Trending News

Blog Post

Nonton ASTRO di Jakarta: 1% Nostalgia, 99% Ceria!
Concerts Review

Nonton ASTRO di Jakarta: 1% Nostalgia, 99% Ceria! 

Kalau datang ke konser, showcase atau fanmeeting grup KPop baru, biasanya saya nggak menaruh ekspektasi tinggi terhadap acaranya. Pertama, karena saya memang belum terlalu kenal artisnya siapa (sedangkan saya adalah fans militan grup lain). Kedua, karena biasanya konser atau showcase artis-artis KPop rookie (pendatang baru) akan sepi peminat. Jadi atmosfer saat menyaksikannya pun berbeda kalau mau dibandingkan dengan grup-grup berfandom raksasa seperti EXO atau BTS. Tapi yang jelas sih, ketika saya datang ke konser atau showcase KPop, saya ingin bersenang-senang.

Ketika datang ke ASTRO 1st Season Showcase in Jakarta yang digelar di Balai Kartini pada Sabtu, 22 Oktober 2016 akhir pekan lalu, saya merasakan keceriaan yang maksimal. Jauh berbeda dengan perasaan yang ada ketika menyaksikan Saranghaeyo Indonesia 2016 beberapa pekan lalu di ICE BSD. ASTRO, grup KPop yang baru enam bulan debut di industri musik Korea Selatan ini berhasil membuat saya senyum-senyum sendiri melihat penampilan mereka. Nggak cuma ceria saja yang diberikan, tetapi juga sedikit nostalgia.

Showcase perdana ASTRO pekan lalu diawali dengan press conference di Balai Kartini. Event yang jarang sekali dilakukan oleh promotor KPop di Jakarta. Apalagi kalau mereka mengundang artis-artis besar. Kalaupun ada, yang diundang hanyalah segelintir saja. MakeUs Entertainment secara khusus memberi waktu kepada media untuk memotret ASTRO dari segala sisi saat press conference. Sayangnya tidak ada sesi tanya jawab secara langsung antara media dengan ASTRO. But it’s okay. Seenggaknya bisa melihat anak-anak berbakat ini dari jarak dekat.


JinJin, Cha Eun Woo, MJ, Rocky, Moonbin dan Sanha hadir menyapa media dengan konsep pakaian yang ceria bernuansa kuning dan hijau. Tidak hanya media saja sih, tetapi puluhan AROHA (sebutan buat fans ASTRO) yang datang membeli tiket kelas VIP juga bisa menyaksikan event ini. Bahkan intim dengan ASTRO lewat acara hi-touch di akhir press conference. Di sini grup asuhan Fantagio Entertainment itu mengungkapkan perasaan senang mereka mengunjungi Indonesia. Termasuk bagaimana sambutan meriah para fans di bandara saat mereka mendarat satu malam sebelumnya dan ritual apa yang biasanya mereka lakukan sebelum naik panggung.

“Aku akan melakukan ini,” Jinjin (leader) mendadak berdiri dan mengajak serta Eun Woo untuk berdiri juga. Lalu cowok berambut keriwil itu mengusap-usap dada kiri Eun Woo. “Berusaha memberikan kehangatan kepada Eun Woo agar tidak lagi deg-degan,” katanya. Adegan singkat itu langsung disambut sorakan dari para fans VIP. Interaksi seperti inilah yang biasanya memang ditunggu-tunggu para penggemar. Dan 15 menit jumpa wartawan dan hi-touch itupun berlalu tanpa terasa.


Showcase dimulai sekitar pukul 19:00 WIB di Nusa Indah Theater, Balai Kartini, Jakarta Selatan. Venue ini tidak seluas Hall 5 ICE BSD yang biasa digunakan untuk konser KPop di Jakarta. Kapasitasnya hanya 1099 kursi saja. Tapi untuk boyband pendatang baru seperti ASTRO, venue pas banget. Nggak terlalu besar, tetapi juga nggak terlalu mini. Jarak pandang dari panggung ke kursi-kursi di lantai dasar sangat jelas dan nyaman tanpa harus “meneropong” berlebihan untuk memastikan siapa yang berlari ke kiri dan siapa yang sedang berjalan ke kanan. Kursi-kursi terasa penuh dan padat, membuat suara teriakan fans terdengar bergemuruh dan ramai. Tak heran kalau setelah penampilan pembuka dengan lagu ‘Hide & Seek’, wajah-wajah para member tampak ceria.


“Apa kabar? Kami ASTRO!” Salam perkenalan itu disambut teriakan oleh para fans. Mereka naik panggung mengenakan kostum yang sama dengan yang mereka gunakan saat press conference.

1st Season Showcase ASTRO malam itu dibagi ke dalam dua sesi: fanmeeting dan mini concert. Sesi fanmeeting ini dipandu oleh Alan Wangsa dengan ditemani seorang translator perempuan yang cukup fasih berbahasa Indonesia. Lewat sesi ini, ASTRO buka-bukaan tentang dir mereka sekaligus berusaha untuk bisa lebih dekat dengan para penggemar. Dengan benang merah “foto selfie”, obrolan ASTRO, MC, translator dan fans berlanjut ke berbagai hal seperti cerita-cerita di belakang layar dan harapan para member.

“Kami punya mimpi untuk menggelar tur dunia,” kata mereka. Sebelum akhirnya masing-masing member mengutarakan keinginannya untuk tampil di variety show kenamaan di Korea Selatan.


