Quantcast

August Artist of the Month: Adam Lambert

By - 4 years ago in Artist of The Month

American Idol tak hanya memperkenalkan kita pada sosok Adam Lambert, tapi memaksa kita untuk terpesona dengan citra glamrock-nya. Di musim kedelapan AI, ia berkompetisi hingga babak akhir. Kekuatan kompetisinya didukung oleh pengalaman masa kecilnya yang mengikuti kasting untuk sejumlah pertunjukan teater. Mulai dari “You’re a Good Man” sampai “Charlie Brown”. Dan meskipun keluar sebagai juara kedua saja, tapi ia memiliki karir pasca kompetisi yang gemilang. Mengambil inspirasi dari Madonna, Queen, Michael Jackson, Aerosmith, David Bowie, dan Led Zeppelin, musik yang Adam tawarkan dalam dua album studio perdananya, “For Your Entertainment” dan “Trespassing” adalah pagelaran musik pop dengan variasi yang nyentrik. Ragam tersebut membuat dirinya menjadi salah satu vokalis pop tersohor di era ini.

‘No Boundaries’ yang ia rilis bersamaan dengan Kris Allen merupakan single perdana yang Adam rilis di 2009, namun ‘For Your Entertainment’ adalah gerbang awal peluncuran karirnya. Sayang, penampilan live di ajang American Music Awards menimbulkan kontroversi yang memaksa Adam dan tim memutar otak untuk menjalan plan B. Dan dirilislah single kedua, ‘Whataya Want From Me’ yang hingga saat ini tercatat sebagai single tersukses dari pria yang berusia 33 tahun ini. Di saat yang sama, ia juga dipercaya untuk menyanyikan soundtrack film blockbuster “2012”, ‘Time for Miracles’. Busy year for a new comer memang, tapi itu semua terbayar dengan album yang sanggup menjangkau ke peringkat 3 Billboard 200 Albums, single ‘Whataya Want From Me’ yang menjajal ke Top 10 Billboard Hot 100 plus mengantarkan Adam pada nominasi Grammy di tahun 2011 untuk kategori Best Pop Male Vocal Performance. On top of it, tiket untuk tur konser “Glam Nation” yang ia gelar hampir selalu sold out di setiap tempat yang ia kunjungi.

Briliannya karir Adam menanjak saat ia merilis album keduanya di tahun 2012. Album ini melibatkan nama-nama populer, dan posisi Adam pun mulai semakin serius untuk albumnya, ia mengambil alih kursi produser eksekutif di albumnya. Claude Kelly membantu di lagu ‘Better Than I Know Myself’, yang sekaligus menjadi single pertama dari album tersebut. Kemudian ada Pharrel Wiliams di lagu ‘Kickin In’, Bruno Mars di lagu ‘Never Close Our Eyes’, Bonnie Mckee di lagu ‘Cuckoo’ dan ‘Chokehold’, serta berkolaborasi dengan Nile Rodgers dan Sam Sparro di lagu ‘Shady’. Tentu tidak sia-sia, album ini berhasil duduk di puncak Billboard 200 Albums. Adam’s first #1 album. Pada masa-masa ini, Adam juga membangun koneksi dengan Queen, dimana mereka tampil bersama berulang kali di sejumlah negara di Eropa. Popularitas dan musikalitasnya sama-sama meningkat.

Sayang, keharmonisan antara Adam dan labelnya harus goyah saat mereka hendak merancang album ketiga. Perbedaan kreativitas memaksa mereka untuk mengambil keputusan berpisah. Good for Adam, tak lama ia menemukan rumah baru dengan Warner, yang mendukung proyek pengerjaan musik yang tak biasa untuk album “The Original High” pada tahun ini. ‘Ghost Town’ yang sudah dirilis terlebih dahulu mengenalkan bab baru dari perombakan musik Adam. Kini, ia tidak lagi begitu pekat menyajikan glamrock, tapi ia lebih nyaman dengan menguatkan volume dance pada variasi musik popnya. Bersama Max Martin dan Shellback, 11 lagu dalam album ini tergolong apik dan tiada duanya. Album ini punya kualitas bergengsi atas keberaniannya mengoyak batasan pop sehingga tak terkotak pada satu konsepsi saja. Bagian paling menyenangkannya adalah banyak pilihan lagu dengan banyak pilihan nuansa yang bisa dipilih sebagai terfavorit. Selain ‘Ghost Town’, ada ‘There I Said It’, ‘Underground’, ‘Things I Didn’t Say’, juga title track ‘The Original High’. Rekomendasi akan terus mengalir dari album ini. That’s why “The Original High” pantas banget dijadikan album bulan ini, dengan Adam Lambert menempati posisi sebagai Artist of the Month-nya. CreativeDisc dan Warner Musik Indonesia akan sangat bangga menggemakan nuansa musik yang out of this world dari Adam selama Agustus ini!

Intro by: Ai Hasibuan

Official Website Adam Lambert
Official Facebook Adam Lambert
Official Twitter @adamlambert

Official Twitter @WarnerMusicID
Official Facebook Warner Music Indonesia
Official Website Warner Music Indonesia

CD Collector | Music freaks

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | June 19, 2019 By

Adam Lambert Umumkan ‘Comin In Hot’ Sebagai Single Baru Album “Velvet”

Music News | May 21, 2019 By

Adam Lambert & Carrie Underwood Reuni Untuk Final “American Idol” 2019

Creative Disc Exclusive Single | May 20, 2019 By

Creative Disc Exclusive Single: 20 May 2019