Seventeen 'Shining Diamonds in Jakarta': VERY NICE!

Oleh: ronzzy - 23 Aug 2016

Jangan terkecoh dengan nama grupnya yang sama persis dengan salah satu band Indonesia yang populer dengan lagu 'Selalu Mengalah' yang sempat hits beberapa tahun lalu. Ini bukan Seventeen yang itu. Seventeen yang ini adalah boyband KPop dengan jumlah member terbanyak di industri musik Korea Selatan (sampai sejauh ini). Pada Sabtu (20/8/2016) grup beranggotakan 13 orang itu bertandang ke Jakarta untuk pertama kalinya buat menyapa Carats (sebutan penggemar Seventeen) dalam sebuah acara fanmeeting bertajuk 'Shining Diamonds'.

Bertempat di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, acara ini berlangsung 'VERY NICE' persis seperti lagu terbaru mereka dari album repackaged 'LOVE&LETTER'. Sejak siang para penggemar sudah berada di sekitar Mall dan lokasi acara. Ada yang punya tiket ada juga yang datang sebagai tim hore dan hanya sekedar ikut bikin rame. Antusiasme yang amat wajar di setiap event konser KPop yang digelar di Jakarta. Meski baru boleh masuk ke Balai Sarbini sore jelang malam, namun mereka sabar menunggu.

'Shining Diamonds' di Jakarta dipromotori oleh Three Angles Pro, promotor asal Singapura yang pekan lalu juga menggelar fanmeeting yang sama di Big Box, Jurong, Singapura. Di Indonesia mereka bekerja sama dengan Dreamers.id sebagai partner lokal. Setiap sudut Balai Sarbini terlihat penuh oleh fans yang datang dengan berbagai atribut konser mereka. Mulai dari lightstick sampai kipas bergambar wajah-wajah S.Coups, Vernon, Wonwoo, Mingyu, Joshua, Jeonghan, Seungkwan, D.K, Woozi, The8, Jun, Hoshi dan Dino dengan pipi berona merah menghiasi CAT 1 sampai CAT 3.

Show dimulai agak terlambat dari jadwal yang tertera di tiket. Tim Creative Disc dan awak media lainnya pun juga terlambat diperbolehkan masuk ke ruangan konser sehingga sangat disayangkan penampilan pembuka Seventeen membawakan lagu 'Shining Diamonds' harus terlewat. Namun dari kejauhan dalam perjalanan menuju media pit, teriakan para Carats terdengar sangat histeris sehingga bisa dipastikan penampilan pembukanya pasti keren banget.

Setelah satu lagu pembuka, artis Pledis Entertainment itu langsung memperkenalkan diri mereka satu per satu. Dalam kesempatan itu juga Seventeen pamer sedikit hasil belajar Bahasa Indonesia mereka selama di Jakarta. "Halo Jakarta!" kata salah satu dari mereka. "Kalian cantik! Aku suka kamu!" kata yang lainnya. Jelas ini ditujukan kepada para fangirl yang hadir malam itu. Maaf-maaf nih, para fanboy.

Usai perkenalan mereka lanjut membawakan lagu 'Rock' dan dilanjutkan dengan 'Chuck'. Suasana Balai Sarbini mendadak berubah jadi merah menyala sesekali hijau terang bak cahaya laser yang ditembakkan para security kepada fans yang kedapatan curi-curi memotret. Carats seolah tidak mau berhenti bernyanyi bersama para idola mereka. Tiga lagu pertama yang dibawakan Seventeen sudah mereka hapal di luar kepala.

'Shining Diamonds in Jakarta' punya konsep fanmeeting yang dipadu dengan showcase. Jadi selain menyanyi, Seventeen juga punya sesi ngobrol dan juga games. Tetapi tidak seperti fanmeeting aktor Korea yang pernah berkunjung ke Jakarta sebelumnya, games yang ada di panggung 'Shining Diamonds in Jakarta' tidak melibatkan fans melainkan hanya para personel Seventeen saja. Tetapi nggak mengurangi keseruan dan kemeriahannya kok. Fans malah bahagia melihat aksi para member yang ternyata sekocak yang tampak di acara 'One Fine Day' yang tayang di MBC beberapa waktu lalu.

Sekitar setengah jam di sesi ngobrol ke-13 member duduk di kursi masing-masing, mencomot satu sticky notes dari papan putih dan membacakan tantangan yang sudah diberikan oleh fans buat mereka. Isinya kocak dan iseng! Ada yang diminta bergaya seksi, ada yang minta Dino nge-dance 'Gangnam Style' versi yang lebih "nakal", Jun diminta untuk memperagakan part ikonik "Shy Shy Shy" dari lagu Twice 'Cheer Up', sampai ada juga fans yang request agar The8 membawakan tarian lagu 'Pick Me' yang populer berkat acara 'Produce 101'.

