keluaran Fox, setiap lagu dalam album ini dinyanyikan oleh barisan pemainnya, baik pemain tetap ataupun pemain pendukung hingga bintang tamu. Highlight tentu ada pada Jussie Smollet dan Bryshere Y. Gray (Yazz) yang berperan sebagai kakak beradik Jamal dan Hakeem Lyon.

Smollet adalah seorang aktor dengan kemampuan bernyanyi yang baik, sedangkan Yazz pada awalnya memang seorang rapper yang mencoba bakatnya di dunia akting. Oleh karenanya tidak mengherankan jika mereka melaksanakan tugasnya dengan baik. Tapi yang mencorong memang Smollet. Vokalnya kuat dan sangat berkarakter. Ia mampu menyanyikan lagu-lagu yang mengandalkan emosi seperti ‘Good Enough’ atau ‘Nothing to Lose’ dengan baik. Ia bahkan mampu mengimbangi Estelle dalam sebuah anthem RnB yang megah, ‘Conqueror’. Smollet jelas menunjukkan karismanya sebagai penyanyi masa depan dengan sangat baik. Karakternya sebagai penyanyi RnB homoseksual sedikit banyak mengingatkan akan Frank Ocean.

Yazz sendiri tidak terlalu istimewa. Apalagi lagu-lagu yang dibawakannya cenderung konyol. Tapi ini tidak bisa dipungkiri karena ia hanya membawakan lagu-lagu berdasarkan karakternya, seorang anak kaya manja yang merasa punya attitude seorang gangsta. Sebagai Hakeem, rapper baru yang karirnya berangkat dari koneksi orangtuanya, tidak heran jika ia menyanyikan lagu seperti ‘Keep It Movin’ yang dinyanyikannya bersama Serayah McNeil yang mengingatkan akan Rihanna di serial ini.

Menarik memang bagaimana karakter-karakter di “Empire” agak mengingatkan persona yang nyata di industri musik atau skena RnB/hip-hop Amerika. Meski terkadang batasnya tidak jelas antara ingin menjadi parodi atau homage. Dan itu jelas tergambar dengan jelas dalam pemilihan lagu-lagunya. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Yazz atau Smollet terkadang terkesan seperti “parodi” ketimbang menjadi lagu yang utuh.

Untunglah serial ini juga menggandeng banyak penyanyi berkarakter sebagai bintang tamu. Jangan lewatkan nomor balada powerful Jennifer Hudson dalam ‘Remember the Music’, yang dipastikan akan membuat pendengarnya larut dalam pusaran keharuan yang besar. Begitu kuatnya karakter Hudson, hingga di nomor yang lebih “ringan” dan cenderung corny seperti ‘Whatever Makes You Happy’ ia tetap tampil dengan gemilang, meski kemudian agak mengingatkan, ahem, Beyonce.

Lantas ada Mary J. Blige yang berduet dengan Howard dalam ‘Shake Down’ yang soulful dan kaya dinamika. Jangan lewatkan penampilan gemilang Courtney Love, dalam satu-satunya lagu non-RnB dalam album ini, ‘Walk Out On Me’. Love membuktikan jika sad-core bukan mutlak milik Lana Del Rey semata.

“Empire: Original Soundtrack from Season 1” adalah album yang sangat menghibur. Setiap lagu akan memuaskan pendengaran. Tapi sebaiknya ia dipandang sebagai album soundtrack. Album yang berisi lagu-lagu yang bercerita tentang kisah film/serialnya alih-alih sebuah album dengan konsep musikalitas yang solid. Jadi, tidak heran jika secara tone satu lagu dengan lagu yang lainnya terasa belang-belang. Tidak bisa disalahkan juga. Namun yang pasti, melalui album ini kita tahu jika ada seorang penyanyi berbakat bernama Jussie Smollet yang langkah ke depannya patut untuk mendapat perhatian.

TRACKLIST
1. “Good Enough” 3:50
2. “What Is Love” 2:53
3. “No Apologies” 2:52
4. “Keep It Movin'” 3:24
5. “Walk Out on Me” 3:25
6. “Conqueror” 4:28
7. “Remember the Music” 3:23
8. “Shake Down” 3:26
9. “Power of the Empire” 3:17
10. “Nothing to Lose” 2:48
11. “Whatever Makes You Happy” 3:15

Haris
CreativeDisc Contributor
@oldeuboi

Related posts

Leave a Reply