Road To Grammy 2017: Mereka Yang Belum Pernah Menang Grammy

Oleh: verdy - 10 Feb 2017

Tahun ini penghargaan Grammy memasuki penyelenggaraan ke 59 dengan total 83 kategori. Pada perhelatan pertama, 4 Mei 1959 hanya terpampang 22 kategori. Bayangkan betapa banyaknya tambahan nominator, betapa besarnya kemungkinan untuk menang. Namun meski demikian tetap saja ada yang harus murung dan pundung karna tak sekalipun membawa pulang trofi Grammy, walaupun sudah masuk nominasi berkali-kali atau bahkan karna memang tak pernah sama sekali. Dari sederet musisi yang belum pernah menang Grammy, berikut ini segelintir daftar pilihan kami:

Snoop Dogg

Nominasi Grammy: 17 kali

https://www.youtube.com/embed/GtUVQei3nX4


Masuk nominasi sejak tahun 1994, tak sekalipun rapper ini memenangkan Grammy. Ia bahkan mengungkapkan kekecewaan pada sebuah wawancara "Being nominated for 17 Grammys and never winning one … I feel what she's saying as a far as great performances never being acknowledged,".

Tahun lalu ia bahkan menggunakan nama panggung “Snoop Lion” untuk proyek bergenre reggae miliknya. Album debut “Reincarnated” milik Snoop Lion kembali diganjar nominasi Grammy pada kategori Best Reggae Album, dan seperti kisah sebelumnya, ia tak berhasil menang meski di kategori yang berbeda.

Tapi setidaknya kini ia tak terlalu ambil pusing dengan penghargaan macam Grammy, ia dengan sedikit kesal mengungkapkan ketidak-peduliannya "But who gives a f*ck? F*ck the Grammys. F*ck the Oscars. F*ck all that slavery-type award shows.”.

Solusi : Coba mengganti persona dengan nama binatang lainnya. Gagal dengan “Dogg” & “Lion”, ia harus mulai mencari inspirasi ulang, dan hewan berkaki-empat tak masuk lagi dalam pilihan.

Brian McKnight

Nominasi Grammy: 16 kali

https://www.youtube.com/embed/rXPfovXw2tw


Merdu suara Brian McKnight ternyata tak mampu meluluhkan hati para pemegang suara “The Recording Academy”. Bahkan hits tahun 2000 “Back at One” milik Brian juga tak berhasil membawa pulang piala Grammy. Padahal kita tahu lagu ini adalah salah satu lagu bertipe curhat-colongan teman sekantor di saat karaoke.

Setelah hits tersebut, Brian tak pernah absen sepanjang awal dekade 2000-an untuk bersanding pada berbagai kategori Grammy. Berulang kali ia termasuk dalam “Best Male Pop Vocal Performance”, lalu “Best Male R&B Vocal Perfomance”, hasilnya nihil. 16 kali masuk nominasi dan dari tahun 1994 hingga 2005, Brian tak juga memenangkan Grammy. Kini ia memilih turut serta dengan rombongan David Foster, daripada memikirkan Grammy.

Solusi: Usulkan kategori “Best Educative Songs”, maka “Back at One” memiliki kesempatan untuk mendapatkan Grammy, sebagai lagu populer + edukasi belajar berhitung.

Björk

Nominasi Grammy: 14 kali

https://www.youtube.com/embed/6KxtgS2lU94


Sebagai ibunda musik alternatif, apapun yang dirilis Björk selalu mengundang decak kagum. Tidak jarang bentuk karya yang ia pilih lebih maju daripada zamannya. Lima album terakhirnya; Vespertine, Medúlla, Volta, Biophilia, dan Vulnicura masuk nominasi untuk kategori “Best Alternative Music Album”, tapi tak sekalipun berhasil menang.

Tak hanya album, video klip Björk juga kerap masuk nominasi “Best Music Video” karna salah satu kekuatan penyanyi asal Islandia ini adalah kemampuan visualnya.  Walaupun belum pernah memenangi Grammy, tapi Björk sudah mengkoleksi lebih dari 100 penghargaan lainnya. Ia tak perlu ambil pusing dengan 14 nominasi Grammy tanpa kemenangan ini. Lemari saya sudah penuh, bung!

Solusi: Jangan pedulikan, maju terus!

Katy Perry

Nominasi Grammy: 13 kali

https://www.youtube.com/embed/CevxZvSJLk8


Agak aneh memang, dibalik segala hits pemuncak tangga lagu, Katy Perry justru belum pernah memenangi Grammy. Total 13 nominasi termasuk diantaranya “Album Of The Year” (Teenage Dream, 2011), ”Record Of The Year” (Firework, 2012), dan “Song Of The Year” (Roar, 2014).

