Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – 30 Stars 90’s
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – 30 Stars 90’s 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Jika kamu sudah terbuai dengan nostalgia ke era 80 dalam seri kompilasi “30 Stars”, maka bersiap untuk dipukau dengan kompilasi era berikutnya. “30 Stars 90’s” adalah kumpulan lagu-lagu terbaik yang menyimpulkan rentang waktu 10 tahun musik dalam dua keping disknya.

Para pemain baru yang mulai mengorbit di era ini seperti Britney Spears dan Christina Aguilera, bersanding dengan mereka-mereka yang menapaki puncak karirnya di dekade yang sama, seperti Celine Dion dan Toni Braxton. Brit dan Xtina masing-masing menampilkan debut single mereka, ‘Baby One More Time’ dan ‘Genie in a Bottle’ yang berhasil membuat trend dengan musik bubblegum pop yang mereka sama-sama usung. Sementara itu, karir gemilang Celine dan Toni dicatat dengan ‘My Heart Will Go On’ dan ‘Un-Break My Heart’ yang suksesnya diakui tak cuma di chart bergensi Billboard, tapi juga ajang penghargaan Oscar dan Grammy.

Dari persepsi musik sendiri, 90-an pekat didominasi oleh pop. Beberapa kriteria yang menonjol antara lain debut Backstreet Boys di US dengan ‘Everybody (Backstreet’s Back)’, invasi dunia oleh Natalie Imbruglia dengan ‘Torn’, dan juga lahirnya popstar baru Irlandia B*Witched dengan ‘C’est La Vie’. Tapi, padu padan musik lain yang tak kalah menonjol juga sempat membuat pop rela berbagi highlight dengannya. Sebut saja Latin. Musik ini berkembang pesat pada dejade 90-an ditandai dengan karir internasional Ricky Martin, terjunnya Jennifer Lopez ke dunia musik secara profesional, dan juga dominasi Santana di pasar musik Amerika dan dunia. ‘Shake You Bon-Bon’, ‘If You Had My Love’, dan juga ‘Maria Maria’ dirasa lebih dari cukup untuk mewakili Latin flavor yang menggema sepanjang dekade.

Black music pun seolah tak mau kalah. Sulit untuk melupakan betapa mighty-nya Usher, TLC, hingga Fugees di era ini. Mereka pun menggembirakan perhelatan yang album ini adakan dengan ‘You Make Me
Wanna’, ‘Waterfalls’, dan ‘Fu-Gee-La’. Moment-moment ini bergabung dengan beberapa hal sensasional lain seperti ‘Macarena’ oleh Los Del Rio, ‘It’s Like That’ dari RUN-DMC vs Jason Nevins, dan heartfelt single dari Whitney Houston ‘My Love is Your Love’. Intoxicating yet entertaining. Mereka yang datang dari background musik berbeda memberi variasi sound terhadap album.

Dari one hit wonder Lou Bega ‘Mambo No.5’ hingga cikal bakal Diva Anastacia ‘I’m Outta Love’ merupakan highlight lain di era ini. Keunikan mereka tak cuma terhenti pada imej diri masing-masing, tapi juga karya yang mereka hasilkan. Tapi memang penerimaan masyarakatlah yang memisahkan keduanya dari singkatnya umur di panggung hiburan dengan yang panjang umurnya.

Mendengarkan album ini merupakan sebuah keunikan tersendiri dalam mempelajari bagaimana musik yang membuat dampak dalam sejarah selama 10 tahun bergulir, dari 1990 hingga 1999. Nama-nama seperti Sophie B. Hawkins, Rednex, Soul Asylum, hingga Len dan Spin Doctors sempat mengecap indahnya popularitas dalam karir yang mereka jalani di suatu masa antara rentang waktu tersebut. Tak ketinggalan R. Kelly yang memberi dampak dahsyat luar biasa dengan ‘I Believe I Can Fly’. Lagu inspirational yang dipakai untuk soundtrack film animasi Warner Bros. ini memenangkan banyak hati dan masih sangat relevan untuk didengarkan hingga sekarang. Lagu ini tak mengenal perkara jenuh, karena ia memang karya klasik yang mutlak.

Sebaiknya jangan aplikasikan sikap negatif dalam mengelupas album ini. Boleh menganggap ia masih punya banyak celah sehingga belum representatif betul sebagai sebuah simpulan. Tapi bersikaplah terbuka, karena highlight yang album ini tampilkan tidak mainstream, khususnya di keping disk kedua. Eye-opening sebenarnya, karena masih banyak aspek musik di dekade ini yang mungkin sempat terlewatkan.

https://www.youtube.com/watch?v=8tuvz_9D7Ok

TRACKLIST
CD 1
1. …Baby One More Time – Britney Spears
2. Everybody (Backstreet’s Back) – Backstreet Boys
3. Genie in a Bottle – Christina Aguilera
4. Shake Your Bon-Bon – Ricky Martin
5. If You Had My Love – Jennifer Lopez
6. Summertime – DJ Jazzy Jeff & The Fresh Prince
7. Mambo No. 5 (A Little Bit of…) – Lou Bega
8. Macarena – Los Del Rio
9. C’est la vie – B*Witched
10. You Make Me Wanna… – Usher
11. My Love Is Your Love – Whitney Houston
12. I Believe I Can Fly – R. Kelly
13. Un-Break My Heart – Toni Braxton
14. Torn – Natalie Imbruglia
15. My Heart Will Go On – Céline Dion

CD 2
1. Maria Maria – Santana feat. The Product G&B
2. Can I Kick It? – A Tribe Called Quest
3. r. Loverman . Shabba Ranks feat. Chevelle Franklin
4. Steal My Sunshine – Len
5. Waterfalls – TLC
6. Here Comes the Hotstepper – Ini Kamoze
7. Fu-Gee-La – Fugees
8. I’m Outta Love – Anastacia
9. Gonna Make You Sweat (Everybody Dance Now) – C & C Music Factory
feat. Freedom Williams
10. Cotton Eye Joe – Rednex
11. It’s Like That – RUN-DMC vs. Jason Nevins
12. Runaway Train – Soul Asylum
13. Mmm Mmm Mmm Mmm – Crash Test Dummies
14. Damn I Wish I Was Your Lover – Sophie B. Hawkins
15. Two Princes – Spin Doctors

Ai Hasibuan
CreativeDisc Contributor
@hasibuanai11

Related posts

Leave a Reply