American Idol 15 : Hollywood Week Pt. 2 – Group Rounds

Oleh: noverdy - 02 Feb 2016

Perjalanan season terakhir dari American Idol kini sudah memasuki tahap kedua dari babak yang paling menguras energi dan emosi, Hollywood Week, tepatnya di fase Group Rounds. Babak Group Rounds ini adalah babak yang paling ditakuti oleh banyak peserta, karena ada banyak sekali yang harus mereka persiapkan, seperti kemampuan bekerja dalam tim, menciptakan konsep penampilan mereka, dan harus menghadapi hal lain hanya dalam waktu 12 jam.

Talking about hal lain, yang saya maksudkan adalah di Group Rounds ini mereka juga harus dihadapkan dengan berbagai macam sifat dan karakter peserta lain, dan bisa kita lihat peserta mana saja yang bossy, drama queen, mama’s kid, group leader, dan banyak karakter lainnya. Siapa yang tidak sabar melihat drama apa saja yang akan diciptakan di Group Rounds season ini?

Seperti biasa, setiap peserta harus menciptakan grup yang terdiri atas 3-4 orang, mereka dibebaskan memilih lagu apa yang akan mereka nyanyikan (well sebenarnya sudah ditentukan lagu apa saja yang boleh mereka nyanyikan), mau seperti apa penampilan mereka, koreografi seperti apa, dan lain-lain yang mereka harus tentukan sendiri. Harry Connick bahkan mengatakan "Y'all need to get real. Y'all got to lay it out!" . Hmm sepertinya mereka tidak main-main dalam mencari juara di season ini. Okay let’s get started!

First off we have Kory Wheeler, Jenna Renae, Jordan Sasser, dan Kelsie Watts yang tergabung dalam grup “Team Blue Eyes” dan membawakan lagu ‘Treasure’. Well that was a great start, tidak ada yang nampak gugup –we know it sucks to go first, right?–, nampak kompak dan tidak ada penampilan yang dilebih-lebihkan. Easily para juri meloloskan mereka berempat.

Selanjutnya ada grup “Milk and Cookies” yang terdiri dari Jenn Blosil, Bri Ray, Lynnzee Fraye, dan Sara Sturm. Milk and Cookies membawakan ‘Drag Me Down’ dengan sangat manis. They’re so cute, and well harmonized. I love the “nobody, nobody” part. Mereka berempat juga lolos mengikuti Team Blue Eyes sebelumnya.

Next, grup “Ooh X2” (Ooh times two) yang lolos dan mendapat pujian dari Keith, dilanjutkan dengan cuplikan dari penampilan Avalon Young bersama grupnya yang juga lolos. Ada juga Jeneve Rose Mitchell yang juga mendapat pujian dari Harry Connick.

We already saw happy faces. Sekarang saatnya kita memasuki bagian paling sedih di Group Rounds. Ada Jennifer Lopez yang terharu menyaksikan penampilan grup dari Chynna Sherrod, Terrian, dan dua gadis lainnya. She said that she really loves her job and she’s gonna miss Idol. Ah me too, JLo. I’m gonna miss this show.

Seperti yang sudah saya bilang di awal bahwa Hollywood Week adalah babak yang paling seru dan menegangkan di Idol, banyak sekali drama dan kejutan terjadi di babak ini, seperti yang satu ini. Untuk pertama kalinya selama 15 season, ada satu grup yang hanya berisikan satu peserta. Yes folks, hanya dia seorang yang ada dalam grup. Tidak lain dan tidak bukan ia adalah Trent Harmon yang mengidap mononucleosis. Sebelumnya dia sudah mempunyai grup, namun dokter mengatakan bahwa dia tidak bisa berada dalam grup, dia hanya boleh tampil sendiri, untuk melindungi peserta lain. Poor him. Dia harus berlatih sendirian tanpa ditemani seorangpun. Well satu keuntungan juga, setidaknya dia tidak harus menghadapi peserta-peserta yang mau menang sendiri. “Just Trent” (nama grupnya) menampilkan ‘Rather Be’ dengan indah dan membuat dia melaju ke babak selanjutnya. Sepertinya Trent akan menjadi peserta yang paling banyak mendapat spotlight karena cerita yang ada pada dirinya. But he’s a talented man also.

Akirnya kita sampai pada bagian drama queens. We’ve got Michelle Marie, Ashley Lusk, Lindsey Carrier, dan anggota baru mereka, Shelby Z. Semua anggota grup membenci Lindsey yang terlalu mendominasi grup dan bertingkah bossy. In the end, semua orang lolos, kecuali Lindsey. Percaya atau tidak, pada setiap group rounds, hampir semua orang yang bossy selalu tidak diloloskan. Pulangnya Lindsey juga diikuti oleh beberapa peserta lain, seperti Elvie Shane , Ashley Lilinoe, dan Cameron Richard. Pada part ini juga ditampilkan performance memukau dari Mackenzie Bourg yang mana ia pernah mengikuti The Voice US Season 3 dari Team CeeLo. Mackenzie juga mengalami nasib yang sama dengan Shelby Z dimana mereka tereliminasi di babak Live Playoffs

