Trending News

Blog Post

Album of the Day: Halsey – Badlands
Album of The Day

Album of the Day: Halsey – Badlands 

Ashley Frangipane, atau yang lebih dikenal dengan Halsey, punya vokal cerah renyah yang manis. Namun ia memilih pendekatan musikalitas yang bersebrangan dengan warna vokalnya tersebut, gelap. Tidak hanya itu, ia juga mengandalkan atmosfir untuk barisan lagunya. Dan itu semua terlampir dalam album debutnya, “Badlands“.

Seusai mendengarkan “Badlands”, mau tidak mau ada beberapa nama yang terlintas di benak. Mendengarkan “Badlands” seperti mendengarkan Lorde, Ellie Goulding, Lana Del Rey, dan bahkan Skylar Grey, yang saling mengait, melebur, dan membentuk karakteristik seorang Halsey. Dengan melintasnya nama-nama tadi, maka bisa dikatakan jika electro-pop, dream-pop, synth-pop, indie-pop, indie-tronica, sad-core adalah apa yang ditawarkan Halsey dalam album.

Ia mengantarkan ‘Ghost’ sebagai sajian pertama untuk album ini, yang juga berasal dari EP berjudul “Room 93”, yang dirilis sebelum “Badlands”. ‘Ghost’ akan mengingatkan Goulding di awal karirnya, indietronica yang menghentak dengan beat yang cukup menohok, tapi tak pernah benar-benar intens, melainkan melantun manis dan mengalun, meski tentunya ada warna buram dan pekat yang membedakan Halsey dengan Goulding.

Lantas ia menawarkan ‘Americana’, yang sama sekali tidak berbau americana yang agak mengingatkan folk atau country itu, namun sebuah electro-pop bertempo sedang yang cukup intens. Halsey juga terdengar cukup intens dalam menyanyikan lagunya, sehingga terdengar anthemik. Yang menjadi catatan, atmosfir gelap membuat lagunya terdengar edgy.

Pada umumnya lagu-lagu dalam “Badlands” setipe dengan dua lagu di atas. Misalnya ‘Castle’, track pembuka album, yang infusi electro-pop dan trip-hop memancarkan aura Lorde dengan kuat. Atau ‘Hurricane’, atau ‘Haunting’, atau ‘Control, atau ‘I Walk The Line’, yang semuanya mengandalkan tone murung dan gelap.

Bukan berarti Halsey melulu seperti itu. Tetap ada nomor-nomor ang memberi setitik cerah dalam pekatnya “Badlands”. Sebutlah pop 80-an dalam ‘Roman Holiday’ yang relatif lebih ringan dibandingkan kebanyakan track dalam “Badlands”.

Ada juga ‘Colors’ yang memiliki pendekatan yang mirip dengan ‘Roman Holiday’, meski dalam semangat ala M83 dalam versi yang lebih ringan. Tapi kemudian ‘Colors’ segera disusul dengan ‘Colors, PT. II’ yang mengembalikan kemurungan Halsey tadi.

Halsey menyebutkan jika “Badlands” adalah sebuah concept album. Ia mengandai-andaikan “Badlands” sebagai sebuah ranah dystopian, dimana gurun tandus mengungkungi wilayahnya dan menahan para penghuninya untuk tidak beranjak kemana-mana. Halsey juga menyebutkan jika pada akhirnya “Badlands” adalah metafora untuk keadaan mentalnya.

Idenya menarik. Tidak heran jika atmosfir gelap tadi menyelimuti albumnya. Hanya saja, di tengah trend film dam buku remaja berseting dunia dystopia (The Hunger Games, Insurgent, The Maze Runner), “Badlands” sebenarnya tidak seberat itu. Secara umum ia masih menawarkan materi klise tentang kegelisahan yang formulatis, kemudian dibalur dengan romansa yang mengharu-biru.

Jadi “Badlands” sebenarnya tidak seberat yang diperkirakannya. Ia masih sebuah album pop radio friendly yang menyamarkan dirinya sebagai album serius, edgy, atau artsy. Tentunya ia adalah sebuah album yang entertaining. Hanya saja sayangnya secara dimensi ia masih bersisi dua. Masih berkutat dalam hal-hal klise, emo yang artifisial, dan pretensi untuk menjadi lebih dari sekedar pop, meski wujud sebenarnya masih pop murni.

Sebenarnya tidak ada yang salah menjadi pop murni yang menawarkan lagu-lagu catchy. Hanya saja upaya Halsey agar ia tidak terdengar jenerik masih belum terlalu keras. Secara umum albumnya masih terdengar jenerik. Namun tak mengapa. Ia masih sangat muda. Dan ini merupakan jejak langkah pertamanya. Masih banyak waktu bagi Halsey untuk menemukan formula dirinya yang lebih pas, dan bukan mimikri dari musisi lain yang lebih mapan dengan karakteristik mereka yang tegas.

iTunes

Official Website

TRACKLIST
1. “Castle” 4:37
2. “Hold Me Down” 3:24
3. “New Americana” 3:03
4. “Drive” 4:18
5. “Hurricane” 3:43
6. “Roman Holiday” 3:21
7. “Ghost” 2:33
8. “Colors” 4:09
9. “Colors, Pt. II” 1:36
10. “Strange Love” 4:07
11. “Coming Down” 3:43
12. “Haunting” 4:20
13. “Gasoline” 3:19
14. “Control” 3:34
15. “Young God” 3:00
16. “I Walk the Line” 2:45

Related posts

Leave a Reply