Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – Keep Calm and Be Happy
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – Keep Calm and Be Happy 

Released by: Sony Music Entartainment Indonesia

Dari poster motivasi pemerintah Britania Raya, slogan “Keep Calm and Carry On” telah mewabah dan menciptakan sejarah baru dalam peradaban manusia. Dari sana, perusahaan distribusi musik dunia Sony membuat kompilasi khusus dengan memanfaatkan frase populer tersebut. Salah satunya adalah “Keep Calm and Be Happy” yang berisikan empat puluh lagu, terbagi dalam dua keping disc, dan memberi jaminan ke-happy-an bagi insan yang mendengarkannya.

Kata happy yang tercantum dalam titel kompilasi ini sudah barang tentu identik dengan lagu ‘Happy’ yang dipopulerkan oleh Pharrell Williams. Dunia mengenal lagu ini sebagai salah satu hit terbaik abad ini, lebih dari sekedar lagu tema dari sebuah film animasi. Vibe happy yang ditularkan oleh lagu juga dianut dalam beberapa track lain di dalam album, seperti ‘Fun’ milik Pitbull dan Chris Brown, ‘Hey Ya!’ persembahan Outkast, ‘Happiness’ oleh Alexis Jordan, dan ‘These Words’ dari Natasha Bedingfield. Bagian ini banyak menginspirasi, berikut lagu-lagu lain yang memang tercipta sebagai panduan jelas tentang menghargai diri sendiri; ‘All About That Bass’ Meghan Trainor, ‘Fight Song’ Rachel Platen, ‘Girl on Fire’ Alicia Keys, dan ‘Live While We’re Young’ One Direction.

Ini membawa kita pada aspek lain dari kebahagiaan itu sendiri, yaitu selebrasi. Yang jelas sekali adalah Jennifer Lopez yang menggunakan lagunya ‘Waiting for Tonight’ sebagai prasasti pergantian milenium. Lagu Ke$ha yang berjudul ‘Die Young’ pun berkata demikian. Meskipun sepintas ia tak tampak demikian, die young = mati muda, tapi secara keseluruhan lagu terkonsep dalam kampanyenya untuk merayakan kehidupan! Ada juga Usher yang ingin merayakan kesuksesan individual dalam ‘Pop Ya Collar’. Lagu nyentrik ini mungkin kalah populer dibanding hit-hit Usher terdahulu seperti ‘You Make Me Wanna…’ ataupun ‘Yeah’, tapi maknanya yang sejalan dengan ide dan konsep album yang menjadikannya muncul disini.

Kebahagiaan bisa datang dari mana saja, bahkan dari patah hati. Beberapa lagu yang ingin membuktikannya yang terangkum dalam kompilasi ini adalah preach-nya John Legend dalam ‘Used to Love You’, deklarasi kemerdekaan Kelly Clarkson dan Anastacia masing-masing dalam ‘Stronger (What Doesn’t Kill You)’ dan ‘I’m Outta Love’. Tema ini kemudian menjadi bagian penting lainnya dalam album dengan kehadiran ‘No Scrubs’ TLC, ‘Spotlight’ Jennifer Hudson, dan ‘Ex’s & Oh’s’ Elle King. Bagi siapapun yang merasa berat untuk move on, boleh dicoba rumusan kekuatan dari lagu-lagu di atas untuk menemukan tabir di balik patah hati tadi.

Namun tentu saja lebih mudah menemukan kebahagiaan dalam bentuk naturalnya. Dengarkan Christina Aguilera yang terinspirasi cinta dalam ‘Candyman’, janji indah Rita Ora tertuang di ‘I Will Never Let You Down’, perasaan MGMT yang tersurat dalam ‘Electric Feel’, dan juga hymne Britney Spears untuk yang membuatnya tergila-gila dalam ‘Toxic’. Kita tidak usah direpotkan dengan gelagat pencarian silver lining ataupun merasa ada kejanggalan untuk mendapatkan kenikmatan dari sebongkah kesengsaraan.

Tatanan happy dalam album ini selain merangkan today’s hits juga terdapat yesterday’s hit. Lagu-lagu dari generasi terdahulu yang dipercaya mampu memberikan dosis bahagia tanpa kadaluarsa juga terdapat dalam album ini. Memaksimalkan feeling ‘Sexual Healing’ oleh Marvin gaye & Studio Rio, rombakan awal 2000-an oleh JXL untuk hit ‘A Little Less Conversation’ milik Elvis, dan hujan cinta Bill Withers membanjiri ‘Lovely Day’. Menambahkan kemeriahaan dari generasi terdahulu, Earth, Wind & Fire, The Jacksons, dan juga Boney M. serta The Pointer Sisters memberi kilasan kejayaan musik tempo dulu yang vibe happy-nya masih menular sampai sekarang. Menyempurnakan album, OMI menghadirkan ‘Hula Hoop’ yang sepertinya seimbang dengan tingkat happy yang diperdengar di awal album. Meskipun keep calm tak semudah pengucapannya, tapi percayalah kalau be happy itu tidak sesulit yang dibayangkan!

TRACKLICT
CD 1:
1 Happy – Pharrell Williams
2 Fun – Pitbull feat. Chris Brown
3 Live While We’re Young – One Direction
4 Hall of Fame – The Script
5 Drive By – Train
6 I Will Never Let You Down – RITA ORA
7 Die Young – Ke$ha
8 Waiting for Tonight – Jennifer Lopez
9 Hips Don’t Lie – Shakira feat. Wyclef Jean
10 Toxic – Britney Spears
11 Girl On Fire – Alicia Keys
12 No Scrubs – TLC
13 Blow Me (One Last Kiss) – P!nk
14 Fight Song – Rachel Platten
15 These Words – Natasha Bedingfield
16 Used to Love U – John Legend
17 Budapest – George Ezra
18 Spotlight – Jennifer Hudson
19 Stronger (What Doesn’t Kill You) – Kelly Clarkson
20 Candyman – Christina Aguilera

CD 2
1 Firestone – Kygo feat. Conrad Sewell
2 Sexual Healing – Marvin Gaye & Studio Rio
3 Lovely Day – Bill Withers
4 Deja vu – Giorgio Moroder feat. Sia
5 September – Earth, Wind & Fire
6 A Little Less Conversation – Elvis Presley vs. JXL
7 Electric Feel – MGMT
8 Can You Feel It – The Jacksons
9 Sunny – Boney M.
10 Happiness – Alexis Jordan
11 Sexy Back – Justin Timberlake feat. Timbaland
12 I’m So Excited – The Pointer Sisters
13 All About That Bass – Meghan Trainor
14 I’m Outta Love – Anastacia
15 Ex’s & Oh’s – Elle King
16 Backtrack – Rebecca Ferguson
17 1 Thing – Amerie
18 Pop Ya Collar – Usher
19 Hey Ya! – OutKast
20 Hula Hoop – OMI

Related posts

Leave a Reply