Moshi Moshi, Festival Kebudayaan Jepang di Summarecon Mal Bekasi

Oleh: sheyla - 05 Dec 2015

Summarecon Mal Bekasi baru saja mengadakan Festival Kebudayaan Jepang minggu lalu, 27 sampai 29 November 2015 di area The Downtown Walk. Bertajuk “Moshi Moshi” yang berarti “Halo” ini merupakan festival Negeri Sakura pertama di Summarecon Mal Bekasi dengan menghadirkan segala keunikan Jepang. Mulai dari kuliner, fashion, teknologi, dan tentunya musik.

moshi1

“Festival Moshi Moshi yang sarat akan kebudayaan Jepang ini menjadi acara tahunan yang dilaksanakan untuk kedua kalinya di Summarecon Mal Bekasi. Terpilihnya kebudayaan Jepang memang tidak lepas dari berbagai komunitas Jepang yang tersebar di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi. Melalui acara ini, kami berharap Summarecon Mal Bekasi dan Kota Bekasi bisa dijadikan sebagai tempat referensi untuk mengenal kebudayaan luar, tidak hanya Jepang namun juga berbagai kebudayaan lainnya di Dunia.” ujar Willy Effendy, GM Operation Summarecon Mal Bekasi.

Grup komedi Yoshimoto Comedian Project menjadi pembuka festival ini, dengan komedi ala slapstick, tingkah-tingkah kocak yang mengocok perut. Ada juga penampilan Hiroaki Kato, orang Jepang yang cinta banget sama Indonesia. Hiroaki Kato mengawali kecintaannya dengan Indonesia dari kekagumannya dengan buku Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Dia akhirnya keranjingan belajar bahasa Indonesia, ikut pertukaran pelajaran ke Indonesia sampai akhirnya menetap dan berkarya di Indonesia. Hiro mengcover lagu-lagu Indonesia yang di ubah ke bahasa Jepang seperti Sepatu dan Laskar Pelangi. Penampilan J-Rocks di hari sabtu dan Aiu Ratna di hari minggunya, pecah! Semua warga Bekasi pecinta Jepang berkumpul di Summarecon Mal Bekasi.

moshi13

Bukan hanya musik, Moshi Moshi juga menampilkan J-pop dance cover yang di ikuti banyak grup dan menampilkan grup-grup yang sudah tidak diragukan kemampuan J-pop dance-nya, seperti Obake, Lumina Scarlet, Rainbow Tachi, Astro Paper, Sangatsu, Henoheno Moheji, Floating Material dan Fairytails. Juga tentunya, acara yang paling ditunggu-tunggu, lomba cosplay! Cosplayers bebas berkreasi memakai kostum sesuai tokoh manga dan anime favorit mereka! Jangan heran kalau tiba-tiba banyak “karakter komik” Jepang keliling di SMB. Tidak sedikit pengunjung yang minta berfoto bersama cosplayers, serasa foto dengan karakter aslinya!

Kuliner Jepang juga tentunya tidak ketinggalan! Moshi Moshi menghadirkan 18 tenant yang menyajikan beragam makanan Jepang seperti Takoyaki, Ramen, Udon, Yakimeshi, Okonomiyaki, Sushi, Gyutan-Don, Onigiri dan yang lainnya. Berbagai camilan khas Jepang juga disajikan, Japadog (Japanese Hotdog), Mochi Ice Cream, dan Dorayaki “kuenya Doraemon”.

moshi16

Acara kebudayaan seperti ini memang selalu seru, dan semoga Summarecon Mal Bekasi bisa menjadikan ini acara rutin tahunan, ya! Dan we’ll wait and see andai nantinya ada Festival Kebudayaan serupa dari negara lain. Mata ne!

 Teks oleh Sheyla Ashari

sheyla
More from Creative Disc