Trending News

Blog Post

Album of the Day: M83 – Junk
Album of The Day

Album of the Day: M83 – Junk 

Meski telah berkarir semenjak awal 2000-an, namun nama pengusung synth-dream-pop/post-rock asal Prancis, M83, sepertinya mengemuka dengan sangat masif setelah merilis album epik berkeping ganda, “Hurry Up, We’re Dreaming” di tahun 2011. Semenjak itu nama Joze Gonzalez, sang penggerak, berkibar dan kerap terlibat dalam beberapa proyek, seperti soundtrack beberapa film misalnya. Padahal sebelum revivalitas 80-an yang akhir-akhir ini menjadi trend, M83 sudah konsisten mengangkatnya, meski dibalur dengan semangat electronica dan indie-pop juga.

Terlepas dari itu, album “Hurry Up, We’re Dreaming” memang seperti sebuah magnum opus dari M83. Memoles dekade 80-an tidak hanya sebagai reuni memori tapi sebuah pernyataan musikalitas yang berkesan.

Tidak terasa lima tahun berlalu. Penantian pun berakhir, karena M83 sudah menghadirkan album terbarunya, ke-7 lebih tepatnya, yang berjudul “Junk“. Apakah penantian yang cukup panjang tersebut terbayar tuntas? Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak.

Ya, mungkin kalau ingin kembali mencermati berbagai asupan synth-pop 80-an yang kembali disajikan M83. Tidak, jika kemudian kita membandingkan “Junk” dengan “Hurry Up, We’re Dreaming”. Jujur saja, secara musikalitas “Junk” terasa lebih low-key dan sederhana.

Mungkin karena M83 hanya ingin mengembalikan kenangan ke dekade 80-an tersebut, tanpa benar-benar berniat menggali atau menyusun ulang aspek musikalitasnya, sebagaimana yang telah mereka kerjakan dengan nyaris sempurna dalam “Hurry Up, We’re Dreaming”.

Mendengarkan “Junk” seperti mendengarkan sebuah album kompilasi lagu-lagu 80-an. Semua emulasi ketimbang benar-benar sebuah karya yang orisinal. Mau tidak mau beberapa lagunya mengingatkan akan karya-karya banyak musisi yang berkibar di dekade tersebut.

Bahkan M83 sengaja mengundang gitaris legendaris, Steve Vai, untuk menghadirkan sebuah solo gitar yang memukai dalam track berjudul ‘Go’. Tentunya kehadiran Vai agar cita rasa 80-an tadi semakin otentik. Sebenarnya jika “Junk” akan dihadirkan M83 dalam estetika seperti ini sudah bisa ditengarai semenjak perilisan single pertama untuk album ini, ‘Do It, Try It’.

Dalam ‘Do It, Try It’, M83 tampaknya ingin murni menghadirkan era 80-an tersebut dalam sebuah synth-pop yang lebih konvensional. Retro, mungkin, tapi juga terdengar sangat danceable. Kesannya track ini jauh lebih nge-pop dibandingkan track-track M83 sebelumnya, yang meski masih bertutur dengan kosa kata pop, tapi juga tidak takut meleburkan melodi-melodi yang cenderung obscure.

Track-track dance-pop memang lumayan banyak mengisi “Junk”, seperti ‘Bibi the Dog’ atau ‘Road Blaster’ yang agak mengingatkan ‘Midnight City’, namun dengan tone yang cenderung lebih cerah dan ringan. Beberapa balada juga mengisinya. Meski sekali lagi harus menjadi catatan jika track-track seperti ‘Walkaway Blues’ atau ‘For The Kids’ hadir dengan pendekatan yang lebih konvensional.

Untungnya, jika menginginkan balada dengan ambient moody, M83 masih menghadirkannya dalam album ini. Simak saja ‘Sunday Night 1987’ yang sepertinya disengaja diletakkan sebagai penutup album. Agak mengingatkan ‘Wait’, namun dengan tingkat epik dan kesyahduan yang jauh di bawahnya.

Ada beberapa track instrumental dengan durasi yang cukup singkat terdapat dalam “Junk”, dan mereka memberi jeda bagi pendengar sebelum menyimak lagu-lagu. Sebenarnya menarik memang, tapi cenderung lewat begitu saja dan kurang memberi impresi yang kuat.

Pernyataan yang sama pun bisa disematkan untuk albumnya, meski sudah ada bintang tamu seperti Beck yang hadir dalam track ‘Time Wind’. Ini karena memang albumnya cenderung meniru ketimbang mengolah ulang. Sehingga terdengar penuh warna, namun kosong.

Seharusnya mengecewakan. Namun ini M83. Selemah apapun materi mereka, tetap mampu memberikan cita rasa tersendiri. Jadi, terlepas dari banalitasnya, “Junk”, masih sebuah album menawan. Setidaknya ia sedap didengar. Dalam waktu 55.40 menit ia sukses mengajak kita memasuki mesin waktu dan menikmatinya dengan penuh rasa suka.

https://www.youtube.com/watch?v=AwMCmbu-5kY

Official Website

TRACKLIST
1. “Do It, Try It” 3:37
2. “Go!” (featuring Mai Lan) 3:55
3. “Walkway Blues” (featuring Jordan Lawlor) 4:49
4. “Bibi the Dog” (featuring Mai Lan) 3:54
5. “Moon Crystal” 2:26
6. “For the Kids” (featuring Susanne Sundfør) 4:41
7. “Solitude” 6:03
8. “The Wizard” 2:25
9. “Laser Gun” (featuring Mai Lan) 4:16
10. “Road Blaster” 4:21
11. “Tension” 2:05
12. “Atlantique Sud” (featuring Mai Lan) 3:24
13. “Time Wind” (featuring Beck) 4:09
14. “Ludivine” 1:35
15. “Sunday Night 1987” 4:00

Related posts

Leave a Reply