Trending News

Blog Post

Album of the Day: Shayne Ward – Closer
Album of The Day

Album of the Day: Shayne Ward – Closer 

Music make over? Possibly. Tapi kebenaran sejati mengenai “Closer“, album studio keempat dari Shayne Ward ini adalah kisah yang lebih luas dari itu. Perceraiannya dengan Sony pasca “Obsession” merupakan tantangan terberat dalam karir pemenang The X Factor UK ini. Ia menandai momentum tersebut dengan “1 door closed, A Thousand more will open.” Bergabungnya Shayne di bawah manajemen baru, Alan Edwards membuatnya bisa bernafas lega dan melanjutkan impian indahnya sebagai recording artist. Pun, perjodohannya dengan Mike Stock, sepertiga dari legenda produsen musik SAW, berhasil melahirkan album studio bertemakan throwback di tahun 2015 ini.

‘My Heart Would Take You Back’ yang terlebih dahulu dirilis menjadi perwakilan sempurna mengenai kondisi album ini. Semprotan soul yang ia torehkan sangat membekas pada gaya musik baru dari sang artis. Pengaminan terhadap konsepsi demikian terjadi dalam track-track lainnya. Sebut saja ‘Moving Target’, ‘Crying, Lying Eyes’, dan ‘I’m So Proud Of You’. Seperti perjalanan ke tempat baru, kita dibuat terpukau dengan pesona yang belum pernah Shayne tampilkan sebelumnya.

Sebutlah banyak influens yang mengontaminasi jiwa keartisan Shayne dalam kurun waktu 5 tahun ke belakang. Ia bermain dalam musikal “Rock of Ages” hingga ikut serta dalam TV show “Dancing on Ice”. Meski tak sepenuhnya berpengaruh langsung, pengalaman-pengalaman tersebut tergolong baru baginya, sehingga implementasi elemen-elemen baru dalam album ini tak lekang dari pengalaman pribadi Shayne. Extraordinary pop akan terdengar dalam ‘If You Were Here Tonight’. Seolah menolak aransemen kekinian, infus soul R&B ke dalamnya mengubah vibe lagu ini. Kejutan dari itu semua hadir dalam ‘Rendez-vous, The Place I Love’. Who would’ve thought he relived the retro disco? So unlike him, yet so impressing.

Tapi apapun namanya, gaya baru dari Shayne tak sepenuhnya melucuti kebiasaan lama. Ya, bicara ballad, ia masih meyakinkan di ‘I Never Said’ dan ‘Too Much to Lose’, sedikit upbeat dalam ‘The Way You Were’, dan midtempo ‘Make It Simple’ akan kembali mengingatkan kita kepada pesona Shayne yang membuat publik pertama jatuh hati padanya sekitar sepuluh tahun yang lalu. Falsetto pun makin jadi, saat ia membawakan ‘No Promises’ secara akustik, pun versi stripped untuk lagu Sugababes ‘About You Now’. For those who’s already in love with Shayne Ward, kamu akan menemukan kepuasan tiada akhir lewat album ini. “Closer” adalah karya yang semakin mendekatkan Shayne pada poros keartisannya.



Official Website

TRACKLIST
1. “Moving Target” 3:03
2. “My Heart Would Take You Back” 3:28
3. “I Never Said” 3:15
4. “The Way You Were” 3:44
5. “Too Much To Lose” 3:37
6. “Crying, Lying Eyes” 3:13
7. “I’m So Proud of You” 3:52
8. “Make It Simple” 3:10
9. “Fake” 3:13
10. “I Let You Get Away” 3:11
11. “Rendez-Vous, The Place I Love” 4:05
12. “About You Now” 3:48
13. “If You Were Here Tonight” 4:12
14. “No Promises” 3:28
15. “My Heart Would Take You Back” (The JRMX Remix) 5:31
16. “My Heart Would Take You Back” (Voice Memo)
17. “Make It Simple” (Voice Memo)
18. “Moving Target” (Voice Memo)

Haris
CreativeDisc Contributor
@oldeuboi

Related posts

Leave a Reply