Yang seru adalah ketika Joshua berusaha untuk menciptakan puisi spontan di atas panggung. Walaupun hasilnya cheesy (seperti biasa) tetapi fans tetap saja menjerit kegirangan terlebih ketika personel yang fasih berbahasa Inggris itu membuka jasnya di atas panggung. Jeonghan dan S.Coups juga sempat memeragakan adegan Rose dan Jack di moncong kapal Titanic yang semakin membuat para Carats gemas.

Sesi main-main berakhir, Seventeen kembali tampil membawakan beberapa lagu seperti 'Drift Away' dan 'Still Lonely', juga hasil kolaborasi dengan Ailee yang berjudul 'Q&A'. Disusul kemudian (setelah mereka berganti kostum bernuansa biru) lagu 'Adore U' yang merupakan track debut mereka.

Aksi para member memeragakan gambar-gambar mulai dari member Seventeen, rumput liar, binatang dan Monumen Nasional mengundang tawa dari para penonton. Dalam sesi permainan ini Vocal Team dinyatakan sebagai pemenang karena berhasil menjawab semua pertanyaan dengan tepat dalam waktu satu menit. Sementara Performance Team jadi yang kalah karena menjawab paling sedikit pertanyaan. Mereka pun menerima hukuman mulai dari dikelitiki di atas panggung, nge-rap freestyle sampai menyanyikan potongan lagu IU 'Good Day' bagian high note 3 oktaf yang terkenal itu.

Usai bersenang-senang, Seventeen pun tiba di penampilan puncak mereka. Tiga lagu andalan dibawakan. Dimulai dari 'Mansae' yang spontan membuat semua Carats mengangkat tangan mereka ke udara saat lirik "Mansae, mansae, mansae yeah!" dinyanyikan. Ketika dua buah sofa dibawa ke atas panggung, Joshua langsung berbicara pada fans "Pasti kalian semua sudah tahu kan, lagu selanjutnya?" dalam Bahasa Inggris. Semua menjawab "Ya!" dan lagu selanjutnya adalah 'Pretty U'. Lagu ini paling berkesan buat Seventeen karena menjadi lagu kemenangan pertama mereka di acara musik televisi. Selanjutnya sebelum encore, Seventeen menyanyikan 'Very Nice'.

Panggung mendadak sepi karena para member berganti kostum di belakang panggung. Sementara menunggu encore, sebuah video ditampilkan di layar besar di panggung Balai Sarbini. Potongan video pre-debut para member yang sedang berlatih. Tangis, tawa, senang dan sedih mereka tergambar dalam video singkat itu. Ada juga potongan video #PrettyU1stWin di acara 'Show Champion' yang sangat emosional untuk para member. Perasaan fans pun campur aduk melihat lagi video penuh haru itu.

Setelah berganti busana, Seventeen muncul lagi di panggung dengan baju garis-garis bertuliskan 'Shining Diamonds'. Di sesi encore mereka membawakan dua lagu yaitu 'Healing' dan 'Love Letter'. Di dua lagu ini Hoshi dan kawan-kawan memanfaatkannya untuk menyapa para fans dari ujung ke ujung. Sekaligus melempar bola-bola warna-warni dari dalam keranjang yang sudah ditanda-tangani. Setelah itu masing-masing member diberikan waktu untuk mengucapkan kata-kata perpisahan.

"Terima kasih Jakarta, saya pasti akan merindukan kalian! Walaupun ini pertama kalinya kami ke Indonesia, kami pasti akan kembali lagi!" kata mereka. "Berkat kalian, saya senang sekali dan merasa mendapat banyak kekuatan. Ketemu lagi nanti ya!" lanjut D.K. Joshua menutup sesi perpisahannya dengan "Kami akan kangen!" sementara Mingyu bilang "Aku cinta kamu!" dengan suara keras dan bersemangat. Sebelum berangkat ke belakang panggung, Seventeen juga mengucapkan pesan penting buat para fans: "Hati-hati di jalan ya!"

Meski tim Creative Disc berada di CAT 3--kelas tiket dengan posisi terjauh dari panggung--penampilan Seventeen tetap terlihat jelas walaupun tentu saja tidak senyaman para penonton di CAT 1 dan CAT 2 yang mendapat tempat duduk. Karena CAT 3 memang dikhususkan untuk fans yang berdiri. Wajar, karena harga tiketnya pun paling murah.

Ukuran Balai Sarbini yang tidak terlalu besar membuat suasana fanmeeting berdurasi kurang lebih 2,5 jam ini terasa sangat intim. Para pelantun 'Mansae' itu terasa sangat dekat dengan fans. Para Carats di CAT 1 bisa dengan puas mengambil gambar dengan ponsel mereka tanpa harus takut-takut ditangkap security karena mengeluarkan kamera. Setiap momen dalam acara ini terasa berharga dan sayang kalau tidak diabadikan!

'Shining Diamonds in Jakarta' ditutup dengan event hi-touch dan photo group untuk para pemegang tiket CAT 1. Sayang, tim Creative Disc tidak bisa ikutan di event ini. Mungkin lain kali kalau jodoh ya!

Photo & Teks by @ronzzykevin

ronzzy
More from Creative Disc