Selama 7 tahun masuk nominasi, Katy Perry memang harus bersaing dengan nominator lain yang lebih kuat. Hal ini pun membuktikan lagu nomer satu secara bergantian di berbagai chart tak menjadi jaminan mudah mendapatkan Grammy. Tahun ini meski tak masuk dalam nominasi, Katy Perry turut menjadi salah satu penampil pada malam penganugerahan Grammy ke 59.

Solusi: Menghindari hubungan percintaan yang penuh drama adalah salah satu awal yang baik.

Nicki Minaj

Nominasi Grammy: 10 kali

https://www.youtube.com/embed/LDZX4ooRsWs


Nicki Minaj telah membuktikan diri sebagai salah satu rapper wanita yang konsisten dalam berkarya. Kendati masih belum memenangkan Grammy, ia telah masuk nominasi sebanyak sepuluh kali. Hits “Anaconda” yang begitu lekat dalam ingatan kita –baik secara audio maupun visual- menjadi salah satu penghuni kategori “Best Rap Song” pada tahun 2015, tapi harus kalah dari “i” milik Kendrick Lamar. Dengan “Bang Bang” ia berkolaborasi bersama Jessie J dan Ariana Grande, pada kategori “Best Pop Duo/Group Performance” di tahun yang sama, namun kali ini kolaborasi A Great Big World dan Christina Aguilera pada “Say Something” yang menjadi juara.

Namun Minaj adalah penyanyi rap pertama yang tampil solo pada malam penghargaan Grammy. Ia membawakan “Roman Holiday” pada perayaan Grammy tahun 2012.

Solusi: Mengurangi suntikan penggelembung patut dicoba.

Justin Bieber

Nominasi Grammy: 7 kali

https://www.youtube.com/embed/fRh_vgS2dFE


Saya mengetahui kamu pasti akan mendadak tidak setuju. Bieber memang pernah memenangkan sebuah trofi Grammy sebagai ARTIS PENDUKUNG (featured artist) pada single “Where Are U Now” milik Jack U di kategori Best Dance Recording tahun 2016. Namun sebagai penyanyi solo ia tak pernah membawa pulang Grammy. Saat ini Bieber sendiri telah memilih untuk tak ambil bagian dengan Grammy-grammy-an setelah beberapa albumnya tak masuk nominasi sejak pertama kali terpilih di tahun 2011 pada kategori “Best Pop Vocal Album” untuk album “My World 2.0”. Di tahun yang sama ia tak bisa berbuat banyak pada kategori “Best New Artist” setelah dikalahkan Esperanza Spalding.

2016 ia muncul kembali dalam jajaran nominasi Grammy bersama Jack U. Berhasil memenangkannya, tapi untuk sekelas Justin Bieber tentu penghargaan yang lebih prestisius pantas ia incar. Tahun ini menjadi salah satu kesempatan bagi Justin untuk membuktikan. “Purpose” masuk nominasi “Album Of The Year” dan “Best Pop Vocal Album”. Sementara itu single “Love Yourself” masuk nominasi “Song Of The Year” dan “Best Pop Solo Performance”.

Ia memang memilih untuk tidak datang, ia memang memilih untuk tidak peduli, tapi setidaknya belieber di dunia peduli dan berharap Justin memenangi trofi Grammy.

Solusi: Jika tahun ini ia menang, trofi bisa dikirimkan menggunakan go-jek ke kediaman beliau.

One Direction

Nominasi Grammy: 0

https://www.youtube.com/embed/yjmp8CoZBIo


Sejak terbentuk tahun 2010 dan akhirnya rehat tahun lalu, One Direction sesungguhnya adalah kelompok yang produktif. Seluruh album One Direction debut nomer satu di tangga lagu. Fakta ini seperti memang tak dipedulikan oleh pihak Grammy. Apakah ada sentimen tersendiri terhadap kelompok boyband? Ternyata tidak juga. Senior mereka, grup NSYNC dan Backstreet Boys total telah mendapatkan 15 nominasi Grammy. Boyz II Men meraih 15 nominasi sendiri dan memenangkan empat diantaranya. Jonas Brothers bahkan masuk nominasi “Best New Artist” di tahun 2009.

One Direction? Tak ada satupun nominasi Grammy untuk mereka. Salah satu penyebab tak satupun album One Direction masuk nominasi adalah waktu perilisan. Lima album One Direction; Up All Night, Take Me Home, Midnight Memories, Four dan Made In The A.M dirilis pada bulan November. Sementara yang masuk perhitungan Grammy biasanya adalah album yang rilis di bulan Oktober hingga September tahun esoknya. Jarak waktu yang begitu lama (mungkin) membuat album-album 1D tak terpilih dalam nominasi.

Solusi: Reuni saja dulu.

verdy
More from Creative Disc