Trending News

Blog Post

Perlahan Tapi Pasti, ‘Bodak Yellow’ Cardi B Adalah Penguasa Jelang Tutup Musim Panas
Music News

Perlahan Tapi Pasti, ‘Bodak Yellow’ Cardi B Adalah Penguasa Jelang Tutup Musim Panas 

Dua teratas Billboard Hot 100 mungkin masih diisi oleh “pemain lama”; remix ‘Despacito’ Luis Fonsy, Daddy Yankee beserta Justin Bieber, dan ‘Wild Thoughts’DJ Khaled bersama Rihanna dan Bryson Tiller. Tapi yang sukses membayangi para “raksasa” tersebut adalah nama yang relatif lebih kurang dikenal, yaitu Cardi B dengan ‘Bodak Yellow’-nya.

Siapa Cardi B? Ia awalnya adalah seorang mantan penari eksotis yang meraih ketenaran setelah menjadi selebriti internet, terutama Instagram, berkat aksi “no filter”-nya. Ia semakin populer setelah di tahun 2015 bergabung di acara televisi “Love & Hip Hop: New York”.

Di bulan Februari 2017 ia memperluas karirnya dengan bergabung bersama label besar Atlantic Records. Dan di bulan Agustus ini merilis single debutnya yang sensasional, ‘Bodak Yellow’. Lagunya sendiri adalah sebuah track yang penuh dengan tekad pembuktian jargon “from zero to hero”, terutama tentang masa lalu penyanyi bernama asli Belcalis Almanzar ini yang kerap diremehkan. Terdengar ia memamerkan Louboutins-nya dalam lirik, “These expensive, these is red bottoms, these is bloody shoes / Hit the store, I can get ’em both, I don’t wanna choose.

‘Bodak Yellow’ melesat ke posisi 3 Hot 100 hanya 7 pekan setelah rilis. Lagu milik artis berusia 24 tahun ini debut di posisi 85. Kemudian di pekan kelimanya ia melompat ke posisi 14, dan menjadi top 20 pertama Cardi B di Amerika Serikat. Pada edisi tanggal 2 September, ia mencapai posisi tertinggi-nya, yaitu 3, yang dipertahankan di edisi berikutnya, yaitu per-tanggal 9 September. ‘Bodak Yellow’ adalah single oleh rapper perempuan tertinggi semenjak ‘Anaconda’ Nicki Minaj di tahun 2014.

Ini tentunya sebuah progres yang termasuk cepat untuk seorang pendatang baru yang relatif kurang dikenal (atau setidaknya sosok yang dikenal tidak memiliki latar musik). Apalagi untuk seorang rappper perempuan. Nicki Minaj atau Iggy Azalea saja ngehits karena track-track yang lebih kental nuansa pop ketimbang hip-hop. Dan Tidak ada artis pendatang baru yang melesat sedemikian cepat di tangga lagu semenjak Meghan Trainor, sebagaimana yang disebutkan Trevor Anderson dari Billboard.

Sukses ‘Bodak Yellow’ memang mengingatkan ‘Black Beatles’ Rae Sremmurd dan ‘Bad and Boujee’ Migos, yang melesat ke posisi teratas Hot 100 berkat dukungan viral. Tapi, tidak seperti dua pendahulunya tersebut, sukses Cardi B lebih fenomenal, karena tidak ada meme yang mendukung sehingga ‘Bodak Yellow’ bisa menjadi sensasi hit viral.

Menurut ahli, sukses ‘Bodak Yellow’ disebabkan karena persona atau karakter Cardi B itu sendiri yang memang sudah begitu kuat. Ditambah ia memiliki lagu yang pas dengan karakterisasinya. Sebuah formula jitu dan mungkin juga keberuntungan serta tentunya timing yang pas sehingga Cardi B dan ‘Bodak Yellow’ melesat menjadi hit single yang menutup musim panas 2017.

Related posts

Leave a Reply