Quantcast

The Vamps dan The Tide Hebohkan The Coliseum, Singapura

By - 3 years ago in Concerts Review

Maksimal meski hanya sebentar. Begitulah kira-kira gambaran konser The Vamps di The Coliseum, Hard Rock Hotel, Singapura pada tanggal 26 Januari 2016 lalu. Band asal Inggris, The Vamps, menggelar konser pertama mereka di Singapura. Mereka juga menggandeng The Tide, band muda asal California, Amerika Serikat yang dikontrak oleh label milik The Vamps untuk menjadi opening act konser mereka.

Pengumuman pembatalan konser The Vamps di Jakarta, yang seharusnya digelar tanggal 25 Januari 2016 lalu itu cukup mengecewakan para Vampettes (sebutan fans The Vamps). Tapi tidak sedikit dari mereka yang berasal dari Indonesia akhirnya menyusul sang idola ke negeri tetangga itu. Sejak sore, antrian penonton sudah mulai mengular di sekitaran Hard Rock Hotel Singapura. Untungnya venue konser berada di kawasan resort ternama: Sentosa Island, sehingga waktu menunggu tak terasa membosankan.

Sekitar pukul 5 sore, antrian penonton GA dihebohkan dengan suara soundchecking yang terdengar hingga ke luar venue. Sementara penonton VIP sudah terlebih dulu memasuki area The Coliseum untuk menyaksikan soundchecking dari The Tide dan The Vamps. Setelah usai sound check, acara Meet and Greet bersama The Vamps digelar khusus buat para pemenang quiz yang diadakan oleh Universal Music dari berbagai negara, seperti Thailand, Singapura dan tentunya Indonesia. Deey, pemenang quiz yang diadakan oleh CreativeDisc bersama Universal Music Indonesia, juga berkesempatan untuk foto bersama mereka.


PEMANASAN KONSER BERSAMA THE TIDE

Sesuai jadwal, konser dimulai pukul 19.30 dan dibuka oleh penampilan The Tide. Austin sang vokalis utama naik ke panggung dengan mengenakan kaos hitam bertuliskan “I ? SG” dan memperkenalkan tiga anggota band lainnya: Levi, Drew, dan Nate. Meski terbilang baru, band ini bisa tampil heboh dan menghidupkan suasana.



Total lima buah lagu mereka bawakan, satu di antaranya adalah “Shut Up and Dance”, yang merupakan lagu cover dari band Walk The Moon. Serunya penampilan The Tide hampir saja membuat kami lupa bahwa ini adalah konser The Vamps. Rasanya 5 lagu ini tidak hanya sebuah pemanasan, tapi sudah menjadi bagian dari inti konser. Penonton menunggu cukup lama hingga 20 menit untuk menunggu kru mengganti band set dan backdrop untuk band utama: The Vamps


HERE’S THE MAIN COURSE: THE VAMPS!!

Semua lampu dimatikan dan empat buah lampu sorot biru mengarah ke panggung ketika Brad, Tristan, James, dan Connor naik ke atas panggung. Sama seperti Austin, James McVey juga mengenakan kaos hitam bertuliskan “I ? SG”. The Vamps membuka konsernya dengan lagu “Rest Your Love” dan dilanjut dengan “Cheater”. Ternyata tak hanya lagu-lagu di album baru, The Vamps juga membawakan lagu-lagu debut mereka seperti “Somebody To You” dan “Last Night”.

Sebuah kejutan diberikan ketika The Vamps membawakan mash-up lagu “Uptown Funk”, “Shake It Off”, dan “We Can’t Stop” yang dikemas dengan asik ala-ala band pop punk. Di tengah-tengah konser, penonton dibuat menganga dengan penampilan Tristan yang unjuk gigi memainkan solo drum cukup lama. Tak hanya Tristan, Brad juga tampil solo sambil memainkan gitar akustik di lagu “Million Words”. Kilaiuan lampu fashlight dan sing along terjadi di lagu ini. Biasanya sang vokalis pecicilan ini tak bisa diam dan tak henti-hentinya bergoyang di setiap lagu. Namun suasana berubah ketika Brad menyanyikan lagu ini dengan damai. Sangat menenangkan hati.

Seolah tak henti-hentinya memberikan kejutan, The Vamps membuat penonton heran mengapa kru mengambil alih drum Tristan ketika Brad menyanyikan intro lagu “Volcano”. Tiba-tiba Tristan sang drummer naik ke panggung sambil menyanyikan part rap lagu itu. Ini pertunjukan yang keren melihat Tristan bernyanyi bersama Brad di atas panggung di lagu sekeren “Volcano”.

Seteah encore, The Vamps membawakan “Oh Cecilia” dan Brad turun dari atas panggung untuk menyalami penonton front row selama lagu berlangsung. Penonton kemudian tak henti-hentinya meneriakkan “Wake Up! Wake Up! Wake Up!”. Sesuai permintaan, single dari album terbaru mereka “Wake Up” pun dimainkan sebagai penutup konser.

Total 12 lagu dibawakan oleh The Vamps. Meski hanya sebentar, namun konser ini penuh energi, penonton tak henti-hentinya bernyanyi selama konser berlangsung. Lagu-lagu favorit fans dibawakan dengan maksimal. Apalagi keempat anggota The Vamps sangat interaktif dan bahkan cukup hyperactive di atas panggung.

Setlist The Tide:
1. Shut Up and Dance (cover Walk The Moon)
2. Young Love
3. Falling In Love Tonight
4. The Rest of Us
5. What You Give

Setlist The Vamps:
1. Rest Your Love
2. Cheater
3. Somebody To You
4. Uptown Funk / Shake It Off / We Can’t Stop
5. Last Night
6. I Found A Girl
7. Wild Heart
8. Million Words (Acoustic)
9. Volcano
10. Can We Dance
Encore
11. Oh Cecilia
12. Wake Up

Photo by @nicshields

a weirdo, a dreamer, a freethinker. I'm on a diet but I'm not getting thinner.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Artist Interviews | May 13, 2019 By

CreativeDisc Exclusive Interview: Bakat DON DIABLO di Dunia Fashion

Concerts Review | May 4, 2019 By

ONE OK ROCK Kembali Guncang Jakarta Setelah 6 Tahun

Music News | April 22, 2019 By

The Vamps Luncurkan Sebuah Album Mini Baru, “Missing You”