Still in the drama part, Poh Scott dari team “Chicken Noodle Soup” memutuskan untuk meninggalkan grup, beserta perjalanannya di American Idol karena ia merasa belum siap dengan segala tekanan yang dihadapinya. Hal ini menyebabkan Dalton Rapattoni dan Kessy Levels dari Chicken Noodle Soup mau tidak mau harus mencari pengganti Poh agar grup mereka bisa tampil. Sementara itu di tempat lain, Anatalia Villaranda merasa lagu yang dipilih oleh grupnya tidak cocok dengan apa yang ia mau dan akan membuatnya gagal. Anatalia, dan ibunya, meminta agar grup “N.V.” (yang beranggotakan Sonika Vaid, Stephany Negrete, dan Andrew Nazarbekian) mengganti lagu yang sesuai dengan kemampuan Anatalia. Tentu saja mereka tidak mau mengganti konsep yang sudah mereka buat, akhirnya Anatalia memilih keluar dari grup. Dan kebetulan ibu dari Anatalia melihat Dalton dan Kessy yang juga mencari anggota. Okay jadilah N.V. kehilangan satu member dan Chicken Noodle Soup mendapat member baru. Namun drama tidak berhenti disitu. Kedua pihak, Anatalia dan N.V. saling berpendapat bahwa mereka adalah yang paling benar. Oh come on guys!. Berita bagus, pada akhirnya semua anggota Chicken Noodle Soup maupun N.V. lolos ke babak berikutnya.

Up next ada penampilan super energetic dari Marcio Donaldson, Jon Klaasen, Kylle Thomason dan Kacye Haynes dari grup “Treat or Trick Tribe”. Lagu ‘Uptown Funk’ yang mereka bawakan membuat mereka semua lolos. Selamat! Ada juga “Smooth Soul” yang membawakan lagu ‘Domino’. Yes 2/3 dari mereka sangat soulful. Joy Dove dan Daniel Farmer nampak outstanding, sementara Lindita (yang berasal dari Kosovo) tidak menunjukkan soul sama sekali, malah lebih cenderung ke rock. Sepertinya Lindita yang akan tersingkir. Tapi ketiga juri berpendapat lain, Lindita lolos! Diikuti oleh Joy dan meninggalkan Daniel yang tidak lolos.

THE DRAMA QUEEN PART IS BACK! Kali ini Gianna Isabella dan Dana Ordway yang apes karena mendapatkan grup bersama Eliz Camacho yang over-powering kedua peserta lain dan sangat men-diva. Gianna dan Dana terlihat sangat tidak nyaman dan tertekan dengan dominasi Eliz. I can say kalau penampilan mereka kacau, tidak ada harmonisasi, terlihat seperti tiga penyanyi solo yang dipertemukan (yes indeed memang begitu kenyataannya). But this is group rounds, mereka harus tampil secara grup, bukan solo. JLo mengatakan bahwa kerjasama adalah segalanya, dan kunci sukses dari Jennifer adalah karena orang-orang di sekitarnya senang bekerjasama dengan dia. Jika kamu tidak mau menghargai orang lain, kamu tidak akan berhasil (EAT THAT ELIZ!). Bisa ditebak, bossy people tidak akan lolos. Dana dan Gianna lolos sementara Eliz harus pulang. We won’t see that bitch again.

Tidak lengkap rasanya ketika membicarakan Hollywood Week tanpa membicarakan bagian lupa lirik. “The Good Vibes” tidak menunjukkan good vibes. Joe Dahman, Alesana Tolai, Olivia Thai dan Jessica Paige menunjukkan penampilan yang amburadul, alhasil hanya Jessica yang masuk tahap berikutnya. Lagu ‘Stand by You’ dari Rachel Platten diputar dan mengiringi pulangnya peserta lain seperti Zach Joseph, Joey Hendricks, dan Bryson Dunn.

“Rebirth” juga berharap agar tidak tereliminasi seperti yang lain, terlebih setelah ditinggalkan salah satu membernya yakni La’Porsha Renae. Manny Torres, Malie Delagado dan Christian Eason berusaha untuk menciptakan koreografi dan juga pembagian lagu baru. Walhasil pujian dan standing ovation dari Keith mereka dapatkan. JLo juga sempat mengatakan bahwa Rebirth adalah best group of the day.

La’Porsha Renae meninggalkan Rebirth untuk mengisi kekosongan di “Soul Cats & The Sistas”, yang juga sebelumnya ditinggalkan oleh salah satu membernya, Shelby Z. La’Porsha beserta dua rekannya Tonie Starr dan Marlena Johnson memilih lagu ‘Stayin’ Alive’ untuk dinyanyikan. That’s a hard song to sing. Tekanan semakin terasa ketika grup sebelum mereka gagal dalam membawakan lagu ini dan mendapat kritikan pedas karena lupa lirik. Marlena terlihat sangat gugup dan membuatnya lupa lirik saat berada di panggung. Tapiiii, she did the correct way! Marlena tidak terhenti saat lupa lirik malah ia membuat improvisasi dengan menyanyikan "Whoa! Oh no! Whoa, no, oh no,". That’s how you forget the words! Begitu kata Harry Connick. SOUL CATS SLAYED IT! Mereka menutup Group Rounds dengan indah.

Tantangan tidak berhenti disini. Hollywood Week masih terus bergulir. Minggu depan, masih ada Hollywood Week Pt. 3 dengan Solo Rounds. Para peserta yang tersisa harus ditantang untuk menyanyi solo dengan iringan band lengkap. Siapa saja yang akan bersinar? Siapa saja yang akan meredup? Dan apakah momen Angie Miller saat menyanyikan ‘You Set Me Free’ akan terulang lagi?

[SPOILER] Minggu depan kita juga sudah bisa mengetahui siapa saja yang akan menjadi Top 24! WOW! CAN’T WAIT? ME TOO!

Teks oleh:

ARIF FIRMANSYAH

noverdy
More from Creative Disc