“Aku pengen banget tampil di ‘Running Man’,” kata Sanha si bungsu yang sejak naik panggung tak henti-hentinya melambaikan tangan ke fans, berpose saat ada yang ingin memotret (ya, kamera profesional yang dibawa fans boleh masuk ke venue! So much fun, right?!). Sementara beberapa dari member iri dengan Cha Eun Woo yang sudah pernah ikut di acara ‘Laws of the Jungle’ dan ingin juga tampil di acara yang sama.

Usai sesi tanya jawab, fanmeeting beralih ke permainan-permainan seru yang disiapkan untuk ASTRO sendiri dan juga untuk fans. Para member bersaing untuk jadi nomor satu lewat permainan sederhana seperti memindahkan kacang dengan sumpit sampai bermain bola basket. Tapi yang paling seru dan menyenangkan sih ketika keenam personel melakukan sesi “pura-pura video call” dengan fans. Kalau saya fans berat ASTRO mungkin habis melakukan sesi itu saya nggak akan bisa tidur tenang.


Jadi semua AROHA yang ada di Nusa Indah Theater akan dipilih secara acak lewat kamera yang mengintai dari segala sisi. Mereka yang terpilih nanti akan mendapat kesempatan untuk “video call” dengan salah satu member ASTRO. Ada yang dapat naskah jadi pacar ketus, pacar manja, ada juga yang kebagian naskah jadi ibu-ibu. Lewat sesi ini, fans beruntung yang terpilih bisa langsung mengobrol dengan ASTRO yang ada di atas panggung (dengan bantuan translator tentu saja) dari kursi penonton.

Sesi fanmeeting ditutup dengan sebuah penampilan yang sangat istimewa: ASTRO menyanyikan lagu Rizky Febian yang berjudul ‘Kesempurnaan Cinta’. Meski pagi harinya mereka sudah membawakan lagu yang sama di siaran langsung salah satu acara di televisi swasta nasional, namun feel melihat dan mendengarkan ASTRO menyanyi lagu yang sama di atas panggung showcase jelas berbeda. Suara para member terdengar merdu dengan pelafalan bahasa Indonesia yang cukup oke. Saking merdunya sampai curiga apakah penampilan mereka benar-benar live atau live recording?


Memasuki sesi mini concert, ASTRO muncul lagi dengan kostum yang berbeda. Sesi ini dibuka dengan lagu ‘Breathless’ dan dilanjutkan dengan ‘First Love’. Di antara dua lagu itu, mereka sempat mengutarakan janji untuk banyak beraktivitas di Indonesia. Dan juga memberikan bocoran perilisan album mini terbaru mereka dalam waktu dekat ini.

 

Di lagu ‘Growing Up Pains’ para AROHA yang sudah mempersiapkan proyek handbanner mulai beraksi. Nusa Indah Theater mendadak berhiaskan warna hitam dan putih dari handbanner dari para fans. Mendapat cinta dan dukungan berlebih seperti itu dari fans tentu saja bikin ASTRO terharu. Nggak sampai ada member yang nangis sih, tapi suasananya benar-benar membuat para member tersentuh.

“Kalian adalah bintang di hati kami!” begitu balas member ASTRO buat para penggemarnya.

Setelah beberapa lagu tadi, ada dua lagu ASTRO lainnya yang mereka bawakan di panggung. Lagu ini berjudul ‘Fireworks’ dan ‘Cat’s Eye’. Meski ada yang bernuansa balada, lagu-lagu tersebut tetap memberikan keceriaan. Ya namanya juga showcase pertama. Mana lagi menontonnya di venue yang bikin sang idola terasa dekat dengan para penggemar. AROHA tentu saja sangat menikmati setiap interaksi dan lagu yang dibawakan ASTRO. Tetapi sebagai fans KPop tua (hehe) momen yang paling menyenangkan menurut saya adalah ketika Moonbin Cs membawakan lagu milik TVXQ ‘Balloons’.

Buat anak-anak KPop sekarang mungkin akan bertanya-tanya, apa hubungannya ASTRO dengan TVXQ kok mereka membawakan lagu ‘Balloons’?

“Lagu ini sangat berkesan buat saya karena delapan tahun yang lalu, saya menjadi bintang video klip lagu milik TVXQ sunbaenim (senior) ini,” kata Moonbin. Dan si bocah yang menjadi Yunho mini di video klip ‘Balloons’ itu kini sudah remaja dan jadi idola KPop juga.

1% nostalgia yang diselipkan di 1st Season Showcase-nya ASTRO di Jakarta akhir pekan lalu bikin saya langsung melek. Kembali berusaha mengingat-ingat wajah Moonbin di MV jadul saat TVXQ masih berlima bertahun-tahun lalu. Sayapun ikut bernyanyi dalam hati karena tidak mau suara sumbang setengah berteriak saya ikut terekam dalam ponsel yang sudah on dalam mode perekam video.

Sebagai penikmat KPop, penampilan ASTRO menjadikan suasana malam Minggu saya jadi berbeda. Nggak perlu repot-repot ke ICE BSD untuk menyaksikan showcase yang 99% ceria dan menyenangkan karena acara mini yang digelar di pusat kota ini pun bisa jadi sangat istimewa. Saya sangat menikmati setiap detail dari penampilan ASTRO di acara ini. Nggak kebayang pecahnya perasaan AROHA yang datang malam itu. Pasti bener-bener susah move on! Ya kan?!

Teks & Photo by @ronzzykevin

Related posts

Leave a Reply