Trending News

Blog Post

Kencan Rasa Lokal bersama Choi Siwon di Jakarta
Concerts Review

Kencan Rasa Lokal bersama Choi Siwon di Jakarta 

Fans Indonesia akan lebih sering melihat artis-artis SM Entertainment berkunjung ke Tanah Air mulai 2019 ini. Ditandai dengan diresmikannya representative office SM Entertainment Indonesia yang berlokasi di mall fx Sudirman yang sudah didatangi oleh beberapa artis dari manajemen Lee Soo Man itu mulai dari Lee Soo Man sendiri, Leeteuk ‘Super Junior’, Jeno dan Jaemin ‘NCT’, Red Velvet, Suho, Kai dan Chen ‘EXO’, dan tidak ketinggalan personel Super Junior yang sudah sangat merasa dekat dengan Indonesia: Choi Siwon.

Sejak konser tunggal perdana Super Junior di Jakarta tahun 2012 silam, Siwon terbilang sering mampir ke Indonesia. Tahun lalu bersama member Super Junior yang lain dia datang untuk memeriahkan panggung closing ceremony Asian Games 2018. Di sela-sela event itu dia juga menyempatkan untuk lari di sekitaran kawasan Jakarta Pusat seorang diri tanpa pengawalan. Belum lama ini, bersama dengan staf drama televisi yang dibintanginya Siwon juga liburan ke Bali. Beberapa kali dia juga datang ke Jakarta untuk beberapa event yang berbeda termasuk deretan konser-konser Super Junior. He’s basically a local now!

Makanya konsep “lokal” itulah yang dibawa ke panggung ‘Perfect Date’, fanmeeting pertama Choi Siwon di Jakarta yang digelar di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, pada Sabtu 9 Agustus 2019. Memang ini bukan kali pertama dia datang ke Indonesia dan ke Jakarta, tapi ini adalah pertama kalinya Siwon menggelar fanmeeting sendiri tanpa ditemani oleh para personel Super Junior yang lain. Bahkan ini adalah fanmeeting pertama di luar promosi drama televisi yang dibintanginya. Makanya, ELF Indonesia terutama para Siwonest (sebutan buat fans Siwon) patut merasa berbangga dan beruntung. Dipromotori oleh Gudlive, acara jumpa penggemar Siwon ini berjalan dengan cukup lancar, meriah, dan penuh rasa lokal.

Dipandu oleh Ichsan Akbar, langganan MC acara fanmeeting Kpop yang udah nggak perlu lagi dipertanyakan kebisaannya membawakan acara, fanmeeting Siwon punya konsep ‘Perfect Date’. Di mana fans yang datang ke Balai Sarbini diajak untuk menjajaki satu per satu fase dalam pendekatan dengan “oppa”.

Fase pertama adalah fase perkenalan alias “Getting To Know Each Other”. Di sini, Ichsan Akbar memberikan sederet pertanyaan singkat yang jawabannya antara Yes or No. Untuk membuatnya terasa lebih “lokal”, Siwon diharuskan menjawab dalam Bahasa Indonesia “BETUL” atau “SALAH”. Siwon yang kini sudah semakin fasih berbahasa Inggris sempat mengalami “keseleo lidah” ketika diajari menyebutkan dua kata tersebut. Namun ekspresinya yang selalu juara dan maksimal dalam setiap kesempatan mengundang tawa dan sangat menghibur para penggemar yang tak henti-hentinya berteriak.

Di sesi ini, Siwon ditanya tentang kebiasaan olahraganya. “Katanya Siwon sangat memperhatikan penampilan sampai-sampai sehari bisa olahraga empat kali?” ujar Ichsan Akbar. Yang kemudian dibalas Siwon dengan “SALAH”.

“Saya itu orang sibuk. Nggak akan punya waktu. Capek lah. Kayak misalnya waktu di Bangkok kemarin, saya hanya sempat olahraga satu kali di pagi hari, saya lari 5 kilometer selama satu jam,” kata Siwon.

Pertanyaan-pertanyaan lucu kemudian lanjut diberikan dan Siwon tak ragu-ragu menjawab dengan menggunakan gesture-nya yang khas dan kocak. Serta menimpali MC dengan jawaban-jawaban yang lucu. Di awal sesi ini kita sudah bisa merasakan kedekatan yang benar-benar berbeda dari apa yang biasanya ditampilkan dan dibawakan Super Junior di panggung konser ‘Super Show’.

Nah setelah sesi “Getting To Know Each Other”, selanjutnya kita masih diajak untuk menggali lebih dalam mengenai cowok kelahiran 1986 itu. Dibawa masuk ke atas panggung sebuah papan berbentuk hati yang sudah ditempeli oleh sticky notes oleh penggemar dan Siwon bisa memilih beberapa sticky notes berisi pertanyaan tersebut dan menjawabnya. Salah satu yang sepertinya nggak akan terlupakan adalah ketika Siwon menjawab pertanyaan soal rencana masa depannya. Agak mengejutkan karena dia bilang dia ingin berumah tangga!

“Saya ingin punya keluarga sendiri karena sekarang kan belum ada ya,” katanya dibantu oleh translator. Selanjutnya Siwon pun mengutarakan keinginannya untuk mengunjungi bagian lain dari Indonesia selain Jakarta seperti Bali dan Pulau Komodo. Siwon bilang kalau dia sangat menyukai Bali karena suasananya. Overall, Siwon merasa senang kembali ke Indonesia karena sambutan yang diberikan oleh penggemar di Indonesia selalu meriah dan membuatnya merasakan energi yang membuncah. Great job, ELFs!

Seperti halnya fanmeeting Kpop lain, ada juga dong sesi main games bersama fans. Di sini para Siwonest yang datang diuji chemistry-nya bersama Siwon di dua sesi permainan yang berbeda. Yang pertama adalah permainan “Speak with Your Body” dan yang kedua adalah permainan “Telepathy”. Mudah buat Siwon untuk bisa menguasai kedua game ini. Tapi poinnya adalah, fans yang terpilih dari undian acak dan bisa naik panggung untuk main game bersama Siwon! Di atas panggung ada yang bisa nyolek Siwon saat main game lho! Tapi semua adil diberikan bingkisan bunga berwarna putih langsung oleh pelantun ‘Sorry Sorry’ itu. Bahkan ada yang minta salaman dan peluk pun diladeni oleh Siwon. Aduh oppa baik banget ya!

Jelang klimaks dari acara ‘Perfect Date’ bersama Choi Siwon ini, artis SM Entertainment itu diberikan sajian jajanan khas Indonesia. Siwon sempat mencoba dua kue tradisional di antaranya Kue Talam dan Klepon. Kata Siwon sih dua-duanya enak. Tapi ekspresi Siwon ketika mencoba Klepon itu priceless banget! Dia memang rajanya ekspresi sampai mengundang tawa gemas dari para penggemar yang datang. Yang seru lagi di sesi ini, Siwon nggak cuma dibuat makin lokal dengan makan kue tradisional tapi juga ditantang untuk mengulek sambal rujak! Kapan lagi kan bisa menyaksikan seorang Choi Siwon memegang ulekan di atas panggung kayak gini? Setelah itu dia pun mencoba makan buah dicolek sambal rujak. 100% lokal!

‘Perfect Date’ bersama Choi Siwon makin sempurna dengan penampilan sang aktor/penyanyi membawakan dua buah lagu berbahasa Inggris. Salah satu lagu yang dibawakannya, ‘Gravity’ milik John Mayer, adalah lagu yang disebut Siwon jadi kesukaan almarhum sang nenek. Fanmeeting ini kemudian ditutup dengan lagu berjudul ‘Collide’ milik Howie Day yang dibawakan Siwon secara live, sebelum akhirnya konfeti berjatuhan menandakan acara sudah selesai. Tapi tentu saja buat mereka yang kebagian hi-touch dan foto bareng masih bisa seru-seruan beberapa menit lagi setelah itu. Sementara yang di kelas lain termasuk Creative Disc harus buru-buru keluar dari Balai Sarbini.

Padahal kalau boleh kan ingin lebih lama “nge-date” sama Siwon. Hihihi… Tapi menyenangkan banget acaranya. Semoga next time bisa ketemu lagi ya, Siwon!

Related posts

Leave a Reply