Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – 2016 Grammy Nominees
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – 2016 Grammy Nominees 

Released by: Universal Music Indonesia

Tahun ini, Grammy Awards sudah berusia 58 tahun. Tradisi perilisan album kompilasi para unggulannya sudah berusia 21. Kompilasi “2016 Grammy Nominees” sebagai suvenir ajang penghargaan musik paling prestisius ini menampilkan 21 buah lagu yang berasal dari 6 kategori; 4 di kategori umum dan 2 di genre pop dan country. Pasangan Pop dan country pun merupakan genre yang dalam kurun waktu 3 tahun ini dipajang untuk album. Pasangan ini absen di kompilasi 2013, dimana Pop bersanding dengan Rock di album.

Pilah-pilih ini bukanlah perwujudan yang representatif terhadap penghargaan itu sendiri. Toh seluruh unggulan dalam kategori yang diangkat tampil dalam album. Hanya sesekali nominatornya tak lengkap, seperti tahun ini, dimana ‘Bad Blood’ oleh Taylor Swift dan Kendrick Lamar yang diunggulkan di kategori Best Pop Duo/Group Performance ditiadakan karena T-Swift sudah menampilkan ‘Blank Space’ yang diunggulkan di kategori Record dan Song of the Year. Jadi, dapat disimpulkan bahwasanya azas dari pemilihan kategori merupakan naluri kompilator terhadap preferensi publik, dengan pertimbangan keadilan atas ragam genre yang diadu dalam penghargaan musik ini.

Sudah diketahui bahwa Kendrick Lamar adalah nama yang paling banyak dinominasikan untuk tahun ini. Lagu ‘Alright’ yang diunggulkan sebagai salah satu lagu terbaik ialah perwakilan yang pas atas prestasi kerjanya selama kurun waktu yang ditentukan. Karya apik ini memang unggul di bidang rap dan hip-hop, terbukti dengan perolehan penghargaan di ajang MTV VMA, BET Hip-Hop Awards, dan juga Soul Train Music Awards. Dan apakah karya ini akan sanggup bertanding melawan unggulan lain yang berasal dari pop; ‘Blank Space’ dan ‘Thinking Out Loud’ (Ed Sheeran), country; ‘Girl Crush (Little Big Town), ataupun gabungan pop & hip-hop ‘See You Again’ (Wiz Khalifa featuring Charlie Puth)? Tinggal tunggu saja di pertengahan Februari ini.

Beberapa nama baru yang menjadi besar seperti The Weeknd dan Chris Stapleton mendapat kesempatan untuk menjadi yang terbaik. Tak hanya di genre masing-masing, tapi juga di ketagori umum. ‘Can’t Feel My Face’ dan ‘Traveller’ merupakan karya terbaik masing-masing yang patut mendapat apresiasi. Nama-nama lain merupakan “langganan” yang kerap muncul di album apabila mereka diunggulkan. Alabama Shakes kali ini menghadirkan ‘Don’t Wanna Fight’ yang berasal dari album “Sound & Color”, Maroon 5 dengan ‘Sugar’ dari album “V”, dan Florence and the Machine ‘Ship to Wreck’ dari “How Big, How Blue, How Beautiful”.

Dulunya, sangat masuk akal jika mengatakan kebahagiaan terbesar di Grammy setiap tahunnya berada di tangan para nominator untuk kategori Best New Artist. Karena untuk kali pertama karya mereka diakui dalam garis kualitas oleh para juri Grammy. Namun, beberapa tahun ke belakang, ada perubahan pertimbangan yang menciptakan kejanggalan seperti Meghan Trainor masuk dalam kategori New Artist di 2016, padahal di 2015 ia sudah masuk nominasi untuk Record dan Song of the Year. Ed Sheeran diunggulkan di tahun 2014, padahal di tahun 2013 sudah dinominasikan untuk Song of the Year. Meskipun demikian, Courtney Barnett, James Bay, Sam Hunt, Tori Kelly, dan juga Meghan pastilah merasa diberkahi walaupun masih berada di garis nominasi. Terlebih, ketiga nominator wanita hanya memperoleh unggulan di kategori ini saja.

I am a mainstream guy. Dan dengan ke-mainstream-an itu mengakibatkan terbatasnya akses terhadap D’Angelo and the Vanguard yang ternyata punya karya sensasional bertajuk ‘Really Love’ yang diunggulkan untuk kategori Record of the Year, berikut album “Black Messiah” yang dirilis di penghujung 2014 lalu mendapat nominasi di kategori Best R&B Album. Jadi, album ini akan membuka wawasan, sehingga kita tidak melulu tahu yang itu-itu saja.

Hal ihwal lainnya dari album ini adalah country yang disajikan berasal dari kategori Best Country Solo Performance. Pemenang langganan Carrie Underwood mesti bersaing dengan Cam, Chris Stapleton, Keith Urban, dan Lee Ann Womack untuk mempertahankan takhtanya di bidang musik ini. Agak berat, mengingat karya Chris yang unggul melewati batas genre-nya. Tapi untuk saat ini, bukan siapa yang menang atau siapa yang kalah, yang terpenting adalah album “2016 Grammy Nominees” merupakan kompilasi yang menjamin kualitas. 21 track-nya telah melampaui saringan dari ribuan karya dalam kurun waktu satu tahun yang Grammy tetapkan sebagai masa syarat. It’s an album for everyone.

TRACKLIST
1. “Uptown Funk” Mark Ronson featuring Bruno Mars 4:30
2. “Blank Space” Taylor Swift 3:51
3. “Can’t Feel My Face” The Weeknd 3:35
4. “Thinking Out Loud” Ed Sheeran 4:39
5. “Sugar” Maroon 5 3:54
6. “Ship to Wreck” Florence and the Machine 3:54
7. “Don’t Wanna Fight” Alabama Shakes 3:52
8. “Really Love” D’Angelo and the Vanguard 3:58
9. “Alright” Kendrick Lamar 3:14
10. “Traveller” Chris Stapleton 3:41
11. “Girl Crush” Little Big Town 3:13
12. “See You Again” (from Furious 7) Wiz Khalifa featuring Charlie Puth 3:49
13. “Lips Are Movin” Meghan Trainor 3:01
14. “Should’ve Been Us” Tori Kelly 3:04
15. “Take Your Time” Sam Hunt 3:38
16. “Hold Back the River” James Bay 3:40
17. “Pedestrian at Best” Courtney Barnett 3:50
18. “Little Toy Guns” Carrie Underwood 3:30
19. “Burning House” Cam 3:38
20. “Chances Are” Lee Ann Womack 3:40
21. “John Cougar, John Deere, John 3:16” Keith Urban 3:40

Related posts

Leave a Reply