Trending News

Blog Post

Pesta Bersama Killswitch Engage dan Carcass di Sonic Fair 2015
Concerts Review

Pesta Bersama Killswitch Engage dan Carcass di Sonic Fair 2015 

Setelah sukses menggelar Hammersonic Metal Festival untuk yang ke-empat kalinya awal Maret yang lalu dengan mendatangkan Lamb of God, Terrorizer, Unearth, Mayhem dan band-band metal papan atas lainnya, Revision Live kembali menggebrak dengan event SONIC FAIR yang berlangsung di Auditorium Ancol Beach City hari minggu yang lalu, 3 Maret 2015. Band Metalcore asal Misfield, Massachusetts Killswitch Engage dan salah satu pionir Death Metal dari Liverpool UK CARCASS didaulat sebagai headliner dan berbagi panggung dengan band-band metal terkemuka tanah air yaitu Burgerkill, Seringai, Down For Life, Jasad, Dead Vertical, Parau, Taring, Alice, Godless Symptoms dan Poison Nova.

SONICFAIR adalah Metal Festival yang diramu dengan expo kultur rock / metal dengan menampilkan berbagai booth merchandise dan clothing seperti t-shirt, celana, hoodie, topi, dan produk fashion lainnya, record store / label yang menjual berbagai macam rilisan fisik seperti cd, vinyl, kaset dan lainnya. Expo SONICFAIR 2015 ini tanpa tiket masuk jadi pengunjung dapat masuk gratis dan bisa leluasa berbelanja.

Tepat pukul 14:30 sore itu, Poison Nova membuka hajatan Sonic Fair sore itu, disusul oleh Godless Symptoms dan Alice. Belum banyak terlihat metalheads yang ikut hadir di depan panggung menonton pertunjukan, sebagian masih berada di luar arena. Hal yang sama juga terlihat ketika line-up lokal yang lain seperti Taring, Parau, Dead Vertical tampil.

seringai

Setelah break magrib, suasana sudah berubah, penonton udah semakin banyak memadati venue. SERINGAI yang tampil setelah Down For Life berhasil membuat panas venue malam itu. Seperti biasa, kuartet Heavy Metal/Rock dari Jakarta beranggotakan Arian13 (vocal), Ricky Siahaan (Gitar), Sammy Bramantyo (Bass) dan Edy Khemod (Drums) ini menghajar panggung dengan lagu-lagu bertegangan tinggi antara lain “Individu Merdeka”, “Dilarang Di Bandung”, “Serigala Militia” dan lain-lain.

burgerkill

Next Up, Burgerkill juga tampil tidak kalah beringas, walaupun dengan set yang cuma berdurasi 30 Menit, Burgerkill tetap menyuguhkan performance yang membuat penonton merapatkan barisan dan ber-headbang bersama. Setlist yang dimainkan malam itu oleh Burgerkill adalah “Atur Aku”, “Penjara Batin”, “Undefeated”, “House of Greed”, “Shadow of Sorrow” dan “Under The Scars”. Sebagai informasi, kwintet Heavy Metal/Metalcore asal Ujung Berung, Bandung ini baru saja diumumkan akan tampil di dua Festival Metal bergengsi jagad ini yaitu Bloodstock di Inggris dan Wacken Open Air di Jerman, Agustus tahun ini. Sungguh ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Metal Scene ditanah air. Di Bloodstock 2015 nanti disamping Burgerkill, JASAD juga akan ikut mengisi line-up festival ini.

carcass

Persiapan panggung dari Burgerkill ke headliner asal UK, CARCASS memakan waktu cukup lama sekitar 30 menit. Tapi, hal ini tidaklah sia-sia, sound dan lighting Carcass sangat maksimal dan megah untuk set mereka yang berdurasi 1 jam. CARCASS beberapa hari sebelumnya sempat menuai kecaman dan komentar pro dan kontra karena postingan di Facebook page mereka. Di sana, CARCASS mengunggah foto Presiden Jokowi yang sedang memakai t-shirt Napalm Death dengan caption Death Metal (Poser). Hal ini mungkin ada hubungannya dengan proses eksekusi mati terhadap 9 orang terpidana gembong Narkoba yang tetap dijalankan oleh pemerintahan Jokowi. Banyak Netizen yang bereaksi negatif dengan postingan tersebut. Bahkan ada yang menghimbau untuk mengosongkan venue ketika nanti Carcass tampil di Sonic Fair. Tetapi, himbauan ini tidak terbukti, metalheads tidak menghiraukan hal itu dan tetap menikmati penampilan salah satu legend Death Metal asal Liverpool ini.

Jeff Walker (Bass, Vokal), Bill Steer (gitar), Ben Ash (gitar) dan Daniel Wilding (drum) membuktikan bahwa mereka tetap merupakan salah satu band Death Metal yang paling berpengaruh. 11 lagu yang dimainkan malam itu diantara nya : “Unfit for Metal Consumption”, “Buried Dreams”, “Incarnated Solvent Abuse”, “Cadaver Pouch Conveyor Systems”, “Genitical Grinder”, “Black Star”, “Captive Bolt Bistol”. Jeff Walker, pentolan Carcass malam itu terlihat sangat ramah di atas panggung, beberapa kali dia berkomunikasi dengan penonton dan mengucapkan “Terima Kasih” dalam bahasa Indonesia. Setelah lagu pamungkas “Heatwork”, Jeff berjalan di barikade depan, menyalami penonton dan berfoto selfie bersama.

killswitch

KILLSWITCH ENGAGE tampil sebagai Headliner utama malam itu. Dan memang, mereka sangat pantas mendapat kehormatan ini. Tapi walaupun begitu, di atas panggung mereka tetap memuji Carcass yang merupakan band yang telah menginspirasi mereka dan sangat terhormat bisa berbagi panggung bersama. Unit Metalcore asal Massachusetts dengan formasi Jesse Leach (vokal), Adam Dutkiewics (gitar), Justin Foley (drums), Mike D’ Antonio (bass), serta Joel Stroetzel (gitar) berhasil menuntaskan pesta metal malam itu dengan performance mereka yang luar biasa, energik dan powerful. Penonton yang datang juga sangat menikmati suguhan ini, mereka ber-sing along serta moshing sejak lagu pembuka “Fixation On The Darkness” dimainkan. Semua personil tampil all out malam itu, tak terkecuali sang vocalist, Jesse Leach. Bahkan Jesse sampai turun panggung dan bernyanyi ke barikade penonton. Beberapa lagu yang menghiasi setlist Killswitch malam itu antara lain ; “This is Absolution”, “Beyond The Flames”, “Arms of Sorrow”, “Rose Of Sharyn”, “Life to Lifeless”, “Prelude”, “Vide Infra”, “Always”, “My Last Serenade”, “A Bit Farewell”, “The New Awakening”, “My Curse”, “In Due Time”, dan ditutup dengan “The End Of Heartache” yang kembali menciptakan koor massal penonton.

Photo & Teks by: Budi Susanto
CreativeDisc Contributor
@mrbudisusanto

Related posts

Leave